alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Alasan Mengapa Kita Harus Saling Menolong
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bda652f582b2ec6438b4567/alasan-mengapa-kita-harus-saling-menolong

Alasan Mengapa Kita Harus Saling Menolong

Menolong orang lain sama halnya dengan menolong diri sendiri, banyak diantara kita yang tidak menyadari bahwa sebenarnya investasi yang paling berharga adalah kebiasaan menolong orang lain. Ada juga sebagian orang menganggap remeh sifat menolong padahal mereka tahu bahwa menolong orang lain sangat penting karena perbuatan itu merupakan bagian dari diri kita sendiri. Perubahan pola hidup yang dipengaruhi oleh gaya hidup modern memandang bahwa semua pekerjaan, semua kegiatan bahkan semua hal dapat diselesaikan dengan menggunakan uang, gaya hidup ini merupakan dampak dari tingginya sifat materialistik, sifat yang mengutamakan materi ketimbang moral, sifat yang sebenarnya menjadi awal lunturnya keapribadian dan harga diri kita sebagai manusia yang bermartabat dan berbudaya.


Lebih spesifiknya lagi, pernahkah anda membayangkan ketika anda meninggal siapa yang akan menguburkan anda? apakah anda bisa menguburkan diri anda sendiri? dalam kasus seperti ini kita membutuhkan bantuan dan pertolongan dari orang lain, seberapa besarpun uang yang anda miliki tetaplah dalam hal ini butuh bantuan dari orang lain. Atau pada contoh lainnya, ketika anda sakit, pernahkah anda mengharapkan orang lain untuk menjenguk anda? apakah materi yang anda miliki mampu memuaskan perasaan anda saat itu? dan masih banyak lagi contoh-contoh kehidupan ini yang membutuhkan bantuan dan pertolongan dari orang lain. Hanya karena keangkuhan dan kesombongan kitalah sehingga memaksa diri kita seolah-olah tidak lagi membutuhkan kehadiran orang lain.


Sebagai manusia, kita diciptakan untuk hidup bersosial dan bermasyarakat karena didasari oleh sifat yang dimiliki manusia sejak diciptakan yakni adanya kekurangan dan kelebihan. Kekurangan yang kita miliki menjadi kelebihan bagi orang lain, begitu juga sebaliknya kelebihan yang kita miliki merupakan kekurangan orang lain. Ketika tercipta kebersamaan maka akan menghasilkan kesempurnaan.Itulah sehingga manusia dikatakan sebagai makhluk yang paling sempurna, contoh kecil dari kesempurnaan adalah pernikahan. Pernikahan merupakan suatu kebersamaan yang mempertemukan laki-laki dan perempuan, keduanya akan saling mengisi. apa yang tidak bisa dilakukan oleh laki-laki dapat ditutupi oleh perempuan begitu juga sebaliknya. Makanya Tuhan sangat melarang pernikahan sejenis, karena betapapun mereka memiliki kelebihan tetapi tetaplah tidak akan dapat menuju ke kesempurnaan hidup.


Beberapa alasan yang membuat kita kehilangan sifat tolong-menolong sesama:

Pengaruh gaya hidup yang materialistik dan individualistik
Kurangnya mentalitas dan moralitas
Lunturnya nilai-nilai luhur bangsa
Pengaruh modernitas yang tidak terkontrol
Kurangnya keimanan yang kita miliki
Tingginya persaingan untuk mendapatkan kesempatan hidup
Kurangnya silaturahim antar sesama manusia
Adanya pemahaman bahwa semua bisa diselesaikan hanya dengan kekuatan materi (uang)

Apakah sudah terlambat untuk memperbaiki tatanan kehidupan yang sudah diluar kendali dan nilai-nilai kepribadian asli bangsa kita? Banyak para ahli mengatakan tidak ada kata terlambat apabila ada kemauan untuk berbuat. Olehnya itu, saatnyalah untuk kita memulai memperbaikinya, kalau tidak bisa secara keseluruhan menyentuh semua lapisan masyarakat maka cukuplah dari diri dan keluarga kita. Apabila masing-masing bertanggung jawab pada lingkungan terkecil dan terdekat dengan kita maka akan timbul perubahan secara umum atau perubahan secara keseluruhan dan itulah yang diharapkan.


Sumber


#2019GantiGayaHidup #ubahcarapandang #gayahidupproduktif, #gayahidup #stopkonsumerisme #investasicerdas #lawankonsumerisme, #yukinvestasi #gayahidupproduktif
Quote:


ijin nambahin kenapa orang gk mau nolong

ada segilintir orang yang berpikir kalau menolong seseorang
"ah ntar kl orang itu di tolong jadi kebiasaan"
kemudian
"gue nolongin? orang itu salah dia sendiri kok gue harus nolongin"
ada yang kayak gitu
kalo gerombolan sebelah cek agamanya dulu coy

gak boleh berteman baik dgn kapir


sempurna coy
emoticon-Traveller
See

Pemikiran seperti ini masih sering aye temukan di luar daerah aye

Nunggu ada bencana baru menolong emoticon-Cape d...

Di daerah aye ada acara besar-besaran 3 hari 3 malam dan semuanya gratis
(Bali masih cari duit dr wisatawan)

Sdh aye jelaskan dl knp bisa gratis

Kata GRATIS itu akhirnya jd tradisi gaya hidup setiap hari

Sehingga menolong orang gak perlu menunggu ada bencana

Tiap hari sdh gratis membantu apalagi pas ada bencana emoticon-I Love Indonesia
kalau tolong menolong demi kebaikan gag perlu pakek alesan.
Balasan post jualpcyagan
Quote:


dirasa rasa... dan di dalami ... emoticon-Big Grin

koment lo rasa nya seperti ngomongin urusan duit atau utangan emoticon-Malu

emoticon-Ngacir
Balasan post mas_paimin
Quote:


nggak juga, misal lu lg apes aja nyasar ke razia tengah malem di mana lu lg mabok, trus lu di tahan beberapa jam utk pemeriksaan apkaah positif narkoba apa kagak, pasti dong kl gk lu hubungin keluarga sodara atw tmen dket kl lu lg ngerantau

lain hal jg, misal lu udh tau Ng*we ma lonte itu beresiko penyakit, trus lu kena penyakit, dan krn lu malu minta tmen atw sodara lu orderin obat sipilis yg bikin si pembeli kehilangan muka

hal2 yg kayak gitu kan sekali 2x di tolong oke, kl keterusan capek deh, gk melulu soal utang, itu contoh gw
Diubah oleh jualpcyagan
H2H? emoticon-Ngacir
semua orang coba coba ingin menolong.. tapi terdengar seperti menggonggong
Kamu adalah aku, aku adalah kamu. Tiap komponen diri Kita & komponen diluar kita sejatinya Satu kesatuan kosmik, yg berarti tiap jiwa, benda, Alam, itu bagian dari diri Kita sendiri Dan saling mempengaruhi Satu sama lain. Jadi nolong orang itu, bisa dikatakan nolong diri Kita sendiri
Diubah oleh Jalan Cinta
Balasan post Jalan Cinta
Quote:


seperti pepatah dari zimbabwe ...

siapa yg menabur kebaikan akan mendapatkan kebaikan juga ....







entah kapan waktu nya emoticon-Malu
Balasan post mas_paimin
Quote:


Ahh.. Zimbabwe . Negri yang penuh dengan orang2 bijak.. emoticon-Malu
Lihat situasi gan, ane lbh prepare nolong ngasih kail + umpan dibanding ngasih ikannya lgsg
sekalian edukasi
menolong dengan memberikan bulu jembut..
Quote:


tidak ada aku. yang ada jasmani ini dan jasmani yg lain baik itu human ataupun animal sama sama jasmani. sehingga tidak ada beda. batin pun batin ini dan batin itu sama yaitu sama sama menarik napas sekarang dan akan hilang kemudian. setelah tak punya kebencian maka tak akan jijik dengan kotoran tubuh lain. setelah tak ada keserakahan maka tak ada kesenangan dan nafsu dan rasa senang untuk meraba tubuh lain. setelah tak ada kekotoran batin maka hati akan bersinar seterang matahari
Yup, tolong-menolong tuh salah satu cara efektif memelihara kondusivitas lingk sosial. Kalo hal ini berhenti dilakukan mk lama2 lingk kita bs berubah jd kayak Gotham.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di