alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Usai Jadi Tersangka, KPK Panggil Wakil Ketua DPR Hari Ini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bda64cd60e24bb56e8b4568/usai-jadi-tersangka-kpk-panggil-wakil-ketua-dpr-hari-ini

Usai Jadi Tersangka, KPK Panggil Wakil Ketua DPR Hari Ini

Usai Jadi Tersangka, KPK Panggil Wakil Ketua DPR Hari Ini

Jakarta, IDN Times - Usai diumumkan sebagai tersangka kasus rasuah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya memanggil Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan untuk diperiksa di gedung antirasuah. Ini merupakan pemanggilan pertama Taufik sebagai tersangka. Ia sudah pernah dipanggil sebelumnya pada September lalu sebagai saksi dalam kasus dana perimbangan. 

"Iya, kami mengagendakan pemeriksaan untuk TK (Taufik Kurniawan) sebagai tersangka. Kami imbau yang bersangkutan untuk kooperatif," ujar juru bicara KPK, Febri Diansyah pada Rabu malam (31/10). 

Lalu, akan kah ia hadir ke gedung KPK? Ini merupakan noda bagi DPR, sebab sebelumnya mantan Ketua DPR, Setya Novanto juga menjadi pesakitan KPK dan divonis 16 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. 


1. Taufik Kurniawan menghormati proses hukum yang dilakukan oleh KPK
Usai Jadi Tersangka, KPK Panggil Wakil Ketua DPR Hari Ini
KPK menetapkan Taufik Kurniawan sebagai tersangka dalam kasus Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen di APBD tahun 2016 lalu. Menurut Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, Taufik diduga menerima gratifikasi senilai Rp3,65 miliar dari Rp5 miliar yang dijanjikan oleh Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad. 

Uang tersebut akhirnya diberikan oleh Yahya, agar Kebumen mendapat DAK senilai Rp100 miliar untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan. Lalu, apa komentar Taufik usai namanya ditetapkan jadi tersangka?

"Atas keputusan KPK tersebut, saya sangat menghormatinya dan akan mengikuti proses hukum tersebut secara baik dan tertib, karena saat ini sedang dalam proses penyidikan di KPK," kata Taufik melalui keterangan tertulis kemarin. 


2. Fahri Hamzah mengaku sudah lama tidak bertemu Taufik Kurniawan
Usai Jadi Tersangka, KPK Panggil Wakil Ketua DPR Hari Ini
Keberadaan Taufik Kurniawan sendiri hingga saat ini masih menjadi misteri. Saat muncul pemberitaan ia dicegah ke luar negeri, Taufik sudah sulit untuk dihubungi. 

Koleganya di DPR, Fahri Hamzah pun mengaku akhir-akhir ini sudah jarang melihat Taufik di gedung parlemen. 

"Pak Taufik akhir-akhir ini jarang datang ke kantornya," ujar Fahri ketika ditemui di gedung DPR pada Selasa (30/10). 

Ia pun mengaku sudah jarang berkomunikasi dengan Taufik. Namun, ia tidak ingin berburuk sangka terhadap koleganya itu. Bisa jadi, Taufik sedang sibuk karena mengurus kasus hukum korupsi yang diduga melibatkan dia. 

"Belum, belum (berkomunikasi lagi). Memang, belakangan ini (Taufik) agak jarang ke kantor mungkin memenuhi proses hukum. Sudah beberapa bulan jarang sekali nampak,” kata dia lagi. 


3. Ketua DPR berharap Taufik Kurniawan tidak perlu mundur dari posisi Wakil Ketua
Usai Jadi Tersangka, KPK Panggil Wakil Ketua DPR Hari Ini
Sementara, Ketua DPR, Bambang Soesatyo menilai Taufik Kurniawan tidak perlu mundur dari kursi sebagai Wakil Ketua meskipun sudah menyandang status tersangka kasus korupsi. Bambang menilai, Taufik tetap bisa melaksanakan tugasnya sambil menjalani proses hukum yang berlaku. 

"Saya harapkan Beliau tetap hadir dan aktif di DPR dan tak perlu mundur sambil melaksanakan proses hukum yang berlaku," ujar Bambang di gedung DPR pada Rabu (30/10) dan dikutip dari Antara

Apalagi, menurut Bambang, belum ada putusan hukum tetap dari pengadilan yang menyatakan Taufik bersalah. Tetapi, lagi-lagi itu semua dikembalikan ke PAN sebagai partai tempat Taufik bernaung. 

Ia pun berharap publik tetap mengedepankan prinsip asas praduga tak bersalah dalam melihat kasus yang kini menimpa koleganya itu. 

"Kami pimpinan DPR sebagai kolega Taufik Kurniawan sangat kaget dan prihatin (soal Taufik jadi tersangka kasus korupsi). Kami juga mendoakan Beliau bisa menjalankan proses hukum dengan sabar dan tabah," kata dia. 

 


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Usai Jadi Tersangka, KPK Panggil Wakil Ketua DPR Hari Ini KPK Kami Tak Terpengaruh Siapa Pun Dalam Usut Kasus Taufik Kurniawan

- Usai Jadi Tersangka, KPK Panggil Wakil Ketua DPR Hari Ini Jadi Tersangka Korupsi Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan Tetap Nyaleg

- Usai Jadi Tersangka, KPK Panggil Wakil Ketua DPR Hari Ini CEO Lippo Group James Riady Bantah Terlibat Suap Proyek Meikarta



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di