alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Ilmu Marketing & Research /
Mari Belajar Persamaan Akuntansi!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bda605bdc06bd2c578b4567/mari-belajar-persamaan-akuntansi

Mari Belajar Persamaan Akuntansi!

Mari Belajar Persamaan Akuntansi!
Persamaan akuntansi – Bagi kalian yang suka menghitung atau sejenisnya tidak ada salahnya belajar mengenai Persamaan Akuntansi ini. Akuntansi tidaklah serumit yang kalian pikirkan, jika kita bershabat dengan akuntansi maka kita akan mudah untuk memahami perhitungan tersebut. Yuk, langsung saja kita bahas persamaan akuntasi ini.
Persamaan Akuntansi – 1. Sumber Pencatatan
Sumber Pencatatan merupakan bukti transaksi yang dilakukan selama periode tertentu di suatu perusahaan. Dengan adanya bukti transaksi ini, dapat memudahkan proses pencatatan ke dalam siklus akuntansi.
Macam-macam bukti transaksi:
Bukti Kas Masuk, yaitu transaksi yang berasal dari penjualan tunai atau dengan kata lain perusahaan menerima uang secara tunai.
Bukti Kas Keluar, yaitu transaksi yang berasal dari pembayaran yang dilakukan perusahaan seperti pembayaran beban-beban atau hal yang mengurangi kas perusahaan berkurang.
Faktur Penjualan, yaitu bukti transaksi yang berkaitan dengan penjualan secara kredit yang dikeluarkan oleh produsen kepada konsumen.
Faktur Pembelian, yaitu bukti transaksi yang berkaitan pembelian barang dagangan yang dibeli oleh pihak perusahaan.
Nota Debit, yaitu bukti transaksi dimana bukti yang digunakan untuk pengembalian barang dagangan yang tealh dibeli oleh perusahaan atau yang biasa kita sebut dengan retur pembelian.
Nota Kredit, yaitu bukti transaksi dimana kita mengadakan retur kepada pihak perusahaan, atau kita sebut dengan retur penjualan.
Nota Kontan, yaitu bukti transaksi yang dicatat karena melakukan pembelian barang dagangan secara tunai.
2. Unsur-unsur Persamaan Akuntansi
Harta merupakan kekayaan yang dimiliki perusahaan yang dapat dihitung atau setara dengan kas. Harta dibagi ke dalam dua bagian, yaitu Harta Lancar dan Harta Tetap.
Harta Lancar yatiu harta yang jika dipakai habis dalam jangka kurang dari satu tahun. Contohnya: Piutang, Perlengkapan, Sewa dibayar dimuka, Asuransi dibayar dimuka dan sejenisnya.
Sedangkan, Harta tetap merupakan harta yang jika dipakai bisa lebih dari satu tahun. Contohnya: Peralatan kantor, Gedung, Mesin, Kendaraan, Tanah dan sejenisnya.
2. Utang merupakan kewajiban yang perlu dipertanggungjawabkan kepada pihak kreditur yang harus diselesaikan oleh perusahaan. Contohnya: utang dagang, utang gaji, utang wesel, utang obligasi, utang hipotik, utang bank dan sejsenisnya.
3. Modal merupakan kepemilikan perusahaan yang harus dipertanggungjawabkan kepada
4. Pendapatan yaitu sesuatu yang diterima oleh perusahaan sebagai bentuk penghasilan atas penjualan barang atau jasa. Contohnya: pendapatan usaha, pendapatan jasa dan sejenisnya.
5. Beban ialah biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan yang mengakibatkan kas perusahaan berkurang. Contohnya: beban gaji, beban sewa, beban perlengkapan, beban penyusutan, beban asuransi dan sejenisnya.
6. Prive adalah pengambilan uang pribadi dari kas perusahaan yang digunakan untuk keperluan pribadi atau perorangan. Biasanya yang menggunakan prive ini adalah pemilik perusahaannya sendiri.
3. Fungsi Persamaan Akuntansi
Dalam setiap pencatatan akuntansi pasti ada maksud dan tujuan tertentu atau memiliki suatu fungsi. Persamaan akuntansi berfungsi untuk mengetahui perubahan kekayaan suatu perusahaan.
4. Pengaruh Transaksi Keuangan terhadap Persamaan Akuntansi
Pembelian perlengkapan secara tunai, jika suatu perusahaan melakukan pembelian perlengkapan secara tunai maka akan mengurangi kas (-) dan menambah perlengkapan (+).
Pembelian Peralatan secara tunai, maka itu akan berpengaruh pada modal (+) dan Peralatan (+).
Peminjaman uang tunai untuk tambahan modal, maka itu akan berpengaruh pada Kas (+) dan Utang (+).
Membayar beban gaji atau beban beban yang lainnya, maka itu akan berpengaruh pada kas (-) dan beban (+).
Pengambilan uang pribadi atau prive, maka itu akan berpengaruh pada kas (-) dan prive (+).
Diterima pendapatan jasa, jika pendapatan diterima tunai maka itu akan berpengaruh pada kas (+) pendapatan (+). Sebaliknya jika pendaptan itu diterima kemudian maka akan berpengaruh pada piutang (+) dan Pendapatan (+).


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di