alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Ilmu Marketing & Research /
Mari Belajar Ekonomi Syariah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bda5f649478689b5e8b4571/mari-belajar-ekonomi-syariah

Mari Belajar Ekonomi Syariah

Mari Belajar Ekonomi Syariah
Prinsip Ekonomi Syariah – Telah kita ketahui bersama ekonomi syariah adalah satu diantara cabang ilmu ekonomi. Mengapa kita perlu untuk belajar ekonomi syariah ini? Karena, dalam kehidupan sehari-hari kita sudah tidak asing lagi mendengar kata syariah bukan? Bahkan sekarang bank maupun koperasi dan sejenisnya sering memakai kata syariah tersebut. Maka dari itu kita harus paham betul tentang ekonomi syariah dan ekonomi yang konvensional, agar kita tidak keliru dalam menafsirkannya.
Mari kita bahas bersama tentang ekonomi sayriah ini..!
Prinsip Ekonomi Syariah – Pengertian Ekonomi Syariah
Ekonomi syariah merupakan penerapan dari ajaran-ajaran yang ada pada al-qur’an dan sunnah-Nya. Ekonomi syariah tidak serta merta hanya ditunjukkan kepada orang muslim saja, banyak orang non-muslim pun menerapkan ekonomi syariah ini dan hidup mereka menjadi terjamin.
Tujuan dari ekonomi syariah ini untuk mensejahterakan masyarakat yang ada di muka bumi ini, bukan itu saja dengan mengaplikasikan ekonomi syariah ini kita dapat banyak belajar arti berbagi dengan sesama, bersodaqoh, berinfaq, berzakat dan masih banyak lagi. Dengan melakukan hal itu, maka akan melatih hati dan perilaku seseorang.
Tujuan yang lainnya ialah: memberantas kemiskinan, mempertahankan stabilitas ekonomi disuatu negara adar tetap berjalan dengan baik, pemerataan pendapatan setiap orang agar hidupnya sejahtera, selalu menjaga stabilitas harga barang atau jasa, menyediakan atau menciptakan peluang-peluang kerja, dan sebagainya.
Dalam al-qur’an disebutkan “ Bahwa sesungguhnya bumi ini akan diwariskan kepada orang-orang yang soleh”. Dari arti itu kita tahu orang soleh itu sudah pasti pintar, tapi orang pintar minum tolak angin…heheh bukan ya, tapi orang pintar belum tentu soleh. Jika orang-orang ekonomi yang ada di kita itu soleh-soleh insya allah perekonomian disuatu negara itu akan baik, lancar, bisa sejahtera, tidak kekurangan gizi dan lain sebagainya.
Dengan mengaplikasikan ekonomi syariah dalam kehidupan sehari-hari diharapkan akan membawa keberkahan, manfaat dan ketenangan hidup bermasyarakat. Karena, dalam islam itu diperbolehkan untuk bertansaksi atau melakukan kegiatan ekonomi dengan umat nonmuslim asalkan tidak melanggar syariat-syariat islam.
Prinsip Ekonomi Syariah
Prinsip ekonomi syariah merupakan pedoman, arah, dasar pemikiran atau cara yang dilakukan untuk menjalankan perekonomiannya yang sesuai dengan ketentuan islam. Jika seseorang memiliki prinsip dalam hidupnya, maka kehidupannya akan terarah sesuai dengan apa yang diharapkannya, prinsip-prinsip yang dipegang haruslah didasari dengan tauhid.
Prinsip ekonomi syariah harus dipegang atau dilaksanakan oleh setiap orang yang ingin melakukan kegiatan produksi, distribusi maupun konsumsi. Karena, dengan diterapkannya prinsip ekonomi syariah diharapkan perekonomian suatu negara dapat berkembang dan maju.
Prinsip Ekonomi Syariah, diantaranya:
Allah SWT telah menciptakan bumi dan isinya semata-mata menitipkannya kepada kita, agar kita tetap bisa menjalankan kehidupan di dunia.
Negara adalah wakil Allah SWT di muka bumi ini, yang mempunyai tugas menjaga, memelihara, dan mengelola hutan, air, udara dan apapun yang ada di alam semesta ini.
Ekonomi syariah sangat menganjurkan kerjasama dalam pelaksanaan kegiatan ekonomi.
Transaksi dengan siapapun, dengan pihak manapun dan bagaimanapun diperbolehkan asal tidak melanggar syariat islam.
Dalam al-qur’an kita diperbolehkan untuk melakukan jual beli, namun mengharamkan riba atau melebihkan sesuatu uang maupun yang lainnya.
Negara menjamin kebebasan pasar, selama pasar itu menjunjung tinggi kejujuran, adil dan tidak merugikan pihak manapun.
Zakat harus dikeluarkan bagi mereka yang mampu dan telah mencapai nisabnya.
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di