alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bda5db3a09a3925428b4573/menuju-ekonomi-abad-21

Menuju Ekonomi Abad 21

Menuju Ekonomi Abad 21
Ekonomi Abad Ke-21 – Seratus tahun yang lalu menuju Ekonomi Abad 21, ditandai lalu lintas arus barang, jasa, dan modal terbanyak dalam sejarah manusia. Abad sebelumnya, dunia telah menyaksikan ekspansi perdagangan global dan meningkatnya standar hidup di Eropa, dan Amerika Utara dengan kecepatan pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Ekonomi Abad 21 lebih dari satu dekade ekspansi perdagangan dilakukan secara terus-menerus, namun hal ini mendadak berubah setelah pecah Perang Dunia Pertama.
a.Latar Belakang
Tujuan saya menjelaskan disini tentang Ekonomi Abad 21 adalah menyajikan garis besar evolusi ekonomi dunia pada abad 20. Maksudnya untuk memeriksa dimana kita berada pada saat ini. Saya akan berpendapat, bahwa kebijakan ekonomi internasional telah berhasil dalam banyak hal dan telah mengubah kontur ekonomi dunia itu sendiri, terutama menjadi lebih baik. Namun, pada saat yang sama, ada sejumlah tantangan berat menghadang yang dapat merusak kemajuan ekonomi. Baik di abad 19 dan 20, perubahan teknis memainkan peran penting.
Tapi, secara paradoks, pada abad ke-19 menjadi cikal bakal terjadinya penurunan dramatis dalam biaya transportasi perdagangan global menjadi begitu cepat. Sedangkan pada paruh kedua abad 20, penurunan dramatis dalam hambatan perdagangan yang coba diinduksi oleh kebijakan-kebijakan terkait masalah ekonomi.
b.Dunia Pasca Perang
Negara-negara yang paling berkembang pesat adalah di Eropa dan Jepang, sementara negara-negara diluar kawasan itu berkembang pesat dibidang industri, dan pada paruh pertama abad 20, pertumbuhan fenomenal Eropa dan Jepang yang menyebabkan perubahan terbesar dalam ekonomi dunia. Pada tahun l950, dapat dikatakan bahwa Amerika Serikat mendominasi, pada awal tahun 1970-an, Eropa dan Jepang juga merupakan pemain utama dalam ekonomi dunia.
c.Dunia di Awal 1970-an
Pada tahun 1973 ekonomi global ditandai oleh peningkatan relatif dan pentingnya perdagangan internasional. Di antara negara-negara industri, ada kebebasan lebih besar dari arus keuangan dan, selama tahun 1960-an, arus modal swasta antara Eropa dan Amerika Serikat mulai berubah kearah yang lebih baik. Untuk negara-negara berkembang, bantuan asing baik bilateral maupun multilateral dan aliran resmi lainnya telah meningkat.
Untuk melanjutkan kebijakan “substitusi impor” tampak meningkat. Oleh karena itu, mereka tetap menjadi eksportir komoditas utama. Namun, ada beberapa ekonomi di mana kebijakan ekonomi telah bergeser dari kebijakan “substitusi impor” sebelumnya menuju ekonomi yang jauh lebih terbuka.
d.Perekonomian Global pada era Ekonomi Abad Ke-21
Dengan kekuatan bunga majemuk, banyak tingkat pertumbuhan dan perubahan yang terjadi selama beberapa dekade sebelumnya. Pada tahun 2000 pada dasarnya mengubah peta ekonomi dunia. Selain itu, pengalaman bertahun-tahun sejak Perang Dunia Kedua telah mengajarkan sejumlah pelajaran yang tampaknya diterima secara luas saat ini.
e.Perubahan Ekonomi Abad 21
Apa perubahan dasarnya? Dunia adalah tempat yang jauh lebih terbuka. Internet dan aksesnya telah berkembang pesat. Ada penurunan signifikan lebih lanjut dalam biaya transportasi dan komunikasi.
Pada tahun 2001, dua ekonom dari Chicago Fed mencatat bahwa pada tahun 1998 harga konstan biaya panggilan telepon tiga menit dari New York ke London telah $ 293 pada tahun 1931 dan telah (pada tahun 2001) jatuh ke sekitar $ 1 untuk koneksi kualitas yang jauh lebih baik.
Pada di tahun 2006, cost untuk panggilan yang sama hanya di beberapa sen saja. Perubahan teknis lainnya, dan di atas semua pengurangan tarif dan hambatan lain untuk berdagang, telah memainkan peran dalam membuka ekonomi global.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di