alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Setengah Hari di Sumba Barat Daya Bisa Kunjungi 5 Tempat Eksotis Ini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bda4639de2cf2826d8b4576/setengah-hari-di-sumba-barat-daya-bisa-kunjungi-5-tempat-eksotis-ini

Setengah Hari di Sumba Barat Daya Bisa Kunjungi 5 Tempat Eksotis Ini

Setengah Hari di Sumba Barat Daya Bisa Kunjungi 5 Tempat Eksotis Ini

Pulau Sumba memiliki banyak tempat eksotis yang dapat dijadikan tujuan wisata, mulai dari keindahan alam seperti pantai dan bukit, hingga kekayaan budayanya. Oleh karena itu, menjelajahi pesona Pulau Sumba tidaklah cukup dengan waktu yang singkat. 

Namun jika kamu hanya memiliki waktu setengah hari saja saat tiba di Tambolaka, Sumba Barat Daya, kamu bisa kunjungi 5 tempat eksotis ini dengan menyewa mobil atau motor.


1. Danau Weekuri
Setengah Hari di Sumba Barat Daya Bisa Kunjungi 5 Tempat Eksotis Ini
Danau Weekuri terletak di pesisir barat dari pulau sumba, tepatnya di Kecamatan Kodi Utara, Sumba Barat Daya. Jarak Danau Weekuri dari Kota Tambolaka sekitar 44 km atau kurang lebih dapat ditempuh dengan 1 jam perjalanan.

Danau Weekuri sebenarnya merupakan sebuah laguna yang dikelilingi oleh tebing yang berbatasan langsung dengan pantai. Oleh karena itu danau ini merupakan danau air asin dengan kondisi air yang sangat jernih. 

Untuk menikmati pemandangan danau sekaligus pantai, kita bisa berjalan melintasi jembatan kayu yang membentang diatas tebing. Sedangkan bagi yang ingin berenang di danau, telah disediakan akses jalan turun menuju danau atau dapat pula menikmati sensasi terjun dari atas tebing.


2. Kampung Adat Ratenggaro
Setengah Hari di Sumba Barat Daya Bisa Kunjungi 5 Tempat Eksotis Ini
Meninggalkan danau weekuri, dengan menempuh perjalanan 20 km kamu bisa mengunjungi Kampung Adat Ratenggaro di Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya. Di kampung adat ini kita bisa merasakan seperti kembali ke masa lalu, hal ini dikarenakan bangunan-bangunan rumah yang masih terjaga ciri khasnya. 

Selain rumah adat, yang menarik lainnya di Kampung Adat Ratenggaro ini yaitu terdapat kubur batu yang merupakan kuburan leluhur warga kampung ratenggaro pada zaman megalitikum.

Warga di kampung ini sudah terbiasa dengan kedatangan tamu yang ingin melihat dan mengenal kampung mereka. Sehingga mereka dengan antusias akan menyambut setiap tamu yang datang kemudian mengantar berkeliling. 

Tak hanya diantar berkeliling, kita juga akan dikenalkan tentang sejarah bangunan rumah adat serta aktivitas warga kampung, seperti membuat kain tenun, memahat, dan membuat kerajinan lainnya.


3. Pantai Ratenggaro
Setengah Hari di Sumba Barat Daya Bisa Kunjungi 5 Tempat Eksotis Ini
Masih di kawasan Kampung Adat Ratenggaro, dengan berjalan kaki menuju bibir pantai kita dapat menikmati keindahan Pantai Ratenggaro. Pemandangan Pantai Ratenggaro dengan pasir putih dan berlatar rumah adat ini sangat memesona, dan sungguh sayang jika dilewatkan tanpa mengambil foto. 

Di pantai ini, kita juga dapat menikmati keindahan pantai dengan cara menyewa kuda tunggang milik warga.


4. Bukit Lendongara
Setengah Hari di Sumba Barat Daya Bisa Kunjungi 5 Tempat Eksotis Ini
Bukit Lendongara terletak di Kecamatan Loura, hanya berjarak 10 km dari Bandara Tambolaka. Bukit Lendongara ini merupakan kawasan bukit terluas yang terdapat di Sumba Barat Daya. Di Bukit Lendongara ini kita bisa menjumpai gugusan bukit yang ditumbuhi dengan rumput hijau. Kita juga dapat menjumpai kuda yang berlarian bebas disini untuk mencari makan.

Bukit dengan hamparan rumput hijau ini dapat kita jumpai jika kita berkunjung pada musim penghujan yaitu antara bulan November-April. Namun jika kita datang pada musim kemarau, maka yang akan kita jumpai adalah bukit dengan rumput yang mengering. 

Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan Bukit Lendongara ini adalah saat sore hari yaitu saat matahari hampir memasuki peraduan. Sungguh indah menghabiskan waktu sore hari di Bukit Lendongara.


5. Rumah Budaya Sumba
Setengah Hari di Sumba Barat Daya Bisa Kunjungi 5 Tempat Eksotis Ini
Rumah Budaya Sumba merupakan sebuah museum yang menyajikan informasi kebudayaan penduduk Pulau Sumba. Bentuk bangunan hingga interior tersaji seperti cirikhas bangunan masyarakat di Pulau Sumba. Sehingga sangat sesuai untuk pengunjung yang hanya memiliki waktu terbatas, namun ingin mempelajari lebih dalam mengenai kebudaayaan Pulau Sumba.

Di kompleks Rumah Budaya Sumba ini, juga tersedia penginapan. Pengunjung dapat menyewa penginapan berupa guest house maupun penginapan ala back packer dengan harga sewa sekitar Rp 400rb/malam/bed

Jarak yang dekat dari Bandara Tambolaka yaitu hanya sekitar 6.5 km, dapat menjadi pertimbangan untuk memilih Rumah Budaya Sumba ini sebagai penginapan saat singgah di Sumba Barat Daya.

Nah, itulah tempat-tempat eksotis di Sumba Barat Daya yang dapat dikunjungi dalam waktu setengah hari saja. Gimana, untuk jelajah Sumba Barat Daya tidak harus menunggu cuti panjang kan?


Sumber : https://www.idntimes.com/travel/dest...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Setengah Hari di Sumba Barat Daya Bisa Kunjungi 5 Tempat Eksotis Ini Selain pantai Ini 5 Situs Wisata Menarik di Karangasem Bali

- Setengah Hari di Sumba Barat Daya Bisa Kunjungi 5 Tempat Eksotis Ini sak Sakal h 8 Destinasi Wisata Ngehits di Pamekasan

- Setengah Hari di Sumba Barat Daya Bisa Kunjungi 5 Tempat Eksotis Ini 5 Waterpark Terbesar dan Terseru di Jawa Timur Sudah Pernah Kesana

wih keren bener tempatnya gan. pengennnnnn emoticon-Traveller


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di