alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Kemenkeu : Jaga Kepercayaan agar Investasi Kembali Masuk
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bda27496208818c238b457b/kemenkeu--jaga-kepercayaan-agar-investasi-kembali-masuk

Kemenkeu : Jaga Kepercayaan agar Investasi Kembali Masuk

Kemenkeu : Jaga Kepercayaan agar Investasi Kembali Masuk

JPP, JAKARTA - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara menilai salah satu upaya untuk menjaga investasi kembali masuk ke Indonesia adalah dengan menjaga kepercayaan.

"Kalau dalam konteks sekarang yang perlu kita pelihara adalah `confidence`," kata Suahasil di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Suahasil menjelaskan kondisi membaiknya perekonomian di AS membuat aliran modal saat ini lari dari negara berkembang, termasuk Indonesia, dan kembali ke negara adidaya tersebut.

Untuk itu, hal yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki fundamental perekonomian Indonesia guna memberikan kepastian kepada pemilik modal agar tidak ragu melakukan investasi.

"Cara menjaga `confidence` adalah dengan menyampaikan kisah (ekonomi) Indonesia, melakukan pengambilan kebijakan dengan berbasis pengetahuan dan secara prinsip benar," ujarnya.

Suahasil mengibaratkan kebijakan yang dilakukan ini mirip dengan tindakan untuk membersihkan rumah yang kotor sehabis terjadi kekacauan agar para tamu tidak sungkan untuk berkunjung.

"Ketika global bergerak, masa rumah kotor, tidak kita `beresin`. Kita tetap `beresin` agar kita berharap, kalau rumah bersih, orang mau datang, mau mampir," ujarnya.

Selain memperbaiki kondisi domestik, ia mengharapkan situasi perekonomian global dapat kembali stabil agar aliran modal ke Indonesia tidak lagi terbatas.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menduga kinerja investasi yang menurun karena faktor musiman jelang pemilihan umum.

Namun, ia menambahkan terdapat juga persoalan struktural seperti pengajuan izin yang terlalu lama, meski saat ini tersedia sistem layanan terintegrasi (OSS).

"Sebagian mungkin masalah struktural, lebih karena kemudahan izin dan segala macam. Sebagian karena menjelang pemilu, sehingga laju investasi menurun," kata Bambang.(ant)

 


Sumber : https://jpp.go.id/keuangan/investasi...-kembali-masuk

---

Kumpulan Berita Terkait KEUANGAN :

- Kemenkeu : Jaga Kepercayaan agar Investasi Kembali Masuk Indonesia Perlu Mewaspadai Tren Gangguan Penglihatan

- Kemenkeu : Jaga Kepercayaan agar Investasi Kembali Masuk Bahasa Indonesia bukan Sekadar Alat Komunikasi Namun Identitas Bangsa dan Perekat Kebinekaan

- Kemenkeu : Jaga Kepercayaan agar Investasi Kembali Masuk Kementerian PANRB Lakukan Studi Kelayakan Dua Polda Naik Tipe A



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di