alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
44 Orang Penganut Aliran Kepercayaan di Kota Tegal Segera Miliki e-KTP
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bda22caddd770b90d8b456f/44-orang-penganut-aliran-kepercayaan-di-kota-tegal-segera-miliki-e-ktp

44 Orang Penganut Aliran Kepercayaan di Kota Tegal Segera Miliki e-KTP



44 Orang Penganut Aliran Kepercayaan di Kota Tegal Segera Miliki e-KTP

Rabu, 31 Oktober 2018 15:22

 

44 Orang Penganut Aliran Kepercayaan di Kota Tegal Segera Miliki e-KTP

net

Ilustrasi Penghayat Kepercayaan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Setidaknya ada 44 orang penganut aliran kepercayaanakan difasilitasi untuk masuk dalam administrasi kependudukan, terutama pada kolom e-KTP di Kota Tegal.

Hal itu sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi nomor 97/PUU-XIV/2016 tanggal 18 Oktober 2017 dan Peraturan Menteri (Permen) dalam negeri nomor 118 tahun 2017.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal, Basuki mengaku siap menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi nomor 97/PUU-XIV/2016 tanggal 18 Oktober 2017 dan Permen dalam negeri nomor 118 tahun 2017 tentang blangko kartu keluarga, register dan kutipan akta pencatatan sipil.

Bersama dengan itu, Disdukcapil Kota Tegal segera menerbitkan Kartu Keluarga (KK) sebagai tindak lanjut putusan MK dan Permendagri nomor 118 tahun 2017.

Semua itu untuk menyosialisasikan kebijakan yang berkenaan dengan putusan MK dengan melakukan pendataan penghayat kepercayaan di wilayah Kota Tegal khususnya.

Dia menyebut akan menerbitkan KK bagi penghayat kepercayaan dengan menggunakan Aplikasi SIAK versi 7.0 yang dapat diunduh melalui ftp:192.168.105.45 sesuai dengan petunjuk.

Setidaknya menurut Basuki, ada 44 orang penganut aliran kepercayaan yang ada di Kota Tegal.

Mereka berasal dari penganut aliran kepercayaan Paguyuban Pangestu Ngesti Tunggal, Perguruan Tri Jaya, Sapto Darmo dan Yayasan Tri Darma.

"Penganut aliran kepercayaan tersebar di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Tegal Timur 21 orang, Tegal Barat 19 dan Margadana 4," ujar Basuki.

Dia menegaskan bahwa aliran kepercayaanyang ada akan difasilitasi untuk dimasukan di kolom e-KTP.

Maka, dia memastikan bahwa aliran kepercayaan akan tercantum di dalam e-KTP, tetapi perlu dilakukan perubahan pertama kali pada KK.

"Dengan upaya tersebut penganut aliran kepercayaan juga ada tempat. Sesuai peraturan MK dan Permedagri untuk aliran kepercayaan akan dicantumkan dalam kolom e-KTP," kata Basuki.

Dia juga menyampaikan, apabila e-KTP sudah jadi, maka akan ada kolom aliran kepercayaan sesuai dengan yang dianut mereka.

"Koordinasi saat ini merupakan bagian untuk memproses aliran kepercayaanmasuk dalam Adminduk," ungkap Basuki.(*)


http://jateng.tribunnews.com/2018/10...a-miliki-e-ktp

Ayo segera ganti status agama di ktp agar tidak menjadi pangsa pasar pengembangan ideologi terorisme & radikalisme agama
Ternyata cuma dikit ya, ato masih pada malu-malu emoticon-Malu
Sak upil gtu pengikutnya, gw kira bnyak peminatnya aliran kepercayaan di indonesia. Dimari ada gak penganutnya. ayo ngacung.
Quote:
kl bs diperbanyak aliran kepercayaannya. sp tau aliran mereka yg benar sebenarnyaa.
wah ..... kabar bagus nih ......👍

congrat ........ emoticon-Selamat
....biarkan mereka memilih jalan hidupnya, yg penting saling menghormati...
Member ketamnah 1, yg keluar 44



Hmmm emoticon-Smilie
Kepercayaan asli susah dapat pengakuan. Kepercayaan impor malah paling diakui.
Quote:

demi keamanan dan keselamatan diri dan keluarga, untuk menjauhkan persekusi di masa chaos, mungkin belum saatnya mengingat hti masih akan bangkit dgn bantuan semua temannya

Masih malu-malu dan was-was. apalgi untuk yang kerjanya dalam instansi pemerintah, identitas agama mayoritas itu lumayan membantu jika dibanding agama minoritas macam kristen apalagi yang "tidak jelas" seperti ini (mayoritas umat agama samawi Indonesia menilai yang bukan islam,kristen,katolik,budha atau hindu itu bukanlah agama). Sedangkan agama "resmi" saja selain Islam saja dapat cukup banyak tekanan dan diperlakukan tidak adil di banyak tempat.
Kebijakan ini perlu dipelihara, jgn sampai berakhir atau dihambat gara2 ganti bupati dr golongan monolitik.
Quote:


Seblum2nya aliran kepercayaan ini di KTP numpang agama yg di sahkan di indonesia. Kasian juga sih.
44 Orang Penganut Aliran Kepercayaan di Kota Tegal Segera Miliki e-KTP

44 Orang Penganut Aliran Kepercayaan di Kota Tegal Segera Miliki e-KTP

44 Orang Penganut Aliran Kepercayaan di Kota Tegal Segera Miliki e-KTP
Urus E-KTP Tak Perlu Bawa Surat Pengantar RT Dan Desa/Kelurahan

https://goo.gl/cwnPrH

#Blora #EKTP #Perpres96Tahun2018

Melihat Blora Lebih Dekat
Balasan post lostcg
Quote:


lah piye?
indonesia itu gak ada master systemnya.

kalau ada yang berubah, semua kebingungan apa yang menjadi dampak turunannya emoticon-Big Grin

misalnya begini. Jika MK memutuskan bahwa Penganut Kepercayaan diakui, maka apa dampaknya bagi system komputer di Dukcapil masing2 daerah? kapan mereka paling lambat melaksanakan perubahan2 yagn perlu?

bagaimana dengan sosialisasi? putusan MK, menurut gw baik; tapi harusnya dalam putusan itu MK juga minta pemerintah untuk melakukan program sosialisasi baik di pusat dan daerah; berupuluh tahun kaum penganut kepercayaan tidak diakui tentunya mereka berhak mendapat perhatian yagn lebih dan salah satu bentuknya adalah sosialisasi keputusan ini di linkungan2 baik lingkungan pendidikan, pemerintahan, dan kemasyarkatan.

Harusnya justru lembaga2 pemerintah yagn lebih dulu pro aktif untuk melaksanakan perubahan ini di lembaga mereka. Harusnya mereka melakukan sosialisasi sendiri setidaknya kepada pegawai2nya.

dampak non administratif, bagaimana dengan APBD? apakah akan ada guru sekolah agama khusus untuk penganut kepercayaan? apakah akan ada bantuan pendirian rumah ibadah? apakah akan ada bantuan riset dan dokumentasi mengenai ajaran2 kepercayaan di daerah masing2?

terlalu banyak pertanyaan yagn perlu ditanyakan. sementara pemerintah kita sibuk dengan bangun jalan dan jembatan, bukan manusianya.




×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di