alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
WASPADA! Awan Lenticural di Atas Gunung
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd9d06d14088deb148b4567/waspada-awan-lenticural-di-atas-gunung

WASPADA! Awan Lenticural di Atas Gunung

WASPADA! Awan Lenticural di Atas Gunung

Ketika mendaki Gunung Ciremai via Linggarjati, sekitar jam 2 dini hari ane terbangun karena angin sangat kencang meniup dedaunan dan terdengar seperti sedang terjadi hujan badai tapi ketika buka tenda nggak ada hujan sedikitpun. berhubung ketika itu ane baru pertama mendaki Gunung Ciremai ane maklumin saja dengan berperasangka bahwa itu merupakan fenomena alam yang sudah biasa di Gunung Ciremai, beruntungnya ane mendirikan tenda di Pos Sangga Buana 1 yang sekelilingnya cukup terlindungi oleh pohon-pohon.


Sekitar jam 4 pagi ane dan temen-temen melakukan summit (Pendakian ke Puncak Gunung), meski angin masih kencang kami tetap melanjutkan perjalanan ke puncak, sesampainya di Pos Pengasinan terjangan angin kencang mulai terasa, sesekali membuat kami memasang kuda-kuda karena terjangannya membuat kami tak seimbang.


Sesampaikan di puncak Sunan Gunung Djati kami disuguhkan bentuk awan yang menakjubkan di sebrang dekat area puncak jalur Apuy dan Palutungan, "Masya Allah" ane terkagum. Tapi pada saat itu angin di puncak Ciremai sangat kencang membuat ane sangat kedinginan bahkan nyaris terperosok ke kawah saat coba berfoto di bagian bibir kawah. Satu hal yang ane nggak sadari karena masih minimnya pengetahuan soal fenomena alam/awan di pegunungan yaitu bentuk awan yang menakjubkan tersebut ternyata tanda-tanda yang harus kita waspadai ketika mendaki gunung karena awan dengan bentuk menakjubkan itu terbentuk akibat angin kencang yang menerjang gunung.

Sesampainya di rumah ane cari-cari soal fenomena alam tersebut dan ternyata awan itu disebut AWAN LENTICURAL. ane baca dalam sebuah artikel yang diposting airport.id, berikut penjelasannya:


Quote:


Fenomena serupa pernah juga ane saksikan ketika turun dari Gunung Merapi, terlihat di puncak gunung Merbabu ada Awan Lenticural bahkan lebih besar daripada yang ane saksikan di Gunung Ciremai, dan sehari setelah fenomena tersebut tersebar video badai yang cukup dahsyat di Gunung Merbabu menerjang tenda-tenda dan pendaki.
Diubah oleh bukanoranghutan
Awan yg keren

WASPADA! Awan Lenticural di Atas Gunung


Yg bawah ini katanya udah molor, tapi masih aja melek. Apa mau nangkepin ayam tetangga yg tidur di pohon? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Diubah oleh kruingputih3
Bawah adek maho emoticon-ceyem
atas ane pacarnya bang Ipul.... emoticon-Takut


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di