alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Polri Diminta Investigasi Sistem Maintenance dan Crew Training Lion Air
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd9cd44dc06bdd81f8b4568/polri-diminta-investigasi-sistem-maintenance-dan-crew-training-lion-air

Polri Diminta Investigasi Sistem Maintenance dan Crew Training Lion Air

Polri Diminta Investigasi Sistem Maintenance dan Crew Training Lion AirLion Air/IST

NUSANTARANEWS.CO, Jakarta – Polri harus investigasi sistem maintenance dan crew training di Lion Air. Pasalnya, jika benar akibat maintenance yang buruk dan crew trainingyang tidak sesuai CASR, maka pemilik dan majemen Lion Air bisa dikaragorikan melakukan tindak pidana kriminal dalam menjalankan usahanya karena lalai sehingga menyebabkan kerugian dan hilangnya nyawa orang.
Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum Gerindra, Arief Poyuono kepada redaksi, Jakarta, Rabu (31/10/2018).


“Masih ingat dengan pilot Garuda yang diadili akibat melakukan pendapatan darurat di Yogyakarta? Pilot pesawat Garuda Indonesia, M Marwoto Komar akhirnya divonis dua tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Sleman, Yogyakarta,” ujar Arief.

Baca juga: Pengamat Penerbangan Ungkap 4 Faktor Kecelakaan Pesawat, Lion Air yang Mana?

Marwoto adalah pilot pesawat Garuda yang mengalami kecelakaan di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta pada 7 Maret 2007. Hukuman ini lebih rendah dua tahun dari tuntutan jaksa sebelumnya.

Majelis hakim yang dipimpin Sri Andini menilai Marwoto bersalah melakukan tindak pidana karena kealpaannya menyebabkan pesawat tidak dapat dipakai, atau rusak, yang mengakibatkan matinya orang dan menimbulkan bahaya bagi orang lain sesuai dengan Pasal 479 G (b) dan 479 G (a) KUHP.

“Jadi KNKT juga harus jujur dan jangan masuk angin nantinya ketika mengumumkan hasil penyelidikan terkait crash-nya pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610,” kata dia.

Baca juga: Sistem Maintenance dan Crew Training Diduga Buruk, Menhub Harus Cabut Izin Operasi Lion Air

“Saya harap Presiden Joko Widodo tidak mengintervensi juga penyelidikan Polri terkait kecelakaan pesawat Lion air nantinya. Jangan karena Joko Widodo dekat dengan Rusdi Kiranapemilik Lion Air, nanti diberikan perlindungan kepada Lion Air,” imbuh Arief.

Dia menambahkan, Presiden Joko Widodo tidak boleh lagi percaya jika Lion Air ditutup akan merugikan ekonomi nasional karena akan terjadi PHK serta dan berkurang frekuensi penerbangan sipil di Indonesia.

“Sebab Lion Air sudah seringkali mengalami kecelakaan dalam operasi penerbangan ini akan membuat citra pemerintah Indonesia sangat buruk di mata internasional,” tegasnya.

Baca juga: Catatan Kelam Insiden Lion Air dari Tahun 2002 Sampai 2016

Baca juga: Pengakuan Para Pilot: Manajemen Lion Air Tidak Manusiawi




Polri Diminta Investigasi Sistem Maintenance dan Crew Training Lion Air





Quote:
Quote:
Diubah oleh 54m5u4d183
yg bisa investigasi soal maintenance cm knkt dan bekerja sama dengan dirjen perhubungan udara sebagai regulator transportasi udara.

kalau sudah ada temuan yg mengarah ke pidana, baru polri dilibatkan.
Diubah oleh miyukihaga
busyet Polri ikut training pramugari...

besok mungkin polwan ikut training petugas kilang minyak..
mungkin krn psw baru,
jd kerusakan kecil disepelekan.

kalo itu psw tua, mungkin udah di grounding kan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di