alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
TKI Dieksekusi Mati, PBNU: Arab Saudi Tak Hormati HAM
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd9ccb8d9d770477b8b4567/tki-dieksekusi-mati-pbnu-arab-saudi-tak-hormati-ham

TKI Dieksekusi Mati, PBNU: Arab Saudi Tak Hormati HAM

TKI Dieksekusi Mati, PBNU: Arab Saudi Tak Hormati HAMKetua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj. Foto Dok. sihabuddin

NUSANTARANEWS.CO, Jakarta – Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj mengecam keras atas eksekusi mati yang dilakukan Pemerintah Arab Saudi terhadap Tuti Tursilwati. Dia adalah seorang tenaga kerja asal Indonesia.


Baca juga: Anggota DPR RI Putih Sari Sesalkan Eksekusi Mati TKI di Arab Saudi

Menurut Said Aqil, tidak adanya notifikasi dan pemberitahuan resmi kepada pihak perwakilan RI di Arab Saudi menjadi persoalan yang harus disikapi secara serius dan tegas. Dia berpendapat, situasi tersebut menunjukkan kapada dunia internasional tentang adanya ketertutupan informasi terkait berbagai pelanggaran HAM.

Baca Juga:


“Ada ketidaktransparansian. Ada yang ditutup-tutupi. Inilah yang harus diungkapkan,” kata Said Aqil dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Baca Juga:
Catatan Kritis Amien Rais Soal Divestasi 51 Persen Saham Freeport
Pemuda Madani Tak Terima Amien Rais Dituding Pengkhianat Reformasi
Gubernur Anies Amini Ramalan Amien Rais


Ketum PBNU meminta pemerintah Indonesia segera mengambil langkah-langkah strategis-diplomasi guna melancarkan protes keras atas sikap pemerintah Saudi.

Baca Juga:
Menguji Kebenaran Agenda Politik Komunisme dan Khilafah di Pilpres 2019
Islam dan Kekuatan Anti-Komunisme Didesak Galang Kekuatan
[url=https://nusantaranews.co/hasil-putusan-muktamar-ulama-se-indonesia-lawan-komunisme/]Hasil Putusan Muktamar Ulama se-Indonesia Lawan Komunisme
[/url]
Lebih lanjut Said Aqil menilai sikap Saudi dari dulu tetap tidak berubah secara signifikan dalam konteks penghormatan terhadap hak asasi manusia (HAM) dan kepatuhan pada tata krama diplomasi internasional.

Baca Juga:
Tantangan Keadilan Sosial: Kasus Meikarta dan Reklamasi
Sebelas Windu Menjadi Bangsa, Indonesia Tak Kuasa Hadapi Lilitan Meikarta dan Reklamasi
[url=https://nusantaranews.co/desa-obat-jakarta-bukan-meikarta/]Desa Obat Jakarta, Bukan Meikarta
[/url]
“Kami berduka dan menyampaikan bela sungkawa yang mendalam kepada keluarga korban. Namun yang tidak kalah penting adalah bagaimana kita menyikapi persoalan ini. Ini persoalan yang sangat serius,” jelas Kiai Said.

Baca juga:

Pemerintahan Jokowi Masih Jalankan Ekonomi Kolonial (1)

Pemerintahan Jokowi Masih Jalankan Ekonomi Kolonial (2)
Pemerintahan Jokowi Masih Jalankan Ekonomi Kolonial (3)

Terkait upaya penyikapan terhadap peristiwa tersebut, Kiai Said mengatakan PBNU akan mendorong dan mendukung pemerintah untuk mencari jalan keluar terbaik bagi persoalan ini. “Ya, kami akan komunikasi dengan pemerintah,” imbuhnya.

Baca juga: 

Ekonom: Rupiah Akan Terus Melemah
Pemerintah Diminta Hapus PPN 10 Persen di Sektor Jasa

Tuti Tursilawati adalah tenaga kerja Indonesia asal Desa Cikeusik, Majalengka, Jawa Barat. Tuti divonis mati oleh pengadilan di Arab Saudi pada Juni 2011 silam dengan tuduhan membunuh majikannya.

Simak:
Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin Terjun Bebas, Prabowo-Sandi Naik Signifikan
Ferry Juliantono Percaya Kekuatan Doa dan Sosial Media Menangkan Prabowo-Sandi di Pilpres 
[url=https://nusantaranews.co/menangkan-prabowo-sandi-putih-sari-dirikan-roemah-djoeang-di-3-kabupaten-di-jawa-barat/]Menangkan Prabowo-Sandi, Putih Sari Dirikan Roemah Djoeang di 3 Kabupaten
[/url]
Nisma Abdullah, Ketua Umum Serikat Buruh Migran Indonesia yang mendampingi kasus itu sejak awal mengatakan pembunuhan itu tak disengaja lantaran Tuti membela diri dari upaya pemerkosaan majikannya.

Baca juga: 
LSI: Jokowi-Ma’ruf Amin Berpotensi Menang Telak
Ferry Juliantono Percaya Kekuatan Doa dan Sosial Media Menangkan Prabowo-Sandi di Pilpres 2019

Dan selama bekerja di rumah majikan itu Nisma mengungkapkan Tuti kerap mendapat pelecehan seksual hingga pemerkosaan.

Baca juga: 
Defisit Neraca Perdagangan Uni Eropa-Indonesia Dinilai Membuat Rupiah Terus Terdepresiasi 
Hulu TKDN Energi Belum Serius Digarap Pemerintah 
Pertanyaan Besar Tentang Neraca Eksternal Indonesia Selama Pemerintahan Jokowi 


TKI Dieksekusi Mati, PBNU: Arab Saudi Tak Hormati HAM


Simak:
Menteri PUPR Tegur Pengembang Meikarta?
Pemasaran Meikarta Tabrak Tiga Aturan Hukum
Panggung Sandiwara Meikarta


SUMBER BERITA: https://nusantaranews.co/tki-dieksekusi-mati-pbnu-arab-saudi-tak-hormati-ham/


Quote:
Bukan urusan gw, urus diri masing2
Knp ribut ham? di sini masalah harga diri.. putus hubungan diplomatik! berani gak? ntar ga ada haji dah.. susahnya punya bos ga menghormati lu..
Hati-hati ntar quota haji yang kena imbas emoticon-Traveller
Quote:


bisa didemo berjilid2 siang malem tuh emoticon-Takut
bukannya ada seseorang yg masih di arab ? emoticon-Bingung

seharusnya mengetahui kejadian ini.
Kasus sudah sejak 2011 pas raja arab kesini lu cuma plonga plongo emoticon-Ngakak
Gue Masih menuggung Tanggapan dari Duta Besar FPI untuk Arap Saudi .... Imam Super Besar Habib Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab, Lc., M.A., DPMSS.


TKI Dieksekusi Mati, PBNU: Arab Saudi Tak Hormati HAM

TKI Dieksekusi Mati, PBNU: Arab Saudi Tak Hormati HAM

Ga beres agama lu dr junjungan ampe yg ngejalanin
emoticon-Leh Uga
Bibib di sono kok gak demo belain ya? emoticon-Malu
ISNUS memang benci arab

emoticon-Traveller
Quote:


di arab saudi, lazimnya, setiap tindak kriminal pembunuhan, pasti akan diqisas.

entahlah bagaimana jika bentuk upaya pembelaan diri dari "begal" di arab saudi sono, misalnya.

tapi karena si terdakwa mengakui telah membunuh majikannya, sehingga keluarga majikannya pasti akan menuntut qisas ato tebusan yang akan sangat mahal.

dan arab saudi, tentu saja akan lebih mengutamakan warga negaranya, sebagaimana hukuman mati bandar narkoba di indonesia kemarin, sehingga eksekusi itu pasti akan tetap dilakukan jika tidak sanggup membayar diyat.

tapi lagi, arab saudi memang harus memberi tahukan mengenai vonis tersebut kepada negara si terdakwa sehingga keluarga terdakwa pun tahu bahwa ada salah seorang keluarganya yang akan diseksekusi.

dan, meski vonisannya sendiri nggak menyalahi aturan internasional, tapi pengeksekusian hukuman tanpa pemberitahuan terhadap negara dan keluarga terdakwa itu, jauh dari kata adil, apalagi etika/penghormatan.

:just my 200 rupiahs
ini trit sama link banyakan link-nya ........ jadi males baca isi trit ......... emoticon-Cape deeehh
ini trit sama link banyakan link-nya ........ jadi males baca isi trit ......... emoticon-Cape deeehh
Cuman gitu doang mana takut arab saudi. Meh
klo arab pake HAM, yakin deh rakyat arab ga se-sedikit skrng
-hanya sebuah pemikiran
ambil tindakan jangan bacot saja, macam nasbung.
memang sudah budayanya seperti itu.
keras kepala, merasa paling benar sedunia.



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di