alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bangkit Pemuda Indonesia! Bersatu Melawan Hoaks
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd9c646d44f9fe13f8b456f/bangkit-pemuda-indonesia-bersatu-melawan-hoaks

Bangkit Pemuda Indonesia! Bersatu Melawan Hoaks

Bangkit Pemuda Indonesia! Bersatu Melawan Hoaks

Selamat Datang di Thread Ane dan Selamat Membaca
emoticon-Jempol

Semua pasti sudah mengetahui kalau pada tanggal 28 Oktober 2018 kita bangsa Indonesia telah memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke - 90.

Peringatan hari sumpah pemuda itu bertujuan untuk mengenang, menyemarakan dan melanjutkan semangat perjuangan para pemuda-pemudi yang telah diikrarkan pada 28 oktober 1928 melalui sumpah pemuda pada Kongres Pemuda II.

Kala itu para pemuda dari berbagai suku, berbagai organisasi pemuda dan daerah bertekad untuk bersatu dengan satu tujuan untuk mengusir penjajah yang kala itu menguasai Indonesia. Dan keinginan itu dirumuskan dalam sebuah ikrar yang berbunyi :

"KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA,
MENGAKU BERTUMPAH DARAH YANG SATU,TANAH AIR INDONESIA

KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA
MENGAKU BERBANGSA YANG SATU,BANGSA INDONESIA

KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA
MENJUNGJUNG BAHASA PERSATUAN
BAHASA INDONESIA"


Bangkit Pemuda Indonesia! Bersatu Melawan Hoaks

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

Lain dulu lain sekarang, persoalan bangsa saat ini tidak sama seperti ketika dahulu saat bangsa kita ditindas oleh penjajah. Dizaman modern saat ini musuh tidaklah nyata bentuknya dan keberadaannya pun sulit untuk dilihat. Dahulu bangsa Indonesia berantem melawan penjajah, namun sekarang malah berantem sesama orang Indonesia sendiri.

Perkembangan teknologi saat ini pun banyak disalah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang seharusnya teknologi digunakan untuk hal positif membangun bangsa Indonesia malah digunakan untuk kepentingan pribadi suatu golongan sehingga menyebabkan kekacauan/kegaduhan yang mengganggu ketentraman masyarakat.

Sebut saja salah satu yang saat ini kerap membuat percikan api permusuhan atau gesekan antar kelompok/golongan adalah penyebaran Berita Palsu atau Berita Bohong atau Hoaks (bahasa Inggris: hoax) yaitu informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya.

Penyebaran hoaks ini saya rasa cukup berbahaya dan menghawatirkan karena sering kali berita yang disebarkan berisikan fitnah atau hasutan dengan tujuan untuk mengadu domba antara kelompok baik suku, ras ataupun agama sehingga rawan sekali terjadi perpecahan.

Hal tersebut sangat jauh bertolak belakang dengan semangat sumpah pemuda yang mana pada ikrar sumpah pemuda mencita-citakan satu kesatuan dengan menghilangkan berbagai perbedaan demi satu tujuan yang mulia.


Bangkit Pemuda Indonesia! Bersatu Melawan Hoaks

Nah sebagai generasi muda yang melek teknologi seharusnya kita tidak mudah terprovokasi dan tidak pula turut serta dalam menyebarkan berita bohong atau hoaks tersebut. Sebisa mungkin kita juga harus turut serta dalam meredam hoaks dengan beberapa langkah berikut ini :
  • Baca Keseluruhan isi Berita/Informasi
    Kebiasan malas membaca ini memang sering membuat kita terprovokasi dan membuat kita salah mengartikan suatu berita atau informasi Kadang memang suatu berita dan informasi antara judul dan isinya jauh berbeda untuk mendapatkan tujuan bagi si pembuat berita/informasi.


  • Cek Sumber Berita
    Hal kedua ini juga penting dalam meredam peredaraan hoaks, bagi sebagian orang menganggap legitimasi sumber berita tidak terlalu penting sehingga orang tersebut mudah terjerumus oleh media abal-abal yang diragukan kebenarannya. Oleh karena itu sebaiknya kita berhati-hati dengan mencari referensi lain ke media lain sebagai perbandingan tentunya dengan sumber yang telah terpercaya.

  • Jangan mudah terkena bias konfirmasi
    Tidak bisa dipungkiri, orang zaman sekarang lebih menyukai berita atau informasi yang sesuai dengan kehendak hatinya untuk memperkuat keyakinanannya. Oleh karena itu sebaiknya kita harus benar-benar membaca terlebih dahulu dengan seksama dan tidak mudah meng-share berita itu kepada yang lainnya.

  • Rutinlah Membaca Berita
    Dengan kita rutin membaca berita atau informasi melalui media yang terpercaya maka kita akan tidak mudah termakan berita hoaks, orang yang jarang membaca berita akan tidak mengetahui antara sebuah berita dengan sebuah opini. Terlebih lagi opini yang menyesatkan.

  • Ikutlah dalam sebuah grop diskusi
    Jika memang dirasa perlu tidak ada salahnya untuk turut serta dalam sebuah diskusi sebuah grop anti penyebaran informasi hoaks, dimana dalam grop diskusi tersebut penggunanya akan menyaring dan melabeli setiap informasi yang ada antara berita yang valid dengan berita bohong.

  • Laporkan
    Yang terakhir bilamana kita menjumpai suatu berita bohong atau hoaks janganlah membagikan berita tersebut dan sebaiknya lakukanlah pelaporan melalui sarana yang tersedia pada media yang kalian gunakan. Atau sekedar membiarkan saja dengan tidak menyebar luaskan itu adalah tindakan yang sudah cukup.


***

Bangkit Pemuda Indonesia! Bersatu Melawan Hoaks

Ayo generasi muda, generasi penerus bangsa, generasi yang melek teknologi dan berwawasan luas sudah seharusnya kita turut serta dalam membangun Indonesia melanjutkan semangat sumpah pemuda saat ini.

Jangan mau dihasut! Jangan mau di bodohi berita bohong! Jangan mudah termakan Hoaks! Jangan mau dipecah bela dengan fitnah!
Sebagai generasi muda dengan semangat sumpah pemuda mari kita bersatu, perbedaan diciptakan untuk saling melengkapi bukan untuk saling melukai.


Dirgahayu Sumpah Pemuda Ke 90
BANGKIT PEMUDA INDONESIA

emoticon-I Love Indonesia

@tulisan sendiri
sumber gambar : 1 2 3

Urutan Terlama
Pertamax! emoticon-Toast
Gak ada warga negara indo yg cinta ama negaranya
Nasionalisme palsu semua


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di