alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Label Halal Jadi Wajib, Taktik Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd9beb11cbfaa33118b4567/label-halal-jadi-wajib-taktik-kampanye-jokowi-maruf-amin

Label Halal Jadi Wajib, Taktik Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin?

Halal mengacu pada produk yang “diizinkan” untuk dikonsumsi oleh hukum Islam, tetapi selama bertahun-tahun berpolitik, sering menjadi identik sebagai label luas untuk produk berkualitas.

Ma’ruf Amin yang juga kepala badan ulama terkemuka negara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengumumkan rencana di sebuah expo halal di Yogyakarta, di pulau Jawa pada bulan ini.

“Terpujilah Tuhan … sertifikat halal yang semula bersifat sukarela akan menjadi wajib mulai tahun 2019,” kata Amin.

Ma’ruf Amin dianggap sebagai salah satu ulama Muslim paling kuat di Indonesia, dan sebelumnya mendukung fatwa kontroversial terhadap sekularisme dan mencela homoseksualitas.

Sementara laporan media lokal mengklaim bahwa pengumuman Amin adalah motif politik dengan pandangannya pada pemilihan di bulan April 2019, Amin membela rencananya dan menegaskan: “Ini tentang mendukung halal, bukan kampanye kami.”

Tetapi dengan jumlah penduduk Muslim yang mencapai 90 persen dari penduduk Indonesia yang berjumlah 260 juta orang, para calon presiden lebih condong ke arah sentimen keagamaan untuk mendapatkan dukungan populer bagi pemilihan tahun depan.

AMBISI INDONESIA UNTUK MENJADI HUB HALAL GLOBAL

Indonesia telah memperkenalkan Undang-undang Jaminan Produk Halal untuk membuat sertifikasi halal wajib sebelum Presiden Susilo Bambang Yudhoyono turun pada tahun 2014.

Namun undang-undang itu tidak pernah diloloskan oleh Pak Widodo ketika ia mengambil alih kekuasaan ketika diskusi tentang bagaimana menerapkannya masih berlangsung.

Lukmanul Hakim, kepala lembaga sertifikasi halal di MUI, mengatakan kepada ABC bahwa akan membutuhkan berbagai lembaga dan pihak untuk mencapai kesepakatan untuk mengesahkan undang-undang.

Tetapi Hakim mengatakan bahwa jika Bapak Amin terpilih untuk pemerintahan tahun depan, itu akan mempercepat proses sertifikasi wajib menjadi hukum.

Hanya 20 persen dari semua makanan dan produk yang diperbolehkan bagi Muslim untuk dikonsumsi saat ini berlabel ‘halal’, menurut MUI. Misalnya, keripik dan mie sayuran tidak diberi label halal, tetapi di bawah sertifikasi baru, mereka harus seperti itu.

Para pengamat mengatakan bahwa langkah itu tidak hanya bersifat politik, tetapi juga berarti bagi MUI untuk menghasilkan pendapatan, karena badan Islam akan menjadi orang yang bertanggung jawab untuk menyediakan sertifikasi dengan biaya.

MUI juga mengatakan bahwa mereka ingin Indonesia menjadi pusat makanan halal dan menjadi contoh bagi industri halal global dalam hal proses sertifikasi standar.

Pada hari Kamis (25/10), Indonesia akan menyelenggarakan pameran halal internasional untuk mencoba mempromosikan produk halal ke negara-negara Asia lainnya.

Jika undang-undang berhasil lolos, makanan yang dihasilkan di Indonesia dengan sertifikasi halal dapat lebih mudah dibenarkan untuk diekspor ke pasar Muslim lain yang diminati.

https://www.matamatapolitik.com/label-halal-jadi-wajib-taktik-kampanye-jokowi-maruf-amin/

Semua halal dong
Terima kasih jokokplo emoticon-Imlek
hee,,,memang wajib kan sudah ada uu jph tinggal peraturan teknis dari pemerintah aja yang belum sepertinya.

masih bingung juga sama pengarahannya itu kalo produk dengan jenis yang sama hasil blending apa masuk kategori "nipu" alias haram atau apa soalnya memang banyak umkm yang mensiasati hal itu untuk menekan biaya.

bahkan kopi kemasan juga rata-rata blending robusta vietnam dan robusta lokal biar pas dan ga terlalu mahal.
jangan pilih ituk sudah
di veto lewat dpr juga bisa. Mainan anak kecil.
harus nya lebel haram malahan kalau halal mah udah pada tau
Mata duitan
Padahal surga lebih penting daripada uang
Diubah oleh 5tar5.



saatnya nastak bela Ulama emoticon-Leh Uga


Yang suka jualan barang haram pasti bakal kelojotan emoticon-Big Grin
Kyai Ma'ruf untuk Indonesia bersyari'ah...
Uno untuk Indonesia melambai-lambai
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di