alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Timses Jokowi Bela Ma'ruf: Esemka Bisa Diluncurkan Kapan Saja
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd9b6a09252337c598b4568/timses-jokowi-bela-maruf-esemka-bisa-diluncurkan-kapan-saja

Timses Jokowi Bela Ma'ruf: Esemka Bisa Diluncurkan Kapan Saja

Timses Jokowi Bela Ma'ruf: Esemka Bisa Diluncurkan Kapan Saja
Pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Johnny Plate mengatakan peluncuran mobil Esemka yang pernah dirintis Joko Widodo selalu terbuka untuk diluncurkan kapan saja. Hal itu ia katakan untuk membelas pernyataan Ma'ruf bahwa Esemka bakal diluncurkan pada Bulan Oktober.

"Kalau soal jadwal ya kapan saja bisa, lebih cepat lebih baik," kata Johnny saat ditemui di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (31/10).

Sekretaris Jenderal Partai NasDem itu mengatakan masyarakat seharusnya dapat mendukung ide dan gagasan penciptaan mobil nasional buatan dalam negeri, termasuk mobil Esemka.

Timses Jokowi Bela Ma'ruf: Esemka Bisa Diluncurkan Kapan Saja

Ia pun menyamakan keinginan penciptaan mobil nasional itu seperti PT Dirgantara Indonesia yang bisa memproduksi pesawat buatan dalam negeri.

"Walaupun memang pada tahap pertama dukungan komponen dalam negeri memang tak besar. Tapi kita punya desain yang baik pasti kita dukung itu," kata dia.

Johnny menyatakan mobil yang beredar di Indonesia saat ini sebagian besar berasal dari perusahaan luar negeri.

Oleh karena itu, ia berharap Indonesia bisa mandiri dan tak kalah saing dengan perusahaan otomotif luar negeri untuk membangun mobil buatan dalam negeri.

Timses Jokowi Bela Ma'ruf: Esemka Bisa Diluncurkan Kapan Saja

"Soal urusan mobil ini baru ide saja udah ada yang lawan, karena dia akan berkompetisi dengan negara lain. Kita harus pahami itu," ucapnya.

"Nah jangan sampai baru dikasih gagasan ide yang baik buat negara, kita sendiri yang mematikannya, kita harus bantu supaya terwujud," kata dia.

Lihat juga: Kerja Keras di Balik Pengembangan Esemka

Sementara itu, Juru Bicara TKN Arya Sinulingga menegaskan bahwa Ma'ruf mendapatkan informasi Esemka akan diluncurkan bulan Oktober bukan berasal dari pemerintah.

Ia mengatakan Esemka merupakan properti industri yang dikembangkan pihak swasta yang tidak terkait dengan pemerintah.

"Pemerintah tak pernah masuk dalam industri itu, dia [pemerintah] hanya mendorong saja gitu," kata Arya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (31/10).

Arya pun memperkirakan bahwa Ma'ruf mendapatkan informasi tersebut berasal dari pihak swasta yang sedang mengembangkan mobil Esemka.

Sehingga, kata dia, Ma'ruf memberitahukan kabar baik tersebut kepada masyarakat ketika kunjungan ke daerah-daerah.

"Kiai maruf sebagai pribadi mendapatkan informasi itu, mau ada produksi besar-besaran. Gitu aja," kata Arya.

Sebelumnya, inisiator mobil Esemka, Sukiyat, mengaku heran dengan masih adanya sebagian pihak yang berusaha menjatuhkan Jokowi dengan terus bertanya soal kelanjutan mobil Esemka.

“Jawaban untuk mobil Esemka itu, ya, Mahesa. Kok, Pak Jokowi dionyo-onyo (dicemooh) terus, ‘Mana Esemka, mana Esemka?’ Ya, Pak Jokowi enggak tahu,“ ujar Sukiyat.

Mahesa memiliki nama resmi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) Generasi III dan sempat mejeng dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Mahesa merupakan terjemahan dari proyek panjang Esemka yang dikenalkan Jokowi saat masih menjadi Wali Kota Solo. Mahesa (AMMDes) Generasi II telah diluncurkan sejak 2017 lalu dipedesaan.

Baca: Makna Logo Kerbau di Mobil Mahesa, Si Pengganti Mobil Esemka

Mulai Januari 2019, mobil ini akan diproduksi 25 ribu unit oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI), perusahaan yang didirikan Sukiyat. Sukiyat menjabat presiden komisaris di perusahaan yang join dengan PT Astra International Tbk itu.

Tegaskan Tidak Ada Fasilitas dari Pemerintah

PT Solo Manufaktur Kreasi atau PT SMK menegaskan tidak pernah mendapatkan perlakuan khusus atau bantuan dari pemerintah. PT SMK sebagai pembuat Mobil Esemka menjalani semua proses seperti halnya produsen otomotif lainnya. "PT SMK selama melakukan kegiatan usahanya sama sekali tidak mendapatkan fasilitas, dana, bantuan, insentif dan kemudahan dalam bentuk apapun dari pemerintah. Semua kegiatan operasional dijalankan sesuai prosedur dan peraturan berlaku," dalam keterangan resmi dari PT Solo Manufaktur Kreasi, Selasa 30 Oktober 2018.

Perusahaan tersebut juga memastikan bahwa mobil Esemka adalah produksi nasional atau dalam negeri. Pembuatan mobil Esemka mengandalkan fasilitas atau pabrik mobil Esemka di Jalan Sambi Mangu KM 3, Boyolali, Jawa Tengah.

Esemka dibuat ada empat jenis yakni Esemka Rajawali, Bima dan Pikap. Pihaknya yang mempunyai ingin ada mobil nasional itu, kemudian melakukan uji emisi, suspensi dan kelaikan jalan.

Selama ini, mobil Esemka memang mendapat dukungan dari Joko Widodo atau Jokowi sejak menjabat Wali Kota Solo. Dukungan moral dari Jokowi diberikan untuk membangkitkan industri otomotif nasional setelah masa mobil Timor habis. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo, melalui akun Twitter resminya, menyatakan tak ada sangkut-paut pemerintah dalam produksi mobil Esemka.

Produksi mobil yang pernah jadi kendaraan dinasnya waktu menjabat Wali Kota Solo, Jawa Tengah, tersebut murni diserahkan ke proses bisnis industri. “Bukan Presiden yang buat pabrik dan bikin mobil Esemka,” ucapnya.

Kementerian Perhubungan pun menjamin pemerintah tak memberi kemudahan prosedur kepada produsen mobil Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi. Perseroan diwajibkan memenuhi semua prosedur kelayakan dari awal untuk mendapatkan sertifikat aman sesuai dengan peruntukan, seperti mobil penumpang dan mobil muatan barang. “Esemka kan juga pernah gagal uji coba,” kata Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor, Caroline Noorida Aryani, seperti diwartakan Koran Tempo edisi Sabtu, 27 Oktober 2018.

Menurut dia, Kementerian sangat ketat meloloskan kepatutan sebuah kendaraan untuk diproduksi massal. Sebab, diperlukan jaminan keselamatan bagi pengendara dan penumpang. Merek terkenal dari luar negeri sekalipun banyak yang harus remedial untuk mendapat sertifikasi layak kendaraan dasar sebelum mendapatkan sertifikat uji tipe (SUT).

Berdasarkan catatan Kementerian Perhubungan, mobil Esemka sudah berkali-kali gagal lolos uji emisi. Kegagalan pertama terjadi pada 2010. Dua tahun berselang, Esemka kembali gagal mendapat sertifikasi layak polusi. Empat varian mobil Esemka berbahan bakar bensin yang sudah lulus sertifikasi Euro 3 diwajibkan memenuhi standar Euro 4 yang baru dikeluarkan bulan ini.

Berbagai tes di Kementerian akan menjadi akses bagi Kementerian Perindustrian untuk meloloskan Esemka ke tingkat produksi. Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, mengatakan empat dari delapan kendaraan yang belum lulus emisi tak akan mendapatkan izin produksi massal sampai dapat lampu hijau dari Kementerian Perhubungan. “Kalau tidak lolos sertifikat, ya, tidak akan boleh diproduksi,” ujarnya.

Proses produksi massal Esemka dalam dua tahun terakhir terbilang moncer setelah perusahaan yang dipimpin bekas Kepala Badan Intelijen Negara, Abdullah Mahmud Hendropriyono, PT Adiperkasa Citra Lestari, bekerja sama dengan PT Solo Manufaktur Kreasi. Perkimpoian dua entitas tersebut melahirkan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) untuk mendirikan pabrik di Boyolali, Jawa Tengah.

Baca: Wali Kota Solo Sebut 2 Part Ini Belum Dibuat Pabrik Mobil Esemka

Guna memperkuat basis produksi, ACEH mengajak Direktur Geely Mobil Indonesia pada saat itu, Hosea Sanjaya, membuat basis produksi pendukung seluas 35 hektare di Cileungsi, Jawa Barat. Hosea, yang menjadi Managing Director ACEH, ini tak memberi respons ketika dihubungi Tempo, Jumat, 26 Oktober 2018, ihwal perkembangan rencana produksi massal Esemka.

Adapun Hendropriyono, meski baru mengunjungi pabrik di Boyolali, mengaku sudah tak terlibat dengan Esemka. “Sekarang mereka masih berfokus menyelesaikan pembangunan pabrik,” ujarnya. Soal kaitan dengan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero, PT SMK menegaskan tidak memiliki hubungan dengan Mobil Esemka dan PT SMK.
(rzr/osc)

sumber https://www.cnnindonesia.com/nasiona...kan-kapan-saja
Diubah oleh ikardus
Halaman 1 dari 2
2013 sudah meluncur koq ya, 7000 unit sudah laku
september sudah me....
Sementara itu, Juru Bicara TKN Arya Sinulingga menegaskan bahwa Ma'ruf mendapatkan informasi Esemka akan diluncurkan bulan Oktober bukan berasal dari pemerintah. Seandainya pun itu dari pemerintah, tidak boleh dikatakan sebar hoax karena dari dulu kebijakan pemerintah itu tidak dapat dipidanakan seperti contoh ketika menteri Jonan yang meralat harga premium yang sempat naik.
=============================================================================
ikutan nyebar hoax ngga nih?
Mobil politik emoticon-Imlek
Gw nunggu cawapres jokowi dilaporkan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Diubah oleh trimusketeers
Dri pada jualan dusta hoax sarungkampret lbih baik jualan mobil pencitraanya. Wowok pencitraan cma jualan play victim dibumbui dusta
Diubah oleh songgobawuk
HOAX INI BS BIKIN RUSUH KAMPRET SEGOA
Balasan post tukangkredit
September kapan bray???
Balasan post jfun790
Quote:


ngga usah gue sebutkan ya, ntar gue disangka nyebar hoaks emoticon-Ngakak
Balasan post trimusketeers
Quote:


klo yg lapor sekelas kampret ga logis ya dicuekin
emoticon-Leh Uga

emoticon-Leh Uga
langkahin vvolink dulu baru bs bersaing ama jepang
Gampang dikibulin..


warga NU yg masih waras tentu gak mau Pak Kyai nya jadi tukang bohong emoticon-Big Grin

dengan tidak memilih si bapak boax nasional, mudah²an Pak Kyai kembali ke jalan yg lurusemoticon-I Love Indonesia



Tinggal 3setengah jam lagi nihemoticon-Leh Uga
Kasihan pak yai.
Dapat informasi palsu.
Quote:


iya nih buktinya Timses Jokowi Bela Ma'ruf: Esemka Bisa Diluncurkan Kapan Saja
yg beli langsung di jadikan terumbuk karang kale emoticon-Wkwkwk
Balasan post nastak2200kv
Quote:

gue juga nungguuin jam 24.00

Quote:


jd fix nya kyai kena kibul ..... Timses Jokowi Bela Ma'ruf: Esemka Bisa Diluncurkan Kapan Saja
Quote:


Lumut juga kena dung masalah mekikarta emoticon-Malu
emoticon-Matabelo
g*oblog betul
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di