alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Pemerintah Satukan Gerak untuk Percepatan Reforma Agraria
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd9b27414088dcb0d8b457a/pemerintah-satukan-gerak-untuk-percepatan-reforma-agraria

Pemerintah Satukan Gerak untuk Percepatan Reforma Agraria

Pemerintah Satukan Gerak untuk Percepatan Reforma Agraria

JPP, JAKARTA - Pemerintah Indonesia terus berupaya melakukan pemerataan pembangunan, pengurangan kesenjangan, penanggulangan kemiskinan, dan penciptaan lapangan kerja, mulai dari perkotaan hingga perdesaan melalui Reforma Agraria.

Reforma Agraria hadir untuk mempersempit ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah yang sejatinya akan memberikan harapan baru untuk perubahan dan pemerataan sosial ekonomi masyarakat secara menyeluruh.

Namun demikian, pelaksanaan Reforma Agraria belum berjalan sebagaimana yang diharapkan dikarenakan oleh ketiadaan dasar hukum pelaksanaan, kelembagaan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) yang belum settle sepenuhnya, lemahnya koordinasi, kurangnya dukungan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait lainnya, ketersediaan anggaran, serta terbatasnya sumber TORA menjadi the bottlenecks pelaksanaan Reforma Agraria selama ini.

Semua itu mengemuka dalam Rapat Koordinasi Nasional GTRA dan Sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria di Jakarta, Rabu (31/10/2018), yang dihadiri oleh 248 peserta dari Kementerian ATR/BPN, Anggota GTRA Pusat, Gubernur, Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi, dan Kepala Bidang Penataan Pertanahan Kantor Wilayah BPN Provinsi.

“Tanpa dukungan Gubernur atau Bupati yang tergabung dalam GTRA, maka program Reforma Agraria tidak akan jalan dengan sukses. Contohnya pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) akan sukses dijalankan apabila Pemerintah Daerah turut mendukung secara all out, misalnya dengan memasukkan anggaran program PTSL ke dalam APBD yang akan membantu rakyat," ujar Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil.

"Ini juga berlaku bagi program Reforma Agraria. Oleh karena itu, hari ini diadakan Rapat GTRA yang dilaksanakan berdasarkan amanat Perpres Nomor 86 Tahun 2018,” imbuhnya.

Disebutkan Menteri Sofyan, hal yang paling penting dalam keberhasilan pelaksanaan Reforma Agraria yaitu lancarnya koordinasi dan konsolidasi antar-Kementerian/Lembaga dan pemangku kepentingan terkait.

Hal ini mengingat penyelenggaraan Reforma Agraria merupakan program bersama yang melibatkan berbagai kementerian/lembaga terkait, seperti Kementerian ATR/BPN, Bappenas, Kementerian LHK, Kemendes PDTT, Kementan, Kemendagri, Kantor Staf Presiden, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD, organisasi kemasyarakatan, dan lain sebagainya.

Terbitnya Perpres Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria diharapkan akan semakin terbangun koordinasi dan konsolidasi yang baik antarpemangku kepentingan terkait, baik di tingkat pusat maupun daerah, dalam melaksanakan program Reforma Agraria.

Menurut Menteri Sofyan, koordinasi dan konsolidasi yang baik bisa terwujud jika terbangun kesamaan persepsi dan pemahaman terhadap penyelenggaraan Reforma Agraria sebagaimana diamanatkan Perpres tersebut.

"Roadmap penyelenggaraan Reforma Agraria juga mutlak diperlukan sebagai arahan dan pedoman dalam pelaksanaan Reforma Agraria. Serta tidak kalah penting juga adalah pengendalian dan pengawasan pelaksanaannya. Oleh karena itu, maka sosialisasi Perpres 86/2018 harus segera dilaksanakan agar pelaksanaan Reforma Agraria bisa berjalan dengan efektif dan tepat sasaran," tandasnya. (atr)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/infrastru...eforma-agraria

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Pemerintah Satukan Gerak untuk Percepatan Reforma Agraria Tingkatkan Kualitas 9 Kawasan Permukiman Nelayan, PUPR Anggarkan 507 Miliar

- Pemerintah Satukan Gerak untuk Percepatan Reforma Agraria Diseleksi Jadi Top 10, Ini 25 Nominasi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik

- Pemerintah Satukan Gerak untuk Percepatan Reforma Agraria PANRB Akan Pamerkan Inovasi Pelayanan Publik Terbaik di IPS Forum 2018



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di