alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
BNPT-TNI Teken MoU Perkuat Kerja Sama Pemberantasan Terorisme
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd9a7e5947868d7658b4578/bnpt-tni-teken-mou-perkuat-kerja-sama-pemberantasan-terorisme

BNPT-TNI Teken MoU Perkuat Kerja Sama Pemberantasan Terorisme

BNPT-TNI Teken MoU Perkuat Kerja Sama Pemberantasan Terorisme

JPP, JAKARTA - Upaya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam menanggulangi terorisme tak luput dari menggandeng berbagai instansi Pemerintah, salah satunya ialah stakeholder bidang pertahanan negara, yakni TNI.

Bertempat di Ruang Hening Gedung Soedirman Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (29/10/2018), Nota Kesepahaman kerja sama kedua institusi ini ditandatangani langsung oleh Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Adapun Nota Kesepahaman antara BNPT dan TNI dengan nomor HK.02.00/21/2018 mencakup kerja sama pertukaran data dan/atau informasi; kontraradikalisasi dan deradikalisasi; peningkatan kompetensi dan pemanfaatan sumber daya manusia; pemanfaatan sarana dan prasarana; dan kegiatan lain yang disepakati oleh para pihak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dalam sambutannya, Kepala BNPT mengatakan sebagai lembaga yang diamanahkan UU No.5 Tahun 2018 tentang Tindak Pidana Terorisme merasa bangga dan semakin yakin dalam mewujudkan cita-cita mereduksi terorisme dengan bersinerginya BNPT dengan TNI.

Meski bukan kali pertama bekerja sama dan menerima bantuan dari TNI, hal ini semakin memperkuat kedudukan kerja sama antara kedua instansi dan lembaga tersebut.

“Implementasi kerja sama akan semakin kuat dengan UU yang baru disahkan tahun ini untuk hal penanggulangan terorisme. Dengan TNI kita sudah lama kerja sama, karena Sestama dan Deputi BNPT berasal dari Instansi TNI, ini semakin memperkuat pelangi BNPT yang kaya Kementerian, Instansi, dan Lembaga,” ujar Kepala BNPT.

Sementara itu, Panglima TNI mengatakan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan BNPT merupakan upaya penting. Hal ini dikarenakan tidak luputnya suatu kegiatan atau kehidupan sehari-hari dari ancaman radikalisme dan terorisme.

“Melalui Undang-Undang No.5 Tahun 2018, TNI juga tengah memproses tata cara urusan untuk mengamanatkannya. BNPT sebagai lembaga negara yang berkemampuan khusus terkait penanggulangan terorisme perlu diapresiasi dalam hal pengamanan, seperti pada Asean Games ke-18 Tahun 2018 yang lalu,” ujar Panglima TNI.

Sebelum penandatanganan Nota Kesepahaman, Kepala BNPT menerima penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Dharma yang disematkan oleh Panglima TNI. Penganugerahan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 112/TK/Tahun 2018 tanggal 24 September 2018.

Terkait penganugerahan Bintang Dharma, Kepala BNPT mengapresiasi kehormatan yang diberikan oleh TNI. Sebagai warga di luar lingkungan TNI, Mantan Sestama Lemhannas tersebut mengatakan pengaugerahan tanda kehormatan dapat membangkitkan nilai-nilai TNI di luar Instansi TNI.

“Di BNPT ada pelangi dari multi-institusi, TNI, Polrim dan Kementerian lainnya, pelangi inilah yang dapat memperkuat sinergi penanggulangan terorisme,” tandasnya. (bnpt)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/hankam/3269...asan-terorisme

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- BNPT-TNI Teken MoU Perkuat Kerja Sama Pemberantasan Terorisme Mengenal Polder Mini, Sistem Pengelolaan Air Lahan Rawa

- BNPT-TNI Teken MoU Perkuat Kerja Sama Pemberantasan Terorisme Dukung Ekspor, Kementan Paparkan Sistem Sertifikasi Karantina ke Buyer Asal Tiongkok

- BNPT-TNI Teken MoU Perkuat Kerja Sama Pemberantasan Terorisme Penerapan E-commerce TTI, Jawab Tantangan Era Digital Distribusi Pangan



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di