alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Resep Macaroni Schotel Begadang Jangan Begadang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd9a0e0d9d770ae398b456a/resep-macaroni-schotel-begadang-jangan-begadang

Resep Macaroni Schotel Begadang Jangan Begadang

Resep Macaroni Schotel Begadang Jangan Begadang

Pasti yang liat judul dari resep macaroni ini bingung kenapa disebut "Macaroni Schotel Begadang Jangan Begadang". Jadi ceritanya ane memang punya kebiasaan susah tidur. Jadi sambil menunggu bisa ngantuk, ane masak Macaroni Schotel ini deh. Walaupun udah selesai terpanggang semua macaroni, ane jadi makin ga bisa tidur, gara-gara wanginya macaroni malah bikin ane laper.

Oke langsung aja ya kita mulai dari Bahan-bahan yang perlu disiapkan. Sebelumnya ane ingatkan. Di sini ane masak pakai feeling, jadi ga harus tertakar bahan yang dipakai. Harap maklum.


Bahan:
1. Macaroni (di sini ane pakai 700gr buat dibagi ke temen kantor)
2. Telor 2 butir
3. Bawang putih (secukupnya) - ane pakai 10 biji
4. Bawang bombay 1 siung
5. Merica Bubuk (secukupnya sesuaikan dengan banyaknya adonan)
6. Bubuk Pala (secukupnya sesuaikan dengan banyaknya adonan)
7. Garam 3 sdt (sesuai selera dan sesuaikan dengan banyaknya adonan). Untuk garam jangan sampai kebanyakan ya. Karena kita udah pakai keju yang juga sudah asin.
7. Mentega kira-kira 3 sdm (untuk menumis)
8. Keju 165 gr/batang. Jumlah  sesuai dengan banyaknya macaroni. Dengan 700gr macaroni, ane pakai 2 1/2 batang keju. 
9. Susu Cair full cream (plain) 1 1/2 Ltr. Ini juga disesuaikan dengan banyaknya macaroni.
10. Smoke Beef atau Sosis sesuai selera.
 Kalau mau lebih praktis bisa juga diganti dengan daging sapi cincang non lemak. Atau daging Maling kaleng (Non Halal). 
 Disarankan jangan pakai corned. Karena after tastenya ga enak. Apalagi saat dimakan sesudah dingin, seperti ada lemak 
 yang tertinggal di langit-langit mulut.

Cara Mempersiapkan Bahan:

1. Cincang semua bawang: bawang putih & bombay. Nah untuk bawang bombay, saat mengiris dan mencincang ane saranin,  daripada mata sepet pedes mending pakai kacamata renang supaya aman. emoticon-Coolemoticon-Coolemoticon-Cool
Resep Macaroni Schotel Begadang Jangan Begadang

2. Kocok 2 butir telor
Resep Macaroni Schotel Begadang Jangan Begadang

3. Iris smoke beef atau sosis. Di sini ane campur aja smoke beef & sosis supaya yang makan puas.
Resep Macaroni Schotel Begadang Jangan Begadang

4. Parut Keju. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian keju untuk ditaburkan di atas adonan macaroni.
Resep Macaroni Schotel Begadang Jangan Begadang

Cara Memasak

1. Masukkan mentega ke dalam pan untuk menumis. Setelah panas, masukkan bawang putih dan tumis hingga harum. Kemudian masukkan bawang bombay dan tumis hingga berwarna kecoklatan.

2. Masukkan irisan smoke beef dan sosis ke dalam tumisan bawang. Tumis hingga harum
Resep Macaroni Schotel Begadang Jangan Begadang

3. Rebus macaroni. Tuangkan minyak sedikit ke dalam rebusan, supaya tidak lengket. Ingat...jangan ditinggal karna nanti jadi lembek kalau kelamaan. Adonannya jadi becyeeekkk. 
Angkat dan tiriskan macaroni.
Resep Macaroni Schotel Begadang Jangan Begadang

4. Siapkan cetakan kue. Bisa cetakan aluminium foil atau pyrex (wadah tahan panas). Oleskan mentega atau minyak secukupnya. Sehingga adonan tidak lengket pada cetakan kue.

5. Siapkan oven dan panaskan sambil menunggu adonan siap. 

6. Setelah semua disiapkan, saatnya mencampur semua bahan. 
Siap kan sebuah tempat yang lebih besar dan lega, sehingga enak saat mengaduk semua bahan.
Masukkan macaroni yang sudah ditiriskan, tumisan smoke beef dan sosis, garam, merica bubuk, pala bubuk, susu dan keju. 
Aduk merata. Jangan lupa dicobain dulu apakah rasanya sudah pas. Kalau sudah pede, baru masukkan kocokan telur. Karna kalau sudah dimasukkan kocokan telur, sudah tidak bisa dicicip. Sebenernya sih bisa aja kalau mau sakit perut. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin 
Kemudian masukkan ke dalam cetakan. Dan jangan lupa untuk ditaburkan keju di atas adonan.

Kunci Macaroni Schotel yang enak dan pas setelah dipanggang adalah terendam cukup susu. Jangan sampai terlalu kering. Karna nanti jadinya keras pada bagian atasnya. Atau terlalu becyek, karna jadinya lama masaknya dan benyek.
Perhatikan gambar di bawah ini:
Resep Macaroni Schotel Begadang Jangan Begadang
6. Masukkan cetakan ke dalam oven. Hati-hati ya gansis...panassss... emoticon-Betty
Kalau pakai oven listrik, ane biasanya pakai suhu 150 ºC dan setelan waktunya 30 menit. Supaya aman takut ane ketiduran, malah gosong. Tapi kalau ga ngantuk, bisa dibuat 200 ºC. Yang penting rajin ditengokin supaya gak kebablasan gosong.

Setelah merem melek sambil kelaperan nyiumin wanginya Macaroni Schotel, akhirnya jadi deh... Yang ada pada foto di bawah ini cuman sebagian aja. Sebenarnya jadinya banyak banget...bisa bagi-bagi 1 divisi.

Oke deh selamat mencoba ya Gan Siss...ane doakan semoga berhasil bikin Macaroni Schotelnyaemoticon-Angel

Resep Macaroni Schotel Begadang Jangan Begadang

Diubah oleh celengpanggang
Kayaknya enak gan
Quote:


Enak donggg...


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di