alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Psst... 5 Novel Indonesia ini Mengusung Tema Lesbian, Kalian Tahu Gak?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd995601cbfaac64f8b458c/psst-5-novel-indonesia-ini-mengusung-tema-lesbian-kalian-tahu-gak

Psst... 5 Novel Indonesia ini Mengusung Tema Lesbian, Kalian Tahu Gak?

Psst... 5 Novel Indonesia ini Mengusung Tema Lesbian, Kalian Tahu Gak?

Lesbian berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah wanita yang mencintai atau merasakan rangsangan seksual sesama jenisnya; wanita homoseksual. Dalam perkembangan di dunia kedokteran (berdasarkan pedoman penggolongan diagnosis gangguan jiwa) lesbian tidak dianggap sebagai penyakit.

Meskipun di Indonesia sendiri eksistensi lesbian masih menjadi perdebatan antara pihak yang pro (menganggap bahwa lesbian juga sama seperti heteroseksual lainnya dengan mengajukan opini dari sudut pandang HAM) dengan pihak yang menolak (menganggap bahwa lesbian merupakan perbuatan tidak terpuji dan jauh dari perintah agama).

Tapi taukah kalian diluar perbedaan pendapat antara yang pro dan kontra tersebut, ada beberapa novel yang ditulis oleh penulis ternama di Indonesia dan mengangkat lesbian sebagai topik utama ataupun bumbu dalam novelnya? Lebih uniknya pula, novel-novel tersebut ditulis jauh lebih lama sebelum topik LGBT sempat memanas dan mendapat panggungnya sendiri.

Mau tau apa aja? Hm, berikut daftarnya;


1. Relung-relung Gelap Hati Sisi (1983)
Psst... 5 Novel Indonesia ini Mengusung Tema Lesbian, Kalian Tahu Gak?
Penulis dari novel ini ialah Mira W, seorang penulis senior yang terkenal di era tahun 80’an. Kamu mungkin mengenalnya sebagai penulis dari Disini Cinta Pertama Kali Bersemi ataupun Masih Ada Kereta yang Akan Lewat (Arini).

Relung-relung Gelap Hati Sisi menceritakan tentang bagaimana seorang perempuan bernama Sisi yang berjuang selama hidupnya untuk menjadi wanita normal (heteroseksual) meskipun dia harus mengorbankan cintanya yang besar pada Airin.

Kamu dapat merasakan kegetiran, kebimbangan dan keinginan kuat antara Sisi dan Airin untuk bersama, sebagaimana digambarkan dalam kutipan novelnya berikut:

Quote:

2. Jangan Beri Aku Narkoba/ Detik Terakhir (2004)
Psst... 5 Novel Indonesia ini Mengusung Tema Lesbian, Kalian Tahu Gak?
Jangan Beri Aku Narkoba (Detik Terakhir dalam cetakan terbarunya) ialah salah satu novel yang bukan hanya berhasil menyabet prestasi dari Badan Narkotika Nasional dan IKAPI, tetapi juga berhasil diangkat sebagai film layar lebar dan memborong pujian dari berbagai pihak.

Ditulis oleh Alberthiene Endah (AE) seorang penulis, jurnalis professional yang sudah malang melintang sejak tahun 1993, dan juga biografer (penulis biografi) dimana dalam Jakarta Post ia disebut sebagai biografer paling banyak diminta di Indonesia.

Detik Terakhir menceritakan tentang seorang gadis bernama arimbi yang berasal dari keluarga kaya raya namun tidak harmonis dan saling menyakiti satu sama lain.

Keadaannya yang seperti itu masih pula dibarengi dengan kesadaran Arimbi bahwa ia ternyata berbeda dengan wanita-wanita lainnya. Merasa bingung dan tidak mempunyai tujuan, mulailah ia mencicipi narkoba di SMU dan menjadi Pecandu berat.

Salah satu kutipan yang memorable dalam novel ini ialah ketika orientasi seksual arimbi mulai dihubungkan dengan keadaannya sebagai pecandu narkoba, sebagaimana berikut:

Quote:

3. Dicintai Jo (2005)
Psst... 5 Novel Indonesia ini Mengusung Tema Lesbian, Kalian Tahu Gak?
Sekali lagi Alberthiene Endah (AE) memasukan unsur lesbian kedalam novel karangannya.

Dicintai Jo ialah novel yang menceritakan tentang seorang wanita bernama santi dengan rasa rendah diri yang beneran kelewat mentok sampai bawah sekali. Ketika Santi berfikir dunia berpaling dari dirinya dan ia hanya berani bermimpi saja, datanglah seorang penyelamat bernama Joyce, Jo.

Munculnya Jo membuat ia mulai berani menantang dunia, mendapatkan lebih banyak petualangan dan teman serta mengejar lelaki impiannya. Meskipun di akhir novel ia akhirnya menyadari satu hal dari itu semua.

Kutipan yang bisa bikin kamu diam seketika untuk merenungi inti novel ini ialah sebagai berikut;

Quote:
Oh iya, Dicintai Jo juga pernah ditayangkan sebagai FTV di salah satu TV Swasta dengan judul yang sama, diperankan oleh Atiqah Hasiholan sebagai Jo dan Ardina Rasti sebagai Santi.


4. Dimsum Terakhir (2006)
Psst... 5 Novel Indonesia ini Mengusung Tema Lesbian, Kalian Tahu Gak?
Dimsum terakhir ialah novel tentang keluarga. Dimana di dalamnya kamu akan dipertemukan dengan 4 bersaudara yang lahir secara bersamaan (kembar) namun mempunyai jalan hidup yang sangat berbeda satu dengan yang lainnya.

Yang satu terlibat romansa dengan pastor, sedangkan yang lainnya merasa bahwa ia adalah pria yang terjebak ditubuh wanita. Sedangkan si bungsu, ia tidak mempunyai kepercayaan diri sebagai wanita karena menganggap bahwa pengangkatan rahim dari dalam tubuhnya.

Konflik demi konflik digulirkan di antara para tokohnya setelah mereka harus berada di atap yang sama untuk menjaga ayah mereka yang jatuh sakit dan meminta hal yang paling berat untuk dipenuhi oleh mereka berempat, pernikahan.

Ditulis dengan alur yang menarik dan gaya tulisan yang sangat mudah oleh Clara Ng, seorang penulis novel dan juga cerita anak-anak yang sebelumnya terkenal dengan trilogy Indiana Chronicles.

Jika kamu mempertanyakan bagaimana seksualitas itu seharusnya, maka novel ini berani menjawab dengan kutipannya berikut:

Quote:

5. Gerhana Kembar (2007)
Psst... 5 Novel Indonesia ini Mengusung Tema Lesbian, Kalian Tahu Gak?
Ditulis oleh Clara Ng, penulis yang juga menciptakan novel Dimsum Terakhir.

Gerhana Kembar sebenarnya menyajikan cerita lintas generasi. Antara Lendy si tokoh utama, Eliza sang ibu dan juga Diana, neneknya.

Cerita ini dimulai ketika Lendy menemukan bundelan kisah di lemari Diana, ketika hendak mencari surat-surat penting yang kata ibunya hendak digunakan dalam mengurus keperluan perawatan nenek Lendy. Dari bundelan itulah ia menguntai satu demi satu peristiwa dalam keluarganya yang pernah tertutup dan tidak disadari keberadaannya.

Salah satu hal yang paling menarik dalam novel ini ialah dialog antara Lendy dan Philip (suami Lendy) setelah mengetaui rahasia besar yang mulai terungkap tersebut:

Quote:
Jadi novel mana nih yang sudah pernah kalian baca?


Sumber : https://www.idntimes.com/fiction/sto...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Psst... 5 Novel Indonesia ini Mengusung Tema Lesbian, Kalian Tahu Gak? 12 Novel Karya Penulis Terkenal Ini Fenomenal di Tahun 2000an

- Psst... 5 Novel Indonesia ini Mengusung Tema Lesbian, Kalian Tahu Gak? 5 Novel Kocak Raditya Dika Tahun 2000an Ini Pasti Pernah Kamu Baca

- Psst... 5 Novel Indonesia ini Mengusung Tema Lesbian, Kalian Tahu Gak? Sudah 4 Dekade Berkarya Ini 5 Novel Lawas Mira W

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di