alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Semua Orang Bisa Memulai E-commerce, Ini 6 Caranya Menurut CEO SIRCLO
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd98ed092523321218b4581/semua-orang-bisa-memulai-e-commerce-ini-6-caranya-menurut-ceo-sirclo

Semua Orang Bisa Memulai E-commerce, Ini 6 Caranya Menurut CEO SIRCLO

Semua Orang Bisa Memulai E-commerce, Ini 6 Caranya Menurut CEO SIRCLO

Di jaman sekarang siapa sih yang tidak menggunakan jasa e-commerce? Baik sebagai penjual maupun pembeli, pasti setidaknya kamu pernah mengunjungi e-commerce yang ada, entah itu sekedar mengecek harga barang atau benar-benar membelinya. Itu menunjukkan bagaimana e-commerce mengubah hidup kita.

E-commerce adalah sebuah bisnis yang bergerak di bidang teknologi. Tidak salah jika ada beberapa milenials berkeinginan untuk menciptakan ­e-commerce juga. Langsung dari Brian Marshall, CEO dari SIRCLO, e-commerce penyedia jasa membuka toko onine yang ternama, berikut adalah beberapa tips untuk memulai bisnis dalam bidang IT itu.


1. Menentukan tujuan e-commerce-mu
Semua Orang Bisa Memulai E-commerce, Ini 6 Caranya Menurut CEO SIRCLO
Banyak yang berpikiran e-commerce hanyalah sebuah jasa untuk memberikan tempat orang-orang untuk berjualan. Namun sebelum semua itu, kamu harus tahu terlebih dahulu apa tujuanmu membuat e-commerce.

Untuk apakah kamu membuat e-commerce? Apakah hanya sekedar mencari keuntungan? Ataukah ada yang lain? Dengan tujuan yang jelas, kamu bisa menentukan produk yang akan kamu buat.


2. Memahami e-commerce lebih mendalam
Semua Orang Bisa Memulai E-commerce, Ini 6 Caranya Menurut CEO SIRCLO
E-commerce lebih dari sekedar platform berjualan di dunia maya. Perlu diketahui terdapat dua elemen di dalam e-commerce: fasilitator dan praktisi. Fasilitator adalah yang menyediakan jasa, praktisi adalah yang menggunakan jasa. Keduanya sama-sama berjualan, tetapi terdapat perbedaan yang jelas.

Jika kamu memiliki produk yang berbentuk fisik, seperti pakaian dan makanan, maka bisa diarahkan kamu adalah praktisi. Jika kamu memiliki produk yang dapat mendukung mereka berjualan tersebut, maka dipastikan kamu adalah fasilitator. “Dua ini memiliki tantangan yang berbeda,” jelas Brian. Menentukan hal tersebut merupakan hal kedua dalam langkah memulai bisnis di bidang e-commerce.


3. Memahami platform yang digunakan untuk e-commerce-mu
Semua Orang Bisa Memulai E-commerce, Ini 6 Caranya Menurut CEO SIRCLO
Perlu diketahui bahwa cara bermain di dunia offline dan online itu berbeda. Di offline pertimbangan seperti lokasi sangat menentukan kesuksesan dari produkmu. Berbeda dengan permainan online yang mana sosial media menjadi alat utama. Contoh paling nyata saat ini adalah instagram.

“Orang paling banyak melihat banyak barang dari Instagram. Oleh karena itu anda harus mengerti cara kerja Instagram dengan sangat baik.” Hashtag, waktu posting adalah contoh-contoh metadata yang harus dipelajari. Intinya adalah kamu harus paham seperti apakah platform yang kamu gunakan untuk mendukung e-commerce. “Setelah itu kamu haru mengerti konsep-konsep digital marketing,” tambahnya.


4. Memikirkan kembali apakah produkmu ini sudah sesuai dengan permintaan pasar
Semua Orang Bisa Memulai E-commerce, Ini 6 Caranya Menurut CEO SIRCLO
Hal ini bisa dilakukan melalui riset sambil menjalankan e-commerce-mu. Lakukan pengamatan apakah produkmu dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang. Jika tidak, maka diperlukan evaluasi “apa yang menjadi alasan produkmu tidak dicari?” Brian mengatakan bahwa hal ini harus dibicarakan bersama kepada internal untuk dilakukan brainstorming mengenai produk seperti apa yang cocok untuk pasar.

“Baik kecil ataupun besar, harus berpikir marketnya seperti apa di online? Karena hal itu jauh berbeda dengan kondisi di offline. Mulai dari situ, barulah menyentuh problem yang lain, seperti bagaimana produksi untuk seterusnya dan lain-lain hal,” ujar pria yang telah membangun bisnis SIRCLO kurang lebih selama lima tahun tersebut. Jika produkmu dalam bentuk jasa, maka mengerti apa yang diinginkan oleh pasar dan klien adalah kunci utama memenangkan bisnis ini.


5. Fokuslah ke apa yang dikuasai
Semua Orang Bisa Memulai E-commerce, Ini 6 Caranya Menurut CEO SIRCLO
Selanjutnya hanyalah tinggal permasalahan konsistensi untuk mengembangkan branding. Entah itu melakukan pemasaran lewat influencer-influencer. Lakukan pula yang terbaik. “Jika anda membuat baju, buatlah baju sebagus mungkin, se-trend mungkin. Jika membuat makanan, buatlah makanan seenak mungkin.”


6. Kembangkan sesuai dengan masalah yang hadir
Semua Orang Bisa Memulai E-commerce, Ini 6 Caranya Menurut CEO SIRCLO
Tentu dalam menjalankan e-commerce ke depannya yang semakin besar, kamu akan menemui lebih banyak tantangan. Entah itu klien yang datang dari perusahaan besar atau produksi produk yang harus menjadi lebih banyak dan lebih cepat. Pada tahap ini perusahaanmu memerlukan kemampuan adaptasi yang cepat untuk berkembang dan pengembangan itu harus dekat dengan produk awal.

Quote:
Paling tidak itu adalah tips-tips yang bisa kamu dapatkan dari seorang CEO e-commerceyang terus berkembang. Apakah kamu sendiri memiliki keinginan untuk menggarap e-commerce? Kalau iya, semoga sukses deh.


Sumber : https://www.idntimes.com/tech/trend/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Semua Orang Bisa Memulai E-commerce, Ini 6 Caranya Menurut CEO SIRCLO 4 Target Kominfo Membuat Indonesia Semakin Digital dan Serba Online

- Semua Orang Bisa Memulai E-commerce, Ini 6 Caranya Menurut CEO SIRCLO Bisnis Unik Sewa Power Bank

- Semua Orang Bisa Memulai E-commerce, Ini 6 Caranya Menurut CEO SIRCLO Lalintas com Platform Penggerak Keselamatan Jalan Raya



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di