alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Turki Punya Bandara Terbesar Dunia, Cek Spesifikasinya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd98dc3d9d770be3a8b4568/turki-punya-bandara-terbesar-dunia-cek-spesifikasinya

Turki Punya Bandara Terbesar Dunia, Cek Spesifikasinya

Turki Punya Bandara Terbesar Dunia, Cek Spesifikasinya
Istanbul's new airport officially opened on October 29, 2018. This image imagines what the airport might look like when it's fully functioning.


ISTANBUL – Pembangunan tahap satu bandara baru Istanbul, Turki, sudah selesai dan bisa menampung 90 juta penumpang. Bandara baru yang akan menjadi ikon baru dan terbesar di dunia itu diresmikan kemarin oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Upacara peresmian itu dilaksanakan bertepatan dengan Hari Republik yakni peringatan ke-95 tahun berdirinya Republik Turki.

Melansir kantor berita Anadolu, pembukaan bandara itu juga dihadiri lebih dari pemimpin asing, menteri, dan pejabat tinggi. Tahap pertama bandara baru itu dibangun dengan anggaran USD7,2 miliar dari total USD12 juta (Rp182 triliun) yang selesai dalam waktu tiga tahun.

Bandara itu memiliki dua landasan terbang sepanjang 3.750 meter dan 4.100 meter untuk tahap pertama. Nantinya, jika bandara itu sudah selesai penyelesaian pada 2030, bandara itu memiliki enam landasan terbang.

Meskipun sudah dibuka, bandara baru itu tidak akan beroperasi penuh hingga akhir tahun ini. Bandara baru itu menjadi proyek besar selama pemerintahan Erdogan. Dengan menampung 90 juta penumpang setahun, itu akan menjadi bandara terbesar di dunia. Saat ini bandara yang paling sibuk di dunia adalah Hartsfield Jackson di Atlanta, Amerika Serikat.

“Bandara itu akan dibuka hanya sebagian,” kata Direktur Operasional Istanbul Grand Airport (IGA) Kadri Samsunlu, dilansir Reuters.

“Kita menunda transfer besar-besaran dari Bandara Ataturk hingga 31 Desember” ujar Samsunlu.

Sebelum bandara baru dibuka, Ataturk merupakan salah satu bandara utama di Turki. Menurut Samsunlu, periode dua bulan setelah soft opening akan digunakan untuk kerja lebih keras.

Harian Hurriyet melaporkan, Turkish Airlines akan terbang dari bandara baru ke Ankara, Izmir, dan Antalya untuk rute domestik. Mereka hanya melayani rute penerbangan inter nasional ke Baku, Azerbaijan. Desain bandara itu dibuat oleh Grimshaw berbasis di London, bersama dengan Nordic Office for Architecture dan Hap tic berbasis di London.

Erdogan berambisi menjadikan Istanbul sebagai destinasi wisata dunia. Istanbul diharapkan menjadi hub perjalanan yang menghubungkan Eropa, Asia, dan Afrika. Dengan menjadi hub, bandara baru itu bisa menam pung lebih dari 100 maskapai dan melayani penerbangan lebih dari 300 destinasi.

“Bandara ini akan menjadi hub penting antara Asia dan Eropa,” kata Samsunlu.

“Bandara baru Istanbul akan menjadi ambisi untuk pertumbuhan dan kita akan men jawab tantangan untuk menjadi terbesar dan ter baik. Itu moto kami,” ujarnya

Bandara baru itu akan menggantikan Bandara Ataturk yang sudah berusia tua. Bandara Ataturk akan difokuskan menjadi latihan terbang dan keperluan sipil. Pada 2028 bandara akan menampung 200 juta penumpang per tahun. Dilengkapi dengan kereta metro yang menghubungkan dengan Kota Istanbul.

Bandara itu akan selesai di bangun pada 2028 dengan enam landasan. Bandara itu akan memiliki dua terminal yang membentang 76 km persegi atau tiga kali lipat Bandara Ataturk. Bandara baru itu akan menjadikan Turkish Airlines menjadi maskapai penerbangan besar. Turkish Airline akan mengambil keuntungan besar dengan bandara baru dengan melebar kan operasional untuk pesawat kargo dan komersial. Mereka akan menambah 40 pesawat baru tahun depan.

Pada 2023 Turkish Airlines akan memiliki 450 pesawat dan mengangkut 120 juta penumpang setiap tahun. Nama bagi bandara baru masih menjadi perdebatan. Erdogan diperkirakan tidak akan memberikan nama bandara baru itu sebagai legasi Ataturk.

Maklum, dia dikenal sebagai pemimpin yang islami, bukan pemimpin sekuler. Banyak analis memprediksi Erdogan akan memberikan nama bandara itu Kesultanan Ottoman atau nama Sultan Abdulhamid II. Tapi, banyak loyalis menyatakan bandara itu harus diberi nama Erdogan.

Utang Menumpuk

Analis keuangan menyatakan pembangunan proyek baru itu merupakan pinjaman dari asing. Sektor swasta termasuk yang paling banyak berutang hingga USD280 miliar. Itu akan memicu kenaikan inflasi dan turunnya mata uang lira terhadap dolar.

“Bandara baru Istanbul itu menunjukkan Republik Turki bisa mencapai keagungan dan kebesaran pada masa Erdogan,” kata pakar arsitektur dan politik Heghnar Watenpaugh dari Universitas California kepada The National.

“Tapi, apa yang kita dengar adalah tentang menurunnya ekonomi, isu buruh, dan proyek tersebut sangat rawan dalam isu politik dan geo politik,” tuturnya.

Sisi positifnya adalah 36.000 orang akan bekerja di bandara tersebut. Dengan bandara tersebut, pariwisata Turki diharap kan akan bangkit. Dengan begitu, roda perekonomian lainnya akan ikut berputar. Untuk menyelesaikan bandara tersebut hingga 2028, 35.000 pekerja dikerahkan untuk menyelesaikan proyek tersebut. Bulan lalu ratusan pekerja mogok kerja sebagai protes atas buruknya kondisi kerja dan banyaknya kecelakaan kerja yang berujung pada kematian.

Otoritas Turki langsung bertindak keras dengan menangkap ratusan orang. Banyak pekerja dibebaskan tanpa dakwaan, tetapi 20 orang masih di tahan.


Sumber:

https://economy.okezone.com/read/201...kasinya?page=1

emoticon-Matabelo
Urutan Terlama
get rid of ataturk eh?
Industri penerbangan Middle East skg masuk fase "kuat kuat an".

Ethiad ud loss 3 triliun dollar taun kmrn, tingkat keisian rata2 cm 70%
mw merger ama Emirates.
Turki?
Sampe eneg gua kalo lihat konten militer di Instagram tentang turki pasti ada aja yang overproud
Mirip sama Indo lah
Balasan post bramhiphip
Quote:


sama seperti industri real estate/properti di dubai dan qatar..

banyak bangunan tinggi tak berpenghuni, bahkan ada yg sudah lapuk sebelum dihuni
ada yg terpaksa diberi sebagai kontrak kerja dgn para pekerja non formal dari india atau pakistan.

kalo lihat divideo pan dubai serasa wah banget..
banyak gedung megah dan besar besar
padahal dalamnya kosong melompong
diobral sekedar balik modalpun tak laku..

makanya banyak perusahan properti arab sekarang menunpuk utang
untung masih ada sumur minyak yg menanggulangi
Turki Punya Bandara Terbesar Dunia, Cek Spesifikasinya
Negara yang punya potensi untuk jadi negara maju seperti Indonesia, sayangnya dipimpin oleh uclim emoticon-anjing

emoticon-Najis
Diubah oleh senwret7
Quote:


hahaha....memenya.... emoticon-Big Grin

Quote:

Ya barangkali bisa berpengaruh...tapi kalau mau pariwisata bangkit bukannya ada faktor yg perlu diperhatikan: keamanan?
Beberapa waktu lalu aja habis ada pemboman di Turki langsung menurun pariwisatanya...
Ini kalau Erdogan masih nyenggol2 Kurdi, Suriah dg berbagai macam faksinya, apa bisa keamanan lebih terjamin?


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di