alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Andi Narogong bayar uang pengganti
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd985951cbfaab44f8b4579/andi-narogong-bayar-uang-pengganti

Andi Narogong bayar uang pengganti

Andi Narogong bayar uang pengganti
Terpidana kasus korupsi KTP Elektronik Markus Nari (kiri) dan Andi Narogong (tengah) bersiap memberi kesaksian dalam sidang lanjutan kasus korupsi KTP Elektronik di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (25/9/2018).
Kasus korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) telah mengakibatkan kerugian Rp2,3 triliun. Uang denda dan pengganti dari para terpidana kasus ini pun terus mengalir meski masih jauh dari nilai kerugian itu.

Pada Rabu (31/10/2018), Komisi Pemberantasan Korupsi menginformasikan bahwa terpidana korupsi e-KTP, Andi Agustinus alias Andi Narogong telah membayar uang pengganti sebesar $2,15 juta AS.

Pembayaran uang pengganti itu merupakan pelaksanaan Putusan Mahkamah Agung No. 1429K/Pid.Sus/2018 tanggal 17 September 2018. "Istri yang bersangkutan menyetorkan ke rekening penampungan KPK melalui BRI," ucap juru bicara KPK Febri Diansyah melalui Antaranews.

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta telah menjatuhkan vonis 8 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan terhadap Andi. Hakim juga menghukum Andi membayar uang pengganti $2,5 juta AS dan Rp1,186 miliar.

Hukuman Andi diperberat menjadi 11 tahun di Pengadilan Tinggi Jakarta pada April 2018 lalu. Di tingkat Mahkamah Agung, hukuman Andi menjadi 13 tahun yang diputus pada September 2018. Hukuman penjara makin lama, tetapi jumlah denda dan pidana tambahan berupa uang pengganti masih sama dengan pengadilan tingkat pertama.

KPK telah mengeksekusi Andi Narogong ke Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tangerang pada Kamis (4/10/2018) untuk menjalani hukuman setelah putusan berkekuatan hukum tetap.

Andi telah mengembalikan uang dalam proses hukum sejumlah $350 ribu AS, membayar denda Rp1 miliar serta menyicil uang pengganti Rp1,186 miliar.

Dengan demikian, KPK total melalui Unit Labuksi telah melakukan eksekusi dan penyelamatan uang negara total Rp2,286 miliar dan $2,5 juta AS untuk terpidana Andi Agustinus dalam kasus e-KTP ini.

"Asset recovery ini kami pandang penting untuk mengembalikan ke masyarakat uang yang pernah diambil oleh para pelaku korupsi e-KTP atau pun kasus lainnya," kata Febri.

Dalam kasus e-KTP, KPK juga telah menerima cicilan uang pengganti dari mantan Ketua DPR, Setya Novanto. Kuasa hukum Novanto, menitipkan sertifikat tanah dan bangunan di Jatiwaringin, Bekasi, kepada KPK.

Novanto divonis 15 tahun penjara ditambah denda Rp500 juta subsider tiga bulan kurungan ditambah pembayaran uang pengganti $7,3 juta AS. Hakim juga mencabut hak politik Novanto untuk 5 tahun setelah menjalani masa pemidanaan.

Total uang pengganti Novanto mencapai Rp100 miliar apabila menggunakan kurs (Rp13.970) ketika pengadilan menjatuhkan vonis pada 24 April 2018. Apabila menggunakan kurs (sekitar Rp9.000) ketika kasus e-KTP berlangsung, total uang pengganti sekitar Rp65,7 miliar.

Sebelum penitipan sertifikat tanah, KPK menerima cicilan keempat uang pengganti sebesar Rp862 juta dari Novanto pada Selasa (23/10/2018).

Jaksa Eksekusi KPK telah melakukan pemindahbukuan dari rekening Novanto di Bank Mandiri ke rekening KPK sekitar Rp1,1 miliar. Novanto juga telah mengembalikan uang titipan senilai Rp5 miliar dan mencicil sebesar $100 ribu AS.

Uang pengganti merupakan bagian dari pengembalian kerugian negara akibat korupsi dan pencucian uang. Selain uang pengganti, penyelamatan uang negara diperoleh melalui denda, penjualan hasil lelang, pengembalian gratifikasi, serta sitaan.

Berdasarkan data KPK yang diolah Lokadata Beritagar.id, total uang yang diselamatkan/dieksekusi oleh KPK pada 2005-2016 mencapai Rp2,4 triliun. Sumbangan terbesar berasal dari uang pengganti senilai Rp939,27 miliar, dan kian bertambah lewat uang pengganti Novanto.
Andi Narogong bayar uang pengganti


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...uang-pengganti

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Andi Narogong bayar uang pengganti Asumsi kurs naik, belanja negara membengkak tahun depan

- Andi Narogong bayar uang pengganti 7 Sektor perkasa lambungkan IHSG

- Andi Narogong bayar uang pengganti Ketika limbah pabrik gula telan korban jiwa



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di