alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gaji Pilot dan Pramugari Lion Air JT 610 Cuma Rp 3,7 Juta?
2.57 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd97bd01a997545408b4573/gaji-pilot-dan-pramugari-lion-air-jt-610-cuma-rp-37-juta

Gaji Pilot dan Pramugari Lion Air JT 610 Cuma Rp 3,7 Juta?



Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Agus Susanto mengungkapkan, Lion Air telah menyerahkan data gaji pilot, kopilot, dan 6 awak pramugari pesawat nahas JT 610 yang terjatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (20/10) awal pekan ini.

Agus menuturkan, gaji Pilot Bhavye Suneja adalah Rp 3,7 juta per bulan. Sementara Kopilot Harvino bergaji Rp 20 juta per bulan.


Baca Juga : Tuti Dieksekusi Mati, DPR Minta Pengiriman TKI ke Arab Dievaluasi
Sementara keenam pramugari masing-masing menerima antara Rp 3,7 juta dan Rp 3,9 juta per bulan.

"(Gaji) sebesar Rp 3,7 juta pilot. Kopilotnya Rp 20 juta. Itu data yang sudah tercatat. Kemudian gaji pramugari sebesar Rp 3,6 juta, dan ada juga Rp 3,9 juta," ujar Agus di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (31/10/2018).

Agus mengatakan, gaji pilot, kopilot dan pramugari tersebut merupakan upah yang dilaporkan Lion Air kepada BPJS Ketenagakerjaan.

"Tentunya kami bertanya, kenapa sih, masak gajinya segitu. Padahal, gaji adalah dasar kami memberikan uang manfaat,” kata dia.

Baca Juga : 4 Tahun Jokowi-JK, Kementerian PPPA Bangun 389 Kota Layak Anak
Jika ditotal berdasarkan besaran gaji pilot ataupun pramugari Lion Air, premi asuransi ketenagakerjaan yang didapat sangat kecil, yakni sekitar Rp 177 juta.

"Sangat kecil premi yang akan kami bayarkan. Kenapa? karena upah yang dilaporkan ke kami kecil," tukasnya.

Agus menuturkan, praktik perusahaan memperkecil nilai gaji karyawannya untuk disetor ke BPJS Ketenagakerjaan adalah lumrah terjadi.

ADVERTISEMENT

Ia menuturkan, banyak perusahaan yang memainkan nominal gaji karyawan untuk dilaporkan ke BPJS, bertujuan untuk menekan beban keuangan perusahaan.

Baca Juga : Rezaldi Hehanusa Batal Operasi, Ini Penjelasan Persija
"Mungkin mereka (perusahaan) menganggap menjadi beban keuangan bagi perusahaan tersebut. Yang membayar premi kan perusahaan. Jadi perusahaan bayar preminya tiap bulan, kalau laporan gajinya besar, iuran bulanan juga besar ke BPJS,”jelasnya.

Lebih lanjut Agus menambahkan, pihaknya sudah meminta manajemen Lion Air untuk memperbaiki data perihal upah yang diterima setiap karyawan.

"Mereka (Lion Air) akan memenuhi, menyesuaikan secara bertahap. Jadi gajinya mungkin Rp 3 juta, kemudian Rp 5 juta, secara bertahap (diperbaiki). Tapi belum (selesai) proses penyesuaian sudah terjadi kecelakaan," tandasnya.

Jokowi Presidenku

Njirr serius GPnya cuma 3,7..lebih banyak gaji nasbung BP 4jt cuma modal ngetik ama ngejelekin rejim emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 6
nyimak dulu kali aja ramai.
gajih segitu gak bakal boleh beli rumah DP 0% ... sama anies sang gabener emoticon-Berduka (S)


zolim amat si anis emoticon-Mad (S)
Diubah oleh kasbos
Gaji Pokok kali. Bukan Take Home Pay. emoticon-Embarrassment
Gilaaaakkk,, gaji pilot aja segitu,,,, gimana biaya perawatan tuh pesawat???? emoticon-Mad


pantez aja Sering delayemoticon-fuck2
Balasan post galer2124
Quote:


Stiap gw liat tulisan delay kenapa slalu kebaca colay yak emoticon-Bingung
kok banyakan gaji kopilotnya yak?

emoticon-Embarrassment
per flight kan dapet lg cuk
ya gak mungkin lah emoticon-Big Grin
itu pilot WNA dan punya 6.000 flight hours

mungkin maksudnya $3.700 per bulan
sedangkan kopilotnya Rp 20 juta per bulan

kalau itu masih make sense


dan kalau pramugarinya, setau gw ada gaji pokok tapi kecil sekali .. tapi mereka dapat tambahan dari jam terbangnya. Dan kalau gak salah itu sudah dihitung sejak mereka stand by di airport. Apaalgi kalau mereka ngeround .. (gak tau istilah tepatnya) tapi jika mereka nginep diluar home basenya maka dapat tambahan lagi.

dll
Balasan post galer2124
Coba cek tanggalan,,, mungkin Karena efek tanggal tua,,, Jadi Pikiranya colay Terus ga kuat Sewa WTS emoticon-Cool
ente ts baca berita yg ente bawa ga?
kok malah nyinyirin ke yg lain.

Quote:
Quote:


kalah sama pramugari pilotnya..
ini ga salah tulis medianya ?
37jt kali..

tuh liat siapa bilang gaji wna lebih tinggi dari wni.. emoticon-Cool
Yg dilaporkan saja
Quote:


ini terjadi karena minimnya pengawasan
jika maskapai penerbangan terbesar di indonesia saja masih melakukan hal begini, miris sekali

tapi salah juga bahwa BPJS itu diharuskan
harusnya setiap perusahaan wajib punay asuransi yang mana aja, BPJS hanya sebagai otoritas dan oversight saja ..

sudah saatnya Kementrian Perhubungan membuat OTORITAS TRANSPORTASI yang mengawasi kinerja perusahaan2 transportasi secara rutin; sedangkan Kementrian perhubungan fokus pada pembuatan kebijakan. jadi setidaknya ada pembagian tugas antara pembuat kebijakan dan pengawas .
Mungkin blom ++ jam terbang
kok bisa gaji pilot di bawah kopilot.. emoticon-Bingung
Kok gaji pilot kecil banget dibanding copilot nya ? Belum dia WNA,$ 3700 kaleeee emoticon-Bingung
Bullshit emoticon-Mad
kecil amat, besaran gaji kopilot nya, ngawur nih beritanya kali😅
Rp.3,7 juta???? masih gedean sopir di kantor sebelah yg nyampe Rp.5,5 juta njing.....

37 juta kali bangcadddd.....

emoticon-Ngakak
kalah sama sopir angkot bray................emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di