alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Cara Mudah Ini Bisa Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Mental 
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd972a796bde68d758b457a/5-cara-mudah-ini-bisa-meningkatkan-dan-menjaga-kesehatan-mental

5 Cara Mudah Ini Bisa Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Mental 

5 Cara Mudah Ini Bisa Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Mental 

Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga sangat penting dalam berperan mempengaruhi cara seseorang berfikir, merasakan sesuatu, dan bertindak. Kesehatan mental mencakup kondisi kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial. Kesehatan mental juga membantumu menentukan bagaimana cara menangani stress, bersosialisasi dengan orang lain, dan membuat pilihan. 

Pentingnya kesehatan mental menjadi tantangan bagi kita untuk menjaga kesehatan tersebut dalam kondisi kehidupan zaman modern kini dengan tingginya tuntutan kebutuhan dan persaingan hidup. Tidak usah pusing, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan mentalmu. Yuk, simak!


1. Tertawalah sesering mungkin
5 Cara Mudah Ini Bisa Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Mental 
Mungkin tertawa menjadi suatu hal yang sulit ketika kamu dalam perasaan yang tidak baik atau depresi, tetapi penting bagi kamu untuk tertawa sesering mungkin karena setiap kali kamu tersenyum dan tertawa, otak kamu akan melepaskan dopamine. Dopamine adalah zat kimia yang menghasilkan perasaan bahagia, motivasi, dan rasa percaya diri. Ketika kamu beralih dari tersenyum ke tertawa, respon otak termasuk melepaskan nitrit oksida yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tertawa bahkan telah dijadikan suatu bentuk terapi baik untuk penyembuhan masalah kesehatan mental maupun mendukung terapi atau pengobatan masalah kesehatan fisik.


2. Bernyanyi
5 Cara Mudah Ini Bisa Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Mental 
Menyanyi ternyata memiliki banyak manfaat lho! Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Frankfurt, bernyanyi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian ini dilakukan dengan menguji darah anggota paduan suara profesional sebelum dan sesudah latihan selama satu jam. Hasil menunjukkan jumlah protein dalam sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai antibodi (dikenal sebagai Immunoglobulin A) secara signifikan lebih tinggi segera setelah latihan.

Sama halnya dengan tertawa, menyanyi juga merupakan anti-depresan alami. Dengan menyanyi, otak secara alami akan melepaskan endorfin, yaitu hormon yang membuatmu bahagia. Tidak hanya itu, dengan bernyayi maka kamu akan melepaskan ketegangan otot yang tersimpan dan menurunkan tingkat hormon stres yang disebut kortisol dalam aliran darah.


3. Menari
5 Cara Mudah Ini Bisa Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Mental 
Semua orang pasti tau bahwa menari merupakan cara yang menyenangkan untuk membakar kalori dan tetap sehat secara fisik. Ternyata gerakan fisik pada tarian juga dapat membantumu mengurangi stres, kecemasan dan depresi. Menari bersama-sama dengan orang lain juga membantumu merasa lebih terhubung dengan orang lain secara sosial.

Peneliti Swedia melakukan penelitian kepada 100 gadis remaja yang berjuang dengan masalah depresi dan kecemasan. Setengah dari para gadis menghadiri kelas tari mingguan, sementara setengah lainnya tidak. Hasil menunjukkan gadis-gadis yang mengambil kelas tari memiliki kesehatan mental yang meningkat dan melaporkan dorongan dalam suasana hati mereka. Efek positif ini bertahan hingga delapan bulan setelah kelas tari berakhir. Interaksi sosial ini ditengarai sebagai hal yang dapat meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental. Kamu tertarik mencoba?


4. Fokus untuk selalu bersyukur
5 Cara Mudah Ini Bisa Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Mental 
Semua agama di dunia menekankan pentingnya rasa syukur. Rasa syukur dapat mengurangi persaan emosi beracun, mulai dari iri hati dan dendam hingga frustrasi dan penyesalan. Robert Emmons, pakar ilmiah terkemuka di dunia tentang rasa syukur, telah melakukan banyak penelitian tentang hubungan antara rasa syukur dan kesejahteraan. Penelitiannya menegaskan bahwa rasa syukur secara efektif meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi depresi. Kamu bisa menuliskan rasa syukurmu pada secarik kertas dan meletakkannya dalam toples untuk dibaca saat kamu ada di masa-masa sulit kehidupan dan lihatlah dampak positifnya pada kesehatan mentalmu.


5. Berwisata ke alam terbuka
5 Cara Mudah Ini Bisa Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Mental 
Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat membantu masalah kesehatan mental termasuk kecemasan dan depresi. Sebuah penelitian oleh para peneliti di Stanford University menemukan bahwa berjalan di alam menurunkan risiko depresi. Orang-orang yang berjalan selama 90 menit di alam merasa kesehatan mental meningkat. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu, kamu tidak perlu pergi ke hutan atau gunung untuk mendapatkan manfaat dari alam. Kamu dapat berjalan melewati taman di sekitar tempat tinggalmu untuk memperbaiki suasana hati dan mengurangi kecemasan.

Mudah untuk dilakukan bukan?

Tidak hanya kesehatan fisik saja yang harus diperhatikan, mulai dari sekarang kamu juga harus memperhatikan kesehatan mentalmu ya. Jangan lupa bahagia!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Cara Mudah Ini Bisa Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Mental  Cek 8 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Mulai Sembuh dari Depresi

- 5 Cara Mudah Ini Bisa Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Mental  Tahu Gak 5 Kebiasaan Ini Malah Bikin Depresimu Tambah Parah

- 5 Cara Mudah Ini Bisa Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Mental  9 Lagu Kece Ini Akan Menyadarkanmu Pentingnya Kesehatan Mental



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di