alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
5 Langkah Dalam Membeli Mobil Bekas
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd97291ddd770f87b8b4569/5-langkah-dalam-membeli-mobil-bekas

5 Langkah Dalam Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas tidak boleh sembarangan. Jika salah memilih, bukannya dapat untung, malah rugi. Oleh karena itu, sangat penting bagi calon pembeli untuk meningkatkan wawasan tentang mobil sebelum memutuskan untuk memboyong kendaraan roda empat ini. Setidaknya, dengan cara ini, Sahabat bisa mendapatkan mobil yang kualitasnya tidak kalah jauh dari produk baru.


5 Langkah Dalam Membeli Mobil Bekas


Nah, jika Sahabat termasuk masih pemula di bidang otomotif, ada 5 tips sederhana yang bisa diterapkan ketika memilih mobil bekas.

Cari Mobil di Tempat Penjualan yang Tepercaya
Langkah pertama yang perlu Sahabat lakukan adalah mencari mobil bekas di lokasi penjualan yang dikenal memiliki reputasi bagus. Misalnya, di Garasi.id, tempat jual beli mobil bekas terbaik yang dilakukan secara online. 

Cek Rekam Jejak Servis
Apabila Sahabat tidak terlalu paham soal urusan teknis mobil, cobalah meminta data berupa buku servis mobil tersebut. Buku ini bisa menjadi bukti bahwa mobil tersebut memang telah menjalani perawatan yang baik sehingga kualitasnya dijamin masih tetap terjaga. Jika tidak ada, Sahabat sebaiknya berpikir ulang untuk membelinya karena risikonya cukup besar.
Informasi ini juga akan membuktikan apakah odometer (alat penunjuk jarak tempuh kendaraan) tetap dalam kondisi yang sebenarnya dan belum diputar. Bukan hanya itu, pada buku servis ini, semua hal terkait teknis kendaraan juga bisa dilacak.

Lihat Strukturnya
Tips penting selanjutnya adalah hindari membeli mobil yang telah mengalami kecelakaan atau banjir karena sangat menurunkan kualitas mobil. Untuk mengetahui kelemahan ini memang harus disertai dengan ketelitian dan tidak bisa dinilai secara sekilas. 
Caranya adalah dengan melihat struktur mobil. Misalnya, mobil sudah tidak presisi sehingga bisa miring ke kiri atau ke kanan. Kondisi ini sangat berbahaya seandainya kendaraan tersebut dipacu dengan kencang. 
Nah, untuk menghindari risiko keselamatan dan agar Sahabat dapat mengemudi dengan nyaman, perhatikan rangka dan perangkat vital lainnya dengan saksama. Jika terdapat jejak perbaikan, sebaiknya Sahabat waspada. Bagaimana pun, mobil yang strukturnya sudah rusak, kualitasnya tidak sama lagi seperti semula.

Ada Karat atau Tidak?
Karat adalah salah satu pertanda awal bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir. Untuk mengetahuinya, Sahabat dapat mengecek elemen besi yang bisa ditemukan pada kabin mobil. Misalnya, di bawah jok. Jika ada karat yang terlihat di bagian itu, bisa dipastikan bahwa mobil pernah terendam banjir.
Penjual mobil bekas mungkin akan mencoba membersihkan semuanya agar calon pembeli tidak tahu kondisi sebenarnya. Meskipun demikian, hal itu tidak akan sepenuhnya berhasil karena pada celah tertentu pasti masih ada karat yang tersisa. 
Perlu diketahui, mobil yang pernah kebanjiran akan mengalami kerusakan pada sistem kelistrikan, khususnya Engine Control Unit (ECU). Masalah ini baru akan terasa setelah mobil digunakan beberapa lama. Sayangnya, pada saat test drive, hal ini tidak bisa dideteksi.

Perhatikan Bodi Mobil
Agar cepat terjual, penjual biasanya juga mendandani bodi mobil. Namun, jangan mudah tergiur oleh tampilan yang menarik tersebut. Telitilah memperhatikan kualitas mobil. Misalnya, karet kaca yang retak berarti mobil akan rentan mengalami kebocoran jika dikendarai pada saat hujan. Apabila talang air di atas pintu dalam kondisi berkarat berarti mobil biasa diparkir di luar ruangan sehingga sering terkena hujan. 
Pastikan pula dashboard-nya masih rapi, kulit jok masih mulus, dan beberapa hal lainnya. Selain akan membuat Sahabat berkendara lebih nyaman, interior yang masih bagus menunjukkan bahwa mobil tersebut benar-benar dirawat oleh pemiliknya,tak terkecuali pada bagian mesin.

Sumber : Garasi.id 
Urutan Terlama
kalo odometernya digital apa masih bisa di akali tuh?
emoticon-thumbsup
Diubah oleh bunkie.junk
bener gan , nice thread ini di butuhkan sangat


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di