alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Wajib Coba! 6 Tips Selesaikan Tugas Kuliah Agar Minim Begadang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd960dbdc06bdf2278b4575/wajib-coba-6-tips-selesaikan-tugas-kuliah-agar-minim-begadang

Wajib Coba! 6 Tips Selesaikan Tugas Kuliah Agar Minim Begadang

Wajib Coba! 6 Tips Selesaikan Tugas Kuliah Agar Minim Begadang

Setiap mahasiswa maupun mahasiswi memang gak bisa jauh dari yang namanya tugas kuliah. Jumlah tugas pun akan semakin banyak seiring berjalannya waktu. Mungkin itulah yang kadang membuat para mahasiswa merasa terbebani dan akhirnya memilih untuk menunda mengerjakannya.

Padahal, menunda pekerjaan bisa menjadi salah satu penyebab utama kenapa banyak mahasiswa yang harus rela begadang demi mengerjakan tugas. Sadar atau gak, kebiasaan begadang justru bisa membuat kantung matamu menjadi hitam dan mirip seperti mata panda, bahkan juga bisa berakibat buruk pada kesehatanmu!

Nah, untuk mencegah itu, kali ini akan dijabarkan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menyelesaikan tugas kuliah dengan minim begadang. Simak, yuk!


1. Usahakan langsung mengerjakan tugas yang baru diberikan
Wajib Coba! 6 Tips Selesaikan Tugas Kuliah Agar Minim Begadang
Langsung mengerjakan tugas yang baru diberikan dosen itu sangat penting kamu lakukan agar kamu bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Memulai mengerjakan tugas bukan berarti kamu harus menyelesaikannya saat itu juga, kok! Justru kamu jadi punya jeda waktu lebih leluasa untuk mencari bahan materi yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya.

Dijamin deh, tugasmu akan lebih cepat selesai tanpa begadang kalau kamu mau mengerjakannya lebih awal.


2. Tentukan skala prioritas untuk masing-masing tugas
Wajib Coba! 6 Tips Selesaikan Tugas Kuliah Agar Minim Begadang
Setiap tugas yang diberikan dosen pastinya berbeda satu sama lain. Entah itu dalam hal deadline, tingkat kesulitan, maupun bobot penilaiannya.

Menentukan skala prioritas masing-masing tugas akan membantumu untuk dapat mengatur waktu dengan baik. Contohnya kamu bisa menetapkan tugas mana yang harus dikerjakan lebih dulu dengan melihat deadline yang terdekat.

Dengan begitu, kamu gak akan kehilangan waktu untuk mengerjakan tugas lain yang ternyata memiliki deadline yang masih lama. Kebiasaan begadang jadi bisa kamu kurangi dengan cara menyelesaikan tugas sesuai skala prioritas, kan?


3. Tetapkan tenggat waktumu sendiri
Wajib Coba! 6 Tips Selesaikan Tugas Kuliah Agar Minim Begadang
Menentukan tenggat waktu atau deadline untuk diri sendiri sebelum tenggat waktu yang sebenarnya dapat membantumu membentuk mindset baru agar dapat menyelesaikan tugas lebih cepat.

Meski dosenmu memberikan deadline yang panjang sekalipun, kamu tetap perlu memiliki deadline sendiri yang jauh dari waktu yang diberikan dosenmu itu. Hal ini tentunya akan mencegahmu menunda pekerjaan, kan?


4. Coba terapkan sistem mencicil tugas
Wajib Coba! 6 Tips Selesaikan Tugas Kuliah Agar Minim Begadang
Istilah "sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit" memang pas untuk sistem mencicil tugas yang satu ini. Kalau kamu punya tugas yang sulit dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya, kamu pasti merasa terbantu dengan sistem ini.

Kenapa? Karena kalau kamu memaksa menyelesaikannya semalam suntuk tentu akan sangat membosankan, dan bahkan bisa membuatmu menunda mengerjakannya. Kalau udah gitu, begadang bisa jadi pilihan terakhirmu karena merasa dikejar deadline, lho! Gak mau, kan?


5. Hindari hal-hal yang dapat mengganggumu mengerjakan tugas
Wajib Coba! 6 Tips Selesaikan Tugas Kuliah Agar Minim Begadang
Melakukan hal-hal yang gak penting sama aja dengan menyia-nyiakan waktumu, kan? Hal ini juga berlaku dalam hal mengerjakan tugas kuliah.

Waktu mengerjakan tugas tentu harus kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Salah satu caranya adalah dengan menyingkirkan hal-hal yang sekiranya bisa mengganggu konsentrasimu, atau malah membuatmu jadi malas mengerjakannya.

Kalau kamu merasa berada di dekat handphone bisa menganggumu, kamu bisa menjauhkannya sejenak saat mengerjakan tugas. Hal ini juga berlaku untuk hal-hal lain yang mungkin bisa menghambatmu menyelesaikan tugas, ya!


6. Kalahkan rasa malasmu!
Wajib Coba! 6 Tips Selesaikan Tugas Kuliah Agar Minim Begadang
Tips yang satu ini juga gak kalah penting dari yang sebelumnya. Semua tips di atas hanya dapat kamu lakukan dengan mudah kalau kamu mau mengalahkan rasa malas.

Mengalahkan rasa malas itu sangat penting karena dapat membantumu keluar dari kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.

Sadar atau gak, rasa malas inilah yang mungkin menjadi biang keladi atas kebiasaanmu begadang karena membiarkan tugasmu terbengkalai, lho! So, saatnya lawan rasa malasmu, ya!

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menyelesaikan tugas kuliahmu agar minim begadang. Tujuan yang paling utamanya adalah agar kamu mampu mengatur waktu dengan baik dan mencegah kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Selamat mencoba!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/educat...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Wajib Coba! 6 Tips Selesaikan Tugas Kuliah Agar Minim Begadang 9 Alasan yang Bikin Kamu Urung Berkuliah di Luar Negeri Kenapa Ya

- Wajib Coba! 6 Tips Selesaikan Tugas Kuliah Agar Minim Begadang Ingat Hindari 5 Kesalahan Besar Ini Jika Kamu Kuliah di Luar Negeri

- Wajib Coba! 6 Tips Selesaikan Tugas Kuliah Agar Minim Begadang 6 Perbedaan Sistem Seleksi Masuk Universitas di Amerika dan di Inggris

Simpel aja seh Gan... Tinggal dicicil tapi rutin kan...


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di