alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Yuk Ikut, Gratis Jelajah Alam dan Jambore Konservasi di TWA Gunung Tunak Lombok
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd95dda1cbfaaca2c8b456a/yuk-ikut-gratis-jelajah-alam-dan-jambore-konservasi-di-twa-gunung-tunak-lombok

Yuk Ikut, Gratis Jelajah Alam dan Jambore Konservasi di TWA Gunung Tunak Lombok

Yuk Ikut, Gratis Jelajah Alam dan Jambore Konservasi di TWA Gunung Tunak Lombok

MATARAM - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar kegiatan Jelajah Alam dan Jambore Konservasi di kawasa Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak, Lombok Tengah, 10 - 11 November 2018 mendatang.

"Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya konservasi, dan juga untuk mempromosikan TWA Gunung Tunak ini sebagai destinasi wisata alam di Lombok," kata Koordinator Kegiatan, Lalu Wira Gangga, Rabu (31/10), saat dihubungi dari Mataram.

Gangga yang juga bertugas di Unit BKSDA TWA Gunung Tunak ini menjelaskan, selain untuk upaya sosialisasi pentingnya konservasi, kegiatan Jelajah Alam dan Jambore Konservasi juga dilakukan sebagai upaya BKSDA mendukung semangat Lombok Bangkit pasca bencana gempa bumi.

Gangga memaparkan, pelajar dan mahasiswa, kelompok pecinta alam, maupun masyarakat umum bisa mengikuti kegiatan ini tanpa dipungut biaya, alias gratis.

BKSDA bahkan menyediakan tenda, baju konservasi, dan souvenir lainnya.

Rangkaian Jelajah Alam dan Jambore Konservasi juga akan diisi dengan kegiatan talkshow tentang pentingnya konservasi, pelatihan singkat fotografi menggunakan ponsel dengan thema konservasi, serta tips dan trik memanfaatkan media sosial secara positif untuk konservasi.

"Kami harap ada banyak masyarakatm terutama generasi muda kita yang bisa terlibat kegiatan ini nantinya," kata Gangga.

Hingga Rabu (31/10), papar dia, sudah ada 10 grup atau tim yang mendaftar untuk ikut dalam kegiaitan tersebut, dengan jumlah personil mencapai 100 orang lebih.

BKSDA NTB memiliki kuota maksimal hingga 200 orang, yang akan ditanggung fasilitas tenda dan lain sebagainya. Jadi, masih banyak kesempatan untuk ikut kegiatan ini.

Gangga menambahkan, dalam kegiatan ini ada tiga jalur yang bisa menjadi pilihan para peserta, yakni jalur Pantai Teluk Ujung, Pantai Sari Goal, dan Pantai Bile Sayak.

Sementara di dalam kawasan juga tersedia Sanctuary atau penangkaran Rusa, dan penangkaran Kupu-Kupu, yang bisa dinikmati pengunjung.

Sekilas Tentang TWA Gunung Tunak

Humas BKSDA NTB, Ivan Juhandara menjelaskan, TWA Gunung Tunak yang ditetapkan dengan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor SK. 2899/Menhut-VII/KUH/2014 tanggal 16 April 2014 dengan luas 1.219,97 Ha, merupakan salah satu dari sepuluh TWA daratan yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB.

Lokasi TWA Gunung Tunak berada di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, bisa dicapai dengan mengendarai mobil dalam waktu sekitar satu jam dari bandara Lombok Internasional Airport (LIA) ke arah jalan raya Kuta Mandalika

"TWA Gunung Tunak memiliki potensi yang 
sangat menarik untuk dikunjungi sebagai wahana wisata maupun pendidikan," katanya.

Potensi itu antara lain pantai pasir putih yang masih alami, pengamatan satwa, terutama kupu-kupu, burung gosong yang sudah langka, rusa timor, serta jungle tracking.

Hutan di TWA Gunung Tunak sebagian besar merupakan hutan sekunder yang berada pada ketinggian 0 — 105 mdpl.

Saat ini fasilitas pendukung pariwisata di TWA Gunung Tunak sudah tersedia. Fasilitas yang didukung kerjasama pemerintah Korea Selatan itu antara lain sarana akomodasi berupa guest house, restaurant, dan juga ketersediaan toilet.

Menurutnya, saat ini di Gunung Tunak sudah ada kelompok masyarakat yang sudah dilatih mengelola paket wisata.

TWA Gunung Tunak bisa menjadi salah satu destinasi wisata andalan Lombok Tengah dan NTB secara umum.

Terletak cukup dekat dengan kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, Gunung Tunak bisa menjadi alternatif objek kunjungan bagi para wisatawan di sana.

Yuk ikut gan ...
Sumber : KATAKNEWS.com
url : http://www.kataknews.com/2018/10/dukung-lombok-bangkit-bksda-gelar.html
dapet asuransi jiwa gak bray ?
yg syari yah emoticon-thumbsup
Diubah oleh kasbos
jalan kaki ya bray??
wah pasti capek ini.
Balasan post kasbos
Insya Allah aman gan.. cukup jaminan kesehatan dan keselamatan aja .. emoticon-Cendol Gan
Balasan post masmomon
Jalan bre... biar sehat biar kuat..
Tp alamnya indah brey, dijamin capeknya cepat ilang heheheemoticon-Wagelaseh


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di