alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Ilmu Marketing /
Tips dan Cara Melakukan Influencer Marketing secara Terencana
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd95a02d44f9f250c8b4569/tips-dan-cara-melakukan-influencer-marketing-secara-terencana

Tips dan Cara Melakukan Influencer Marketing yang Efektif

Saat ini strategi pemasaran dengan influencer atau yang lebih dikenal dengan sebutan influencer marketing semakin marak dan memainkan peranan penting bagi perusahaan dalam mempromosikan produknya. Namun banyak yang masih ragu dengan berbagai pertanyaan, tak terkecuali para pengiklan yang tak tahu bagaimana memulai dan mempersiapkan kegiatan promosinya. Nah, disini saya bagikan beberapa langkah dan tips sukses influencer marketing, semoga berguna ya guys!

Pertama-tama, pastikan target. Meskipun sekarang banyak bahan ajar ataupun referensi terkait marketing di dunia maya, pertama kali yang harus anda lakukan untuk memulai kegiatan promosi adalah memastikan target yang ingin dicapai. Target promosi anda boleh kecil, misalnya produk anda ditargetkan mencapai eksposur tertentu, ataupun mencoba tantangan yang lebih tinggi misalnya menargetkan jumlah download atau pengguna, dan lainnya. Anda harus menentukan arah promosi anda secara keseluruhan, seperti mendapatkan pengguna baru dan tingkat eksposur, meningkatkan popularitas produk anda, dan lainnya. Memastikan target promosi menjadi bagian yang sangat krusial, target yang ditentukan layaknya nyata untuk dicapai, dan dapat dikuantifikasi.

Langkah kedua, juga merupakan langkah yang sangat penting yaitu pastikan komunitas pasar anda. Produk anda diharapkan menjangkau komunitas pasar seperti apa? Menentukan lingkup ini akan sangat membantu anda untuk mencari influencer yang cocok, misalnya anda hendak mempromosikan produk aplikasi pembersihan ponsel, komunitas pasar anda yang utama adalah kaum pengguna gadget yang memasang kriteria tinggi untuk kelancaran memori HP. Oleh karena itu, anda perlu mencari influencer dari berbagai media sosial yang memiliki audiens dari komunitas pencinta gadget. Setelah memastikan dan mengkategorikan komunitas pasar, langkah promosi selanjutnya akan semakin mulus.

Langkah selanjutnya adalah mencari influencer yang cocok. Langkah ini sering kali manjadi kendala para pelaku marketing dimana sulit untuk menemukan top influencer yang cocok dan berkualitas. Saat ini sudah tersedia beberapa influencer platform yang dapat membantu anda menyelesaikan masalah ini, seperti Noxinfluencer, merupakan salah satu influencer platform terbaik yang memungkinkan pengiklan untuk menghubungi para influencer yang berpotensi. Memanfaatkan media platform ini, dapat menghemat waktu anda untuk mencari influencer. Melalui setingan lingkup pencarian, area, jenis kelamin, usia, bahasa, jaringan media sosial dan tema, anda dapat mencari influencer sesuai kriteria anda, selain itu juga dapat memfilter karakteristik komunitas audiens melalui platform ini. Untuk promosi produk anda, apakah influencer dengan subscriber atau follower terbanyak menjadi pilihan paling ideal? Mungkin saja iya ataupun tidak, tergantung target promosi yang anda tentukan sebelumnya. Ingatlah sebelum memilih influencer, yang perlu dipertimbangkan tidak hanya jumlah subscriber.

Langkah keempat, yaitu membuat konten dan pelaksanaan. Setelah mendiskusikan perihal kerjasama dengan influencer, anda jangan tinggal diam menunggu hasil saja. Sekarang saatnya anda menyampaikan regulasi kerjasama yang perlu disepakati ataupun mengikuti proses perkembangan pembuatan video promosi anda. Namun anda tidak disarankan untuk terlalu banyak menginterupsi di dalamnya, karena influencer pastinya memahami konten video, komentar, ataupun share yang diminati para audiensnya. Oleh karena itu berilah keleluasaan berkreasi untuk influencer anda, dengan demikian peluang iklan anda memperoleh hasil yang maksimal akan semakin besar.

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah evaluasi data. Ini merupakan langkah yang sangat penting dalam kegiatan promosi. Langkah ini menampilkan respon balik investasi anda. Target final promosi adalah mendapatkan pengguna, menaikkan tingkat eksposur produk. Ada banyak cara untuk mencapai target ini. Beberapa dimensi yang perlu diperhatikan untuk memonitor efek promosi produk anda antara lain jumlah viewer video promosi anda, jumlah download, dan korelasinya dengan jumlah follower atau subscriber jejaring media sosial dan tingkat interaksinya, dan lainnya. Ini merupakan faktor-faktor penting dalam melakukan promosi suatu merk. Selain itu ingat pula, efek promosi influencer tak dapat terlihat dalam sekejap mata, ini mengharuskan anda untuk terus memperhatikan pergerakan data sekalipun kegiatan promosi telah berakhir.
Diubah oleh macchakitkat


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di