alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Kementerian PANRB Lakukan Studi Kelayakan Dua Polda Naik Tipe A
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd959f4947868ca788b457f/kementerian-panrb-lakukan-studi-kelayakan-dua-polda-naik-tipe-a

Kementerian PANRB Lakukan Studi Kelayakan Dua Polda Naik Tipe A

Kementerian PANRB Lakukan Studi Kelayakan Dua Polda Naik Tipe A

JPP, YOGYAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melakukan studi kelayakan peningkatan tipelogi pada dua Kepolisian Daerah (Polda), yakni Polda DI Yogyakarta (DIY) dan Polda Banten. 

Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Rini Widyantini menjelaskan, kegiatan studi kelayakan peningkatan tipelogi Polda tersebut dilakukan untuk melihat dan mengevaluasi kesiapan dan kondisi secara langsung seluruh jajaran Polda Banten dan DIY dalam menghadapi berbagai ancaman dan tantangan tugas ke depan yang semakin berat dan kompleks.

“Dalam rangka me-review kapasitas organisasi, Kapolri pada tanggal 30 Agustus 2018 yang lalu telah mengajukan usulan kepada kami untuk peningkatan tipelogi Polda DIY bersama-sama dengan Polda Banten, Polda Bengkulu, dan Polda Sulawesi Tengah untuk ditingkatkan menjadi Polda Tipe A Bintang Dua,” ujarnya saat studi kelayakan ke Mapolda DIY, Selasa (30/10/2018).

Menurutnya, peningkatan tipelogi tersebut diusulkan dengan pertimbangan adanya peningkatan beban kerja, penguatan kapasitas organisasi, dan peningkatan dukungan sumber daya dan personel. 

Disebutkan, untuk meningkatkan tipelogi suatu Polda terdapat beberapa indikator penilaian yang menjadi dasar pertimbangan bagi pihaknya dalam menyetujui peningkatan tersebut.

Rini menjelaskan jika poin terpenting yang perlu mendapat perhatian serius dari Polda yang ingin meningkatkan tipeloginya ialah pada sektor perbaikan tata kelola dan penerapan transparansi serta akuntabilitas. 

"Penerapan transparansi dan akuntabilitas tersebut dinilai dari capaian keberhasilan unit kerja dalam mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM)," imbuhnya.

Selain itu, peningkatan tipe Polda juga ditentukan melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektornik (SPBE), indeks pelayanan, dan perbaikan tata kelola. Di era perkembangan teknologi informasi, pemerintah dituntut mengembangkan sistem e-Government atau SPBE dalam melakukan penyelenggaraan pemerintahan. 

Oleh karena itu, pemerintah beserta jajaran instansinya harus mulai mengubah paradigma pelayanan publik yang konservatif menuju kepada paradigma pelayanan publik berbasis elektronik dalam rangka percepatan dan transparansi pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk itu, Polda selaku instansi pelayanan juga diharapkan mulai meningkatkan kualitas pelayanan yang didukung dengan penerapan sistem pelayanan berbasis elektronik,” tutur Rini.

Menurutnya, tingkat keberhasilan penerapan SPBE ini ke depan akan menjadi salah satu indikator dalam menentukan prestasi dan kinerja Polda yang kemudian dijadikan sebagai bahan penilaian dalam meningkatkan tipe Polda tersebut. 

"Semakin tinggi indeks SPBE, maka semakin besar pula peluang Polda tersebut mendapat reward berupa kenaikan tipe," imbuhnya.

Lebih lanjut Rini mengatakan peningkatan tipe Polda tidaklah dimaknai sebagai peningkatan kepangkatan saja, namun dimaknai juga sebagai wujud reward atas perbaikan kinerja dan kualitas pelayanan. 

"Oleh karena itu, tipe Polda 'tidak tetap' tetapi dapat 'berubah naik dan turun' sebagai konsekuensi logis dari hasil evaluasi terhadap tingkat kinerja dan kualitas pelayanan publik," tandasnya. 

Sebelumnya, Senin (29/10/2018), Kementerian PANRB juga melakukan studi kelayakan Polda Banten yang diusulkan naik dari tipe B menjadi tipe A. (prb)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/pemerinta...da-naik-tipe-a

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Kementerian PANRB Lakukan Studi Kelayakan Dua Polda Naik Tipe A Terima Delegasi Uni Eropa, Menteri Basuki Bahas Peluang Kerja Sama Pengelolaan Sampah

- Kementerian PANRB Lakukan Studi Kelayakan Dua Polda Naik Tipe A Hasil Penjualan ORI015 Capai Rp23,3 Triliun

- Kementerian PANRB Lakukan Studi Kelayakan Dua Polda Naik Tipe A Kenakan Batik Ikan, Menteri Susi Buka Our Ocean Conference di Bali



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di