alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Indonesia-Norwegia Perkuat Kemitraan di Berbagai Bidang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd95514de2cf2237c8b456b/indonesia-norwegia-perkuat-kemitraan-di-berbagai-bidang

Indonesia-Norwegia Perkuat Kemitraan di Berbagai Bidang

Indonesia-Norwegia Perkuat Kemitraan di Berbagai Bidang

JPP, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi menerima kunjungan kerja Menlu Norwegia Ine Eriksen Søreide, di Bali, Minggu (28/10/2018), seperti disampaikan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (30/10/2018). 

Menlu Søreide berkunjung ke Indonesia untuk melaksanakan Pertemuan Ke-4 Komisi Bersama Kerja Sama Bilateral RI-Norwegia (4th Joint Commission for Bilateral Cooperation/JCBC), sekaligus bersama Menlu Retno membuka Pertemuan ke-13 Dialog HAM RI-Norwegia (13th Human Rights Dialogue).

Dalam Pertemuan JCBC RI-Norwegia keempat ini, kedua pihak telah memberikan agenda pembahasan peningkatan kerja sama bilateral prioritas di bidang lingkungan hidup, kehutanan (termasuk program kemitraan REDD+), kelautan dan perikanan (termasuk pemberantasan IUU Fishing dan pembangunan ekonomi maritim yang berkelanjutan), dan perdagangan dan investasi (termasuk penyelesaian perundingan Indonesia-EFTA CEPA).

“Indonesia dan Norwegia memiliki hubungan kemitraan bilateral yang solid. Kita memiliki hubungan kuat dalam berbagai bidang, seperti lingkungan, kehutanan dan perubahan ikilim, energi terbarukan, dan hak asasi manusia (HAM)," kata Menlu Retno.

Pada akhir pertemuan juga telah ditandatangani Joint Statement on Partnership Initiative for Institutional Development of Indonesia's South-South and Triangular Cooperation (SSTC) Indonesia-Norway. 

Dalam hal ini, Indonesia dan Norwegia sepakat berkomitmen untuk mengembangkan program kerja sama selatan-selatan dan triangular (KSST) dengan program kerja sama yang akan berlangsung hingga tahun 2019

Di hari yang sama, secara paralel juga dilaksanakan Pertemuan ke-13 Dialog HAM RI-Norwegia. Pertemuan tersebut merupakan forum rutin kedua negara bertukar pandangan dalam upaya pemajuan dan perlindungan HAM di masing-masing negara. 

Sejumlah topik bersama yang menjadi agenda pembahasan termasuk hak anak, militer dan polisi, demokrasi, dan toleransi beragama.

Pertemuan Dialog HAM RI-Norwegia merupakan forum bilateral yang terbentuk sejak tahun 2002. Sementara, Pertemuan JCBC merupakan forum pertemuan tingkat Menlu yang dilaksanakan berdasarkan MoU on the Establishment of JCBC yang ditandatangani pada tahun 2013. (kln)


Sumber : https://jpp.go.id/peristiwa/internas...erbagai-bidang

---

Kumpulan Berita Terkait PERISTIWA :

- Indonesia-Norwegia Perkuat Kemitraan di Berbagai Bidang Upaya Tingkatkan Ekspor, Kemendag Jalin Kerja Sama dengan Peritel asing

- Indonesia-Norwegia Perkuat Kemitraan di Berbagai Bidang Empat Tahun Jokowi-JK, Kerja Bersama Bangun Ekosistem Meningkatkan Kinerja Layanan Kominfo

- Indonesia-Norwegia Perkuat Kemitraan di Berbagai Bidang Kementerian PUPR Akan Sertifikasi 12 Ribu Tenaga Kerja Konstruksi

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di