alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Konflik Antar Suku Pecah di Morowali
2 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd9392aa09a39bd3f8b4567/konflik-antar-suku-pecah-di-morowali

Konflik Antar Suku Pecah di Morowali

Ribuan Warga Bahodopi Mengungsi

Konflik antar suku terjadi di Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Sabtu (27 Oktober 2018). Masyarakat saling menyerang menggunakan berbagai jenis senjata tajam, seperti parang, batu, dan tongkat.



Sebuah media online lokal menyiarkan akibat konflik itu sedikitnya tiga orang dilarikan ke rumah sakit. Selain itu, ribuan warga dilaporkan telah mengungsi dari rumah tinggalnya.

“Ribuan warga Bohodopi yang memilih mengungsi meninggalkan wilayah ini karena daerah ini dianggap mencekam untuk sementara waktu,” demikian Radarinvestigasi.com, Sabtu malam.

Penelusuran SultraKini.com, Minggu (28 Oktober 2018) dinihari menemukan video konflik Bohodopi tersebut beredar melalui jejaring sosial.

Dalam video berdurasi 4,26 menit terlihat konsentrasi massa dari dua arah. Aparat kepolisian dan TNI berupaya menenangkan massa.

Pada video lain dengan durasi 31 detik, tampak warga sudah saling serang. Di antara mereka memegang parang panjang sambil memungut batu lalu melemparkan ke arah lawan.

Terdengar sejumlah bunyi tembakan. Namun tidak menyurutkan nyali warga untuk saling serang.

Informasi dihimpun menyebutkan, pemicu konflik berawal dari perkelahian pengunjung salah satu kafe remang-remang, tiga hari sebelumnya.

Saat itu datang camat setempat. Namun kedatangannya bukannya mendinginkan suasana, melainkan menambah panas situasi akibat mengeluarkan kata-kata yang menyinggung perasaan salah satu kelompok suku di sana.

Pertikaian di kafe itu sempat didamaikan. Sang camat juga telah meminta maaf. Persoalan dianggap selesai pada malam hari itu.

Tetapi rupanya sekelompok warga pendukung camat tidak terima jika camat mereka harus meminta maaf pada suku yang diduga telah dihina sebelumnya.

Paginya, mereka mendatangi sekretariat paguyuban suku yang diduga telah dihina oleh camat itu. Juga mendatangi salah satu rumah makan khas milik suku pendatang tersebut.

Di sana mereka mangejar setiap orang yang ada di sekretariat maupun rumah makan dengan menggunakan parang, balok, maupun batu.

Saksi mata, Rustam (38), kepada media menjelaskan, berselang setengah jam setelah pengejaran di sekretariat paguyuban, kembali terjadi aksi balasan yang dipimpin langsung oleh ketua kerukunan.

Akibatnya, terjadilah kerusuhan yang mencekam itu.

Sejauh ini belum ada keterangaan resmi dari aparat keamanan setempat mengenai situasi dan kondisi terakhir di Bahodopi.

Bahodopi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Morowali yang dimekarkan tahun 2010 dari kecamatan induk Bungku Selatan.

https://sultrakini.com/berita/123932
Thread sudah digembok
Basi emoticon-Traveller
Quote:
laskar siap bikin kompor sara disonoh emoticon-Ultah
Wah mulai luntur nilai persatuan akibat pemimpin yg mengkotak kotakan masyarakatnya
karena ketololan orang dikafe remang remang efeknya jd perang suku
emoticon-Ngakak
Banser mana banser


Konflik Antar Suku Pecah di Morowali
Diubah oleh asengnguik22r
Kearifan lokal...


emoticon-2 Jempol
udah damai...
konflik orang mabuk cuma karena di provokatorin
Saat itu datang camat setempat. Namun kedatangannya bukannya mendinginkan suasana, melainkan menambah panas situasi akibat mengeluarkan kata-kata yang menyinggung perasaan salah satu kelompok suku di sana.


Mantulemoticon-Leh Uga
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di