alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Esemka Diluncurkan Oktober Pakar Otomotif Bingung : Ini Pabrik Websitenya Kok Gak Ada
2.6 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd9365912e257fe6d8b4567/esemka-diluncurkan-oktober-pakar-otomotif-bingung--ini-pabrik-websitenya-kok-gak-ada

Esemka Diluncurkan Oktober Pakar Otomotif Bingung : Ini Pabrik Websitenya Kok Gak Ada

TRIBUNNEWSBOGOR.COM --  Mobil esemka yang akan diluncurkan pada Oktober 2018 ini menjadi bahan perbincangan dan menuai perhatian dari pemerhati otomotif.

"Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran," kata Ma'ruf Amin, cawapres nomor urut 01 ketika mengumumkan kabar soal peluncuran mobil esemka.

Pakar otomotif Ridwan Hanif pun berbicara mengenai keganjilan-keganjilan terkait peluncuran mobil esemka.

Ridwan Hanif juga memberikan penjelasan menganai proses bagaimana sebuah mobil diproduksi hingga kemudian siap dipasarkan.

Berdasarkan berita sebelumnya, dikabarkan ada 8 jenis mobil esemka yang akan diluncurkan, menurut kepal Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB).

Kepada kompas.com, sudah ada 8 unit mobil esemka yang sudah lulus uji Vehicle Type Approval (VTA) online.

Namun berdasarkan data yang diberikan, dari 8 unit tersebut tidak semuanya mendapat Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Direktorat Sarana Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan pada 2018.

SUT ini diperlukan agar mobil-mobil ini bisa diproduksi secara massal.

Dari ke 8 jenis mobil esemka ini beberapa diantaranya sudah diluluskan pada tahun 2016 lalu.

Ridwan Hanif mengakui kalau melihat foto-foto mobil esemka memang terlihat bagus.

Akan tetapi, terlalu cepatnya mobil esemka ini menuai perhatian Ridwan Hanif.

Menurutnya untuk satu mobil pabrikan Jepang saja butuh waktu sekira 7 hingga 8 tahun.

"Biasanya mobil dirancang dari nol sampai jadi itu 7 hingga 8 tahun," tutur Ridwan Hanif seperti dilansir TribunnewsBogor.com dari laman Youtube Talkshow TVOne, Selasa (23/10/2018).

Jika mobil tersebut benar diluncurkan pada tahun 2018, maka risetnya tentu sudah berlangsung jauh-jauh hari.

"Kalau mobil meluncur di tahun 2018, maka risetnya itu udah dari lama banget dari 5 tahun lalu atau 7 tahun lalu," tambahnya.

Ridwan Hanif lantas menyebutkan untuk membuat satu buah mobil, perlu adanya riset.

Tak hanya itu, masing-masing komponen mobil akan diproduksi berbeda-beda.

"Proses risetnya, proses pemilihan kontraktornya, karena mobil itu gak dibuat satu pabrik doang, yang buat spionnya siapa, yang buat kursinya siapa, gak mungkin satu pabrik doang," tuturnya.

Saya punya yang punya temen, yang punya pabrik buat spion untuk sebuah mobil. Saya pikir spion utuh, tapi ternyata beda. kacanya yang bikin pabrik lain, kaca yang bisa gerak-gerak itu juga dibikin pabrik lain," tuturnya.

Proses yang disebutkan Ridwan Hanif mengenai masalah tersebut tentu membutuhkan waktu yang lama.

Ridwan Hanif lantas menceritakan ada salah satu pabrik yang bisa mempercepat proses pembuatan hingga peluncuran mobil.

"Pabrik itu luasnya 60 hektar, 30 hektarnya untuk pabrik utama, dan 30 hektar lainnya untuk supplier atau pemasok. Jadi biar prosesnya cepat, pemasok itu dikasih temnpat sendiri. Pemasok ini akan memasok kebutuhan-kebutuhan barang utama untuk membuat mobil," tambahnya

Lebih lanjut, Ridwan Hanif pun mengungkapkan keganjilannya lagi.

Pasalnya dari alamat pabrik, susunan mulai dari direktur ini tak bisa terlacak.

"Ini kan pabrik, harusnya ada public relationnya, tapi websitenya gak ada. Direkturnya pun gak tahu, kita mau cari narasumber pun agak bingung," tutur Ridwan

Bahkan Ridwan Hanif sudah pernah mencoba mencari tahu, tatpi tetap tidak menemukannya.

"Makanya bingung kok bisa masuk BPLJ?" tanya Ridwan Hanif heran.

Saya harap pihak esemka ini nonton ini, lalu nanti diklarifikasi," tutur Ridwan Hanif.

Pasalnya kabar ini mencuat justru dari pernyataan kementerian perhubungan RI.

"Ini saya direkturnya, ini saya PR -nya, jika nanti ada pertanyaan soal esemka tahu koridornya kemana," tambahnya.

Justru yang harus memberikan pernyataan ini adalah pihak esemka sendiri, bukan kementerian perhubungan, presiden, dan juga para politisi.

Wartawan lapangan TVOne juga sempat mengunjungi pabrik pembuatan mobil esemka, yakni PT Adiperkasa Citra Esemka Hero yang berada di Cileungsi, Bogor.

Akan tetapi ketika akan masuk ke dalam halaman dalam pabrik, petugas justru melarangnya.

Menurut pantauan wartawan tersebut, dari depan sela-sela pagar pabrik, tidak ada kegiatan industri otomotif.

Bahkan kendaraan truk lalu lalang bawa bahan material pun tidak nampak.

Tak hanya itu, tidak ada aktivitas karyawan yang melakukan pembuatan mobil. (*)

http://bogor.tribunnews.com/2018/10/23/mobil-esemka-diluncurkan-oktober-pakar-otomotif-bingung-ini-pabrik-websitenya-kok-gak-ada?page=4

Keren ya
Halaman 1 dari 2
Sultan
Diubah oleh nastak2200kv
keliatannya maksa banget





















emoticon-Cool
harus indent 3 bulan bray

emoticon-I Love Indonesia



mau beli mobilnya ato mau liat websitenya
emoticon-Cool
#golongankami
nastak lg sibuk coli trit banci, ra ngurus esemka !
tinggal bikin 2 minggu jadi
kok hebohin sendiri sih ..... ah kampretoz emoticon-Ngakak
gampanglah itu...
2 minggu juga kelar bikin website
Quote:
Quote:

Esemka Diluncurkan Oktober Pakar Otomotif Bingung : Ini Pabrik Websitenya Kok Gak Ada
kampretoz mau inden esemka ya?
Balasan post 5.november
Quote:


berarti si mas didit dong
emoticon-Betty
Ane nunggu esempe aja di luncurin emoticon-Malu
memang janggal...tahu2 mau brojol aja...
Gak usah lewat website.. Jual aja lewat grup fb jual beli barang murah emoticon-Ngakak
apa lagi yg mau dibantah

Ridwan Hanif ni bukan Nastak atau Nasbung.
mobil ghoib nasional
indent 5 tahun + periode selanjutnya

ada yg berani ngeles?
pasti pun yg nyinyir makin nambah


yihhaaaaaa
Esemka Diluncurkan Oktober Pakar Otomotif Bingung : Ini Pabrik Websitenya Kok Gak Ada
esemka baru bisa dilihat jika sudah baca doa dulu .... semuanya .... alfateka
tunggu tanggal maennya emoticon-Ngakak
ada websitenya kok, di dark web
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di