alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
11 Ciri-Ciri Asam Urat Pada Sendi Kaki
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd929a2a09a39e7078b4567/11-ciri-ciri-asam-urat-pada-sendi-kaki

11 Ciri-Ciri Asam Urat Pada Sendi Kaki

Apa Saja Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat Pada Sendi Kaki ?


Supaya kita lebih memahami dan lebih tahui mengenai penyakit asam urat, maka simak informasi kesehatan berikut ini. Karena kami akan membahas beberapa ciri-ciri dari asam pada sendi kaki, diantaranya :

1. Pembengkakan

Area jempol kaki merupakan daerah yang banyak menyimpan kelebihan asam urat yang menumpuk. Hal inilah yang dapat membuat tubuh bereaksi dan terjadi peradangan, sehingga mengakibatkan jempol pada kaki membengkak. Biasanya pembengkakan dapat meluas hingga ke betis dan lutut, dan tidak jarang juga bagi penderitanya ketika disentuh akan terasa nyeri.

2. Kemerahan

Selain pembengkakan, area persendian yang terkena penyakit asam urat ini biasanya akan ditandai juga dengan warna kemerahan pada bagian tersebut. Bagi para penderita asam urat akut pada bagian kaki, daerah yang mengalami nyeri, bengkak, dan kemerahan biasanya terjadi pada telapak kaki dan jempol.

Supaya menghilangkan kemerahan ini yang disebabkan oleh penyakit asam urat adalah dengan meluangkan waktu untuk pemulihan dengan beristirahat, sambil mengompres bagian kaki yang sakit dengan air es. Serta jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi, sekaligus dapat membantu mencairkan konsentrasi asam urat dan membersihkannya dari tubuh.

3. Serangan Nyeri Mendadak

Apabila terkena penyakit asam urat, biasanya penderita seringkali mengalami serangan nyeri yang datang secara tiba-tiba dengan rasa sakit yang luar biasa. Hal ini sering terjadi pada bagian telapak kaki, jari-jari kaki, hingga pada bagian betis. Kondisi ini membuat penderitanya seketika sulit untuk menggerakan kaki untuk berjalan dan berdiri.

Solusi untuk mengobati hal yang seperti ini hanya ada satu cara. Yakni dengan mengkonsumsi obat ampuh untuk mengatasi penyakit asam urat hingga ke akar-akarnya dan tidak akan kambuh lagi. Serta lakukan istirahat dan dibarengi dengan mengkompres dengan air dingin agar menurunkan pembengkakan.

4. Sakit Pada Bagian Jempol

Rasa sakit biasanya pada jempol kaki merupakan ciri dari penyakit asam urat pada kaki yang paling menonjol dirasakan oleh penderitanya. Biasanya sakit ini akan hilang dalam beberapa jam atau hari.

Tingginya suatu kadar asam urat pada tubuh menciptakan zat kimia hasil pemecahan purin pada makanan tertentu seperti jeroan, bir, ikan asin, dan lainnya.

Bagi orang yang sehat, asam urat akan larut di dalam darah, berjalan ke ginjal, dan dikeluarkan oleh tubuh melalui urine. Akan tetapi, jika seseorang menghasilkan terlalu banyak asam urat, maka tubuh akan kesulitan untuk menghilangkannya, sehingga asa yang berlebihan tadi tetap berada di dalam darah dan menyebabkan hiperurisemia.

5. Nyeri Tekan Berkelanjutan

Terasa sakit pada awal kemunculannya, namun penderita kemungkinan besar akan mengalami nyeri tekan yang berkenlanjutan pada sendi kaki jempol, dimana biasanya asam urat menumpuk. Gejala yang terjadi biasanya akan terjadi selama berminggu-minggu dan membuat penderitanya bersusah payah untuk sekedar berdiri apalagi berjalan.

6. Terasa Nyeri Di Malam Hari

Secara umum, penyakit asam urat ini dapat menyerang pada waktu malam hari yang tidak diduga kedatanganya. Mungkin saja terjadi pada saat anda tidur nyenyak, tiba-tiba anda harus bangun pada pagi harinya dan merasakan kesakitan pada bagian kaki, sehingga kesulitan untuk bangun dari tempat tidur.

7. Sendi Mengalami Kesemutan

Anda dipastikan akan mengalami kesemutan di bagian sendi pada kaki. Hal ini dikarenakan kadar asam urat di dalam aliran darah sudah sangat tinggi. Biasanya kesemutan pun dapat disebabkan karena kondisi asam urat semakin parah.

8. Sendi Pada Kaki Terasa Kaku

Kemungkinan besar anda tidak akan bisa menggerakan kaki dengan normal. Apabila sudah merasakan gejala yang satu ini, anda diperlukan mengontrol kadar asam urat yang masuk ke dalam tubuh. Terjadinya rasa kaku pada kaki ini tidak boleh dianggap remeh oleh anda. Segera obati dan cegah apabila mengalaminya.

9. Kaki Terasa Terbakar

Penyakit asam urat yang terjadi pada sendi kaki biasanya akan terasa sangat panas seperti terbakar. Hal ini didasari karena kadar asam urat sudah sangat tinggi dalam darah. Biasanya yang paling pertama untuk diserang adalah bagian jempol kaki lalu sedikit demi sedikit menyebar ke seluruh bagian kaki.

10. Demam

Penyakit asam urat pada awalnya kemungkinan hanya mempengaruhi satu sendi seperti jari kaki. Akan tetapi dapat juga menyebar ke beberapa area di seluruh tubuh. Penyebaran seperti ini ke beberapa area pada tubuh, disebut dengan polyarticular gout, karena sifat inflamasi dari kondisi tersebut.

11. Kulit Terkelupas

Efek samping dari adanya pembengkakan yang diakibatkan oleh asam urat adalah kerusakan yang terjadi pada jaringan dan kulit di sekitar area yang terkena. Pembengkakan dan peradangan yang terjadi akibat akumulasi asam urat dapat menyebabkan kulit kering, gatal, iritasi, dan terkelupas.

Di dalam kasus yang lebih ekstrem, apabila penyakit asam urat tidak segera diobati dan dicegah, dan pembengkakan menjadi berlebihan, maka akan terjadi pendarahan di area yang terkena. Jika kondisi seperti ini sampai terjadi, penting bagi anda untuk menjaga kebersihan daerah yang terkena dari infeksi. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah membersihkan dengan menggunakan antiseptik dan membalutnya dengan perban.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di