alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
5 Hal yang Harus Anda Lakukan Agar Hidup Produktif
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd928ec14088dfe188b4567/5-hal-yang-harus-anda-lakukan-agar-hidup-produktif

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Agar Hidup Produktif

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Agar Hidup Produktif — Sibuk dengan produktif merupakan dua hal yang berbeda. Orang sibuk cenderung memiliki banyak aktivitas yang menyibukkan hingga terkadang tidak fokus dengan apa yang ia kerjakan dan melupakan tujuan mereka mengerjakan hal tersebut. Sedangkan, orang produktif adalah mereka yang melakukan sebuah kegiatan tertentu dengan sebuah tujuan pasti dan tentu terdapat hasilnya.


Banyak orang berpikir, mereka yang paling sibuk adalah yang paling produktif, padahal belum tentu. Sebaliknya, ada orang yang hanya mengerjakan sebuah aktivtas dengan waktu yang singkat, namun membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Inilah yang disebut dengan produktivitas.


Nah, bagaimana cara menjadi orang produktif? Berikut kami sebutkan beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar hidup produktif.
5 Hal yang Harus Anda Lakukan Agar Hidup Produktif

Berhenti Menghabiskan Waktumu Hanya untuk Bekerja Lembur

“The key to success is not working hard. It’s working smart.”

Terdapat perbedaan yang mencolok antara orang sibuk dengan orang yang produktif. Mereka yang sibuk tidak selalu produktif. Namun, mereka yang produktif sudah pasti memiliki kesibukan. Menjadi seorang yang hidup produktif adalah tentang memanajemen waktu dan mengelola energi Anda dengan baik. Nah, dari sini belajarlah menemukan cara bagaimana bekerja dengan tenaga atau energi yang kecil/sedikit, namun membuahkan hasil yang maksimal.


Mereka yang bekerja selama 7 hari berturut-turut dibandingkan dengan yang hanya bekerja 5 hari dalam seminggu, belum tentu menghasilkan sebuah karya yang memiliki nilai yang sama.


Pada tahun 1926, Henry Ford, seorang pengusaha dari Amerika sekaligus pendiri dari Ford Motor Company, melakukan percobaan pada para karyawannya sendiri.


Ia mulai menurunkan jam kerja harian yang semula 10 menjadi hanya 8 jam perhari dan juga mempersingkat hari kerja karyawannya, dari 6 menjadi 5 hari setiap minggu. Sebuah hasil yang tak diduga pun ia dapatkan. Ia melihat peningkatan produktivitas pada para karyawannya.


Selain itu, seperti yang dikutip dari laporan The Business Roundtable tahun 1980 berjudul “Scheduled Overtime Effect on Construction Projects” menyatakan bahwa semakin banyak Anda bekerja, maka akan semakin berkurang keproduktivitasan Anda.

Jangan Terlalu Sering Mengatakan “Ya”

Seperti yang dikatakan oleh Warren Buffet, “The difference between successful people and very successful people is that very successful people say “no” to almost everything.”


Banyak dari kita terkadang hanya mengatakan ‘ya’ saat rekan kerja meminta tolong untuk membantu pekerjaannya, sekali pun pekerjaan itu di luar dari job desc kita. Salah satu alasannya karena perasaan bersalah atau tidak enak hati.


Ada baiknya, mulai sekarang Anda mengetahui kapan saja waktu Anda harus mengatakan “ya” dan kapan Anda harus mengatakan “tidak” pada aktivitas yang dapat membuat Anda menjadi tidak produktif. Pertimbangkan setiap hal yang akan Anda lakukan, apakah termasuk hal yang produktif atau justru malah hal yang sia-sia dan terkesan membuang waktu?

Berhenti Menjadi Perfeksionis

Berhentilah menjadi seorang yang perfeksionis. Dr. Simon Sherry, seorang professor psikologi dari Universitas Dalhousie yang telah melakukan studi tentang perfeksionisme dan produktivitas, mengatakan bahwa terdapat kolerasi yang kuat antara seorang yang perfeksionis dengan tingkat produktivitasnya. Dr. Simon menjelaskan, bahwa semakin perfeksionis seseorang maka semakin menurun pula kinerjanya.


Berikut adalah beberapa masalah yang sering kita temui terkait dengan perfeksionisme:

Terlalu fokus pada hal-hal kecil
Menghabiskan banyak waktu hanya untuk menyelesaikan satu tugas
Terlalu lama menunda atau menunggu waktu yang tepat. Dalam dunia bisnis terdapat istilah, jika itu waktu yang tepat, maka Anda terlambat.

Lalu kapan waktu yang tepat? SEKARANG!

Fokus Pada Tujuan

Selain itu untuk hidup produktif, Anda juga perlu memfokuskan diri pada tujuan dari setiap pekerjaan yang Anda lakukan. Fokus yang tinggi akan membantu Anda dalam berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan. Semakin fokus, maka semakin produktif pula Anda nantinya.

Luangkan Waktu untuk Bersenang-senang atau Beristirahat

Untuk hidup produktif juga memerlukan hiburan, lho! Meskipun diharuskan untuk fokus, namun jangan sampai melupakan kebutuhan Anda yang lain, seperti istirahat dan menghibur diri. Orang yang terlalu fokus hingga melupakan hal-hal lain di sekitarnya, ibarat seorang yang mengunci dirinya dalam sebuah kotak yang dapat menjadi . Maka dari itu, sangat penting untuk keluar sesekali dari kotak tersebut dan bersenang-senang atau beristirahat dengan cukup.


Nah itulah tadi, beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar menjadi seorang yang produktif. Penting untuk memahami bahwa hidup produktif tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu semalam. Seperti apapun yang terjadi di dalam hidup, hal itu membutuhkan usaha dan latihan berulang.


Perubahan tidak akan terjadi jika Anda hanya duduk dan menunggunya. Sebaliknya, luangkan waktu untuk mengenal diri Anda lebih dalam dan temukan cara yang tepat untuk mengoptimalkan energi serta waktu agar Anda dapat hidup produktif.

Ditulis oleh:
Yanuar Ami Samudra

A man who see things differently

Sumber

#2019GantiGayaHidup #ubahcarapandang #gayahidupproduktif, Agent Of Change

Jangan ngaskus di jam kerja.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di