alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Taufik jadi tersangka, Amien Rais tak digubris
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd90ca998e31b58238b4572/taufik-jadi-tersangka-amien-rais-tak-digubris

Taufik jadi tersangka, Amien Rais tak digubris

Taufik jadi tersangka, Amien Rais tak digubris
Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan (tengah) usai diperiksa KPK, Rabu (5/9/2018). KPK menetapkan Taufik sebagai tersangka dalam kasus suap dana alokasi khusus untuk Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan sebagai tersangka dalam kasus suap Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Politisi PAN itu menyandang gelar tersangka setelah tiga hari dilarang ke luar negeri.

KPK menilai, Taufik menerima sekitar Rp3,65 miliar karena membantu Bupati nonaktif Kebumen Yahya Fuad, dalam pengurusan DAK Kabupaten Kebumen itu. "TK yang merupakan wakil ketua DPR diduga menerima hadiah atau janji," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam jumpa pers, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/10/2018) seperti dikutip dari CNN Indonesia.

KPK menduga, suap itu adalah bagian dari imbalan 5 persen buat Taufik karena mengurus DAK tambahan bagi Kabupaten Kebumen pada APBN 2016 sebesar Rp93,37 miliar. Dalam penyerahan uang, mereka menggunakan sandi '1 ton' untuk uang sejumlah Rp1 miliar.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menjelaskan, uang yang sudah dipindahtangankan itu diduga diserahkan di kamar hotel khusus yang dilengkapi pintu penghubung atau connecting door. Fasilitas ini memungkinkan dua kamar hotel terhubung tanpa ketahuan dari luar. Fasilitas itu tidak tersedia di semua hotel. KPK menduga pihak Yahya menyerahkan uang tersebut di sejumlah hotel di Semarang dan Yogyakarta.

Namun belum semua uang yang dijanjikan berhasil diserahkan kepada pihak Taufik."Rencana penyerahan ketiga gagal dilakukan karena pihak terkait saat itu kena OTT KPK," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di kantornya di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Taufik dijerat Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Taufik menyatakan, sudah tahu tentang statusnya dan akan kooperatif. "Atas keputusan KPK tersebut saya sangat menghormatinya dan akan mengikuti proses hukum tersebut secara baik dan tertib karena saat ini sedang dalam proses penyidikan di KPK," kata Taufik, Selasa (30/10/2018) seperti dipetik dari detikcom.

Selain Taufik, KPK juga menyematkan status tersangka kepada Ketua DPRD Kebumen Cipto Waluyo. "Diduga CW selaku Ketua DPRD Kabupaten Kebumen periode 2014-2019 menerima sekurang-kurangnya Rp50 juta," ujar Basaria.

KPK menduga, uang itu adalah uang aspirasi alias uang ketuk. Jika uang itu tidak diberikan, DPRD akan mempersulit pembahasan APBD Kebumen.

Cipto disangkakan melanggar pasal 12 huruf a atau pasal 12 hurut b atau pasal 11 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana.

Gertakan Amien Rais tak digubris

Penetapan tersangka kepada Taufik ini menunjukkan tekanan Amien Rais tak berpengaruh pada proses hukum. Amien, dua hari lalu mendatangi KPK. Ia mempertanyakan pencegahan Taufik ke luar negeri.

Tapi, kedatangan Amien ke kantor KPK tak ada yang menggubris. "Sama sekali kita tidak, tidak, dan, tidak akan terpengaruh dari mana pun termasuk penyidik dalam hal ini untuk menetapkan atau mengembangkan penyidikan yang dilakukan oleh KPK. Itu saya jamin pasti 100 persen," ucap Basaria.

Penetapan tersangka ini terang mencoreng PAN dan membuat berang Amien Rais, pendiri PAN. Sebab, Bupati Kebumen nonaktif Yahya Fuad yang sudah dihukum adalah kepala daerah jagoan PAN. Yahya sudah divonis empat tahun dan dicabut hak politiknya. Taufik, kemungkinan juga bisa menemui nasib serupa, masuk bui dan tak boleh berpolitik. Dalam kasus korupsi di Jambi, kader PAN di legislatif dan eksekutif juga rontok karena korupsi.

Dalam catatan detikcom, Taufik menjadi anggota DPR keempat tahun ini yang menyandang 'rompi oranye'. Tiga lainnya yang sudah menjadi tersangka adalah Fayakhun Andriadi, Amin Santono, dan Eni Maulani Saragih. Jika ditotal sejak KPK berdiri, Taufik menjadi anggota DPR ke 75 yang menjadi tersangka KPK.
Taufik jadi tersangka, Amien Rais tak digubris


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...s-tak-digubris

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Taufik jadi tersangka, Amien Rais tak digubris Kemenhub inspeksi ulang Boeing 737 Max 8 milik Lion dan Garuda

- Taufik jadi tersangka, Amien Rais tak digubris Zumi Zola jadi gubernur Jambi karena kemauan ayah

- Taufik jadi tersangka, Amien Rais tak digubris Anomali rekam jejak penerbangan Lion Air B38M PK-LQP

Oleh karena hukuman terhadap perbuatan jahat tidak segera dilaksanakan, maka hati manusia penuh niat untuk berbuat jahat.  emoticon-No Hope

Unknown
ini emang sudah waktu nya penetapan tersangka,
atau malah dipercepat gegara kedatangan mbah Amin kemaren ..? emoticon-Bingung (S)
Balasan post bhethoro.kolo
Quote:


dipercepat karena eyang cimeng raib koar2 mau buka kasus2 korupsi tapi ga ada tindakan nyata cuma lips service doang pas dipanggil ke polda
kader suci lho pdhl kt mbah amien emoticon-Embarrassment
Amien Rais kuwi sopo...???
kemakan omongannya sendiri

Taufik jadi tersangka, Amien Rais tak digubris
partai allah kok kadernya kek giniemoticon-Wakaka


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di