alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
4 Hoaks Lion Air JT 610 yang Menghebohkan Medsos
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd90c7d582b2e1b538b4575/4-hoaks-lion-air-jt-610-yang-menghebohkan-medsos

4 Hoaks Lion Air JT 610 yang Menghebohkan Medsos

4 Hoaks Lion Air JT 610 yang Menghebohkan Medsos

Jakarta, IDN Times - Tragedi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin lalu (29/10), memunculkan berbagai informasi hoaks atau berita bohong, khususnya di media sosial. 

Setidaknya dari akun Twitter Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, @Sutopo_PN, ada lebih dari tiga hoaks paling menghebohkan yang sempat beredar di media sosial pasca-jatuhnya pesawat rute Jakarta-Pangkalpinang yang mengangkut 189 orang itu. Apa saja hoaks itu?


1. Video dalam kabin pesawat
4 Hoaks Lion Air JT 610 yang Menghebohkan Medsos
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter-nya, mengunggah video hoaks detik-detik jelang pesawat Lion Air JT 610. 

Setelah ditelusuri, menurut Sutopo, video ini merupakan video dalam kabin saat penerbangan Lion Air JT 353 mengalami turbulensi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Video ini BUKAN penumpang pesawat Lion Air JT 610. Tetapi ini penumpang pesawat Lion Air JT 353 Padang-Jakarta yang turbulensi dan semua penumpang selamat beberapa waktu yang lalu. Tidak ada video/foto kondisi penumpang sebelum JT 610 jatuh. Jangan ikut menyebarkan hoax," kicau Sutopo dalam akun Twitternya, Senin (29/10).


2. Foto dalam kabin
4 Hoaks Lion Air JT 610 yang Menghebohkan Medsos
Melalui akun Twitternya, Sutopo juga meluruskan terkait beredarnya dua foto hoaks, yang seolah-olah korban Lion Air JT 610. Sutopo menyebutkan dua foto ini merupakan penumpang dari penerbangan Sriwijaya beberapa waktu yang lalu. Semua penumpang dan pesawat selamat sampai tujuan.

"Dua foto ini bukan penumpang pesawat JT 610. Jika anda menerima foto berikut dan mengatakan ini kondisi penumpang Lion Air sebelum jatuh. Itu semua bohong. Hoax. Foto ini kondisi penumpang pesawat Sriwijaya saat turbulensi beberapa waktu lalu. Semua penumpang dan pesawat selamat," tulis Sutopo.


3. Foto bayi selamat
4 Hoaks Lion Air JT 610 yang Menghebohkan Medsos
Selain itu, Sutopo juga mengunggah sekaligus menjelaskan tentang foto evakuasi bayi yang selamat dan sempat beredar di media sosial. Menurut dia, foto ini merupakan foto bayi selamat dari tenggelamnya KM Lestari Maju di Perairan Selayar pada Selasa (3/7) lalu.

"Banyak postingan foto di media sosial bahwa ada bayi penumpang pesawat JT-610 yang selamat. Foto bayi ini adalah bayi yang selamat dari tenggelamnya kapal KM Lestari Maju, di Perairan Selayar, pada Selasa 3/7/2018. Jadi info tersebut adalah Hoax. Jangan menyebarkan hoax," kicau dia.


4. Foto bagian badan kapal
4 Hoaks Lion Air JT 610 yang Menghebohkan Medsos
Tak hanya itu, Sutopo juga menjelaskan foto badan pesawat yang juga beredar di media sosial yang mengatasnamakan badan dari Lion Air JT 610. Kenyataannya, menurut dia, foto tersebut adalah badan pesawat Lion Air JT 904  yang mengalami kecelekaan Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada 13 April 2013.

"Di sosial media beredar foto ini yang menyebutkan sebagai pesawat Lion Air JT-610. Info itu tidak benar. Itu Hoax. Foto ini adalah bangkai pesawat Lion Air JT-904 yang mengalami musibah di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada 13/4/2013. Jangan menyebarkan hoax."

Semoga tidak ada hoaks-hoaks berikutnya di tengah duka Lion Air JT 610, ya guys.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 4 Hoaks Lion Air JT 610 yang Menghebohkan Medsos Benarkah Lion Air JT 610 Mengalami Masalah Teknis Sejak dari Denpasar

- 4 Hoaks Lion Air JT 610 yang Menghebohkan Medsos Airnav Beberkan Keanehan Pada Pesawat Lion Air JT 610

- 4 Hoaks Lion Air JT 610 yang Menghebohkan Medsos Kementerian Perhubungan Akan Inspeksi Pesawat pesawat Lion Air



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di