alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Pemerintah Menguatkan Riset Penanggulangan Bencana
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd900f914088de4338b456c/pemerintah-menguatkan-riset-penanggulangan-bencana

Pemerintah Menguatkan Riset Penanggulangan Bencana

Pemerintah Menguatkan Riset Penanggulangan Bencana

JPP JAKARTA - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyebutkan pihaknya saat ini akan memperkuat riset mengenai kebencanaan.

"Kami akan mengembangkan penelitian mengenai kebencanaan," ujar Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Hal itu, menurut Menteri Nasir, dikarenakan banyaknya bencana yang terjadi di Tanah Air, sementara riset mengenai kebencanaan sangat sedikit. Salah satu hasil riset kebencanaan yang berhasil diterapkan yakni Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk penanggulangan bencana asap dan banjir di Sumatra Selatan dan sekitarnya.

Melalui TMC tersebut, katanya, bisa dilakukan hujan buatan untuk mengatasi bencana asap dan juga mencegah terjadinya hujan.

"Kalau di daerah banjir, bagaimana hujan yang belum terjadi bisa dijatuhkan dulu di daerah lain."

Saat ini, kata dia, pihaknya hanya mempunyai dua unit pesawat untuk hujan buatan. Padahal idealnya membutuhkan sedikitnya 10 unit.

Pihak Kemenristekdikti juga menurunkan kapal riset Baruna Jaya I untuk ikut serta dalam pencarian kotak hitam pesawat Lion Air JT610 di perairan Karawang. Kapal tersebut dilengkapi dengan peralatan canggih berupa sonar untuk menemukan lokasi kotak hitam pesawat tersebut.

"Kapal tersebut juga dilibatkan dalam pencarian korban kapal tenggelam di Danau Toba," kata Menristekdikti.

Sebelumnya, kapal tersebut pernah terlibat membantu menemukan kotak hitam pesawat Air Asia QZ 8501 yang jatuh di Selat Karimata pada tahun 2014.

Kemenristekdikti juga bekerja sama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan penelitian mengenai gempa."Jadi kita bisa mengetahui potensi gempa yang ada," kata Nasir.(ant/ris)

 


Sumber : https://jpp.go.id/teknologi/iptek/32...langan-bencana

---

Kumpulan Berita Terkait TEKNOLOGI :

- Pemerintah Menguatkan Riset Penanggulangan Bencana BNPB: Tak Ada WN Belanda yang Meninggal di Sulteng

- Pemerintah Menguatkan Riset Penanggulangan Bencana Sekolah Diharapkan Berperan Aktif Susun Perencanaan Mitigasi Bencana

- Pemerintah Menguatkan Riset Penanggulangan Bencana Orientasi Kampus pada Bidang Akademik, Menristekdikti: Belum pada Peningkatan Kompetensi Lulusan



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di