alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
[COC] Wangi & Ampuh Usir Nyamuk, Begini Cara Menanam Bunga Lavender #AslinyaLo
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd89de512e2575f178b4567/coc-wangi-amp-ampuh-usir-nyamuk-begini-cara-menanam-bunga-lavender-aslinyalo

[COC] Wangi & Ampuh Usir Nyamuk, Begini Cara Menanam Bunga Lavender #AslinyaLo

[COC] Wangi & Ampuh Usir Nyamuk, Begini Cara Menanam Bunga Lavender #AslinyaLo

[COC] Wangi & Ampuh Usir Nyamuk, Begini Cara Menanam Bunga Lavender #AslinyaLo


Ada yang tau di atas gambar apa? emoticon-Ngakak

Jaman esde ni obat ganteng nomor wahid nih. Liat aja hasil perbuatannya di bawahnya emoticon-Ngakak

Tapi yang gue maksud bukan lavender itu. Tapi lavender ini loh...

[COC] Wangi & Ampuh Usir Nyamuk, Begini Cara Menanam Bunga Lavender #AslinyaLo


Yang suka warna ungu atau purple harusnya suka nih dengan bunga ini, karena berwarna ungu nan cantik. Khasiatnya apalagi yang paling kesohor sih bisa mengusir nyamuk dengan aroma wanginya. Kalau ada bunga lavender dan nyamuk gak pergi, mungkin tu nyamuk idungnya mampet karena flu. Lu getok aja pake potnya. Kalau mau cara alus bikin ramuan bunga lavender dan kasih dia minum 3x sehari. Ah, jadi ngaco dah gue sorry________

[COC] Wangi & Ampuh Usir Nyamuk, Begini Cara Menanam Bunga Lavender #AslinyaLo


Lavender, atau Lavendel (yang lidahnya cadel lebih mudah menyebutnya dengan nama ini), atau Lavandula adalah bunga yang berasal dari suku Lamiceae. Tumbuhan ini berasal dari Laut Tengah Afrika hingga ke timur India.

Ada berbagai variant bunga lavender. Sekitar 25 - 30 jenis. Nah yang paling terkenal memang yang bunganya berwarna ungu. Padahal variant lain ada juga yang berwarna kuning, biru, ungu kehitaman, dan ada juga yang ungu kekuningan.

Lavender merupakan tanaman mediterania yang dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan asupan sinar surya yang cukup. Setidaknya 8 jam dalam sehari.

Oh ya, gak cuma bisa mengusir nyamuk, lavender juga punya manfaat yang lain di antaranya: mengendalikan mood, mengatasi insomnia, sakit perut karena iritasi, mengatasi rambut rontok, antibakteri atau antivirus (saingan Kaspersky kah?), relaksasi otot, dll.

[COC] Wangi & Ampuh Usir Nyamuk, Begini Cara Menanam Bunga Lavender #AslinyaLo


#WADAH


- Siapkan pot atau polybag, lubangi bagian bawahnya.
- Pelapis bawah pot yang bolong sebagai gantinya adalah styrofoam dengan ketebalan 5 cm dan diameter sesuai dengan wadahnya.
Styrofoam ini penting untuk menunjang tumbuhnya bibit bunga lavender. Styrofoam yang kaku dan kering ini berfungsi untuk penyerap lembab. Sebab lavender tidak suka dengan tanah yang lembab.
- Tanah gembur.
- Pupuk kompos.
- Pasir dan batu kerikil.
- Cetok

[COC] Wangi & Ampuh Usir Nyamuk, Begini Cara Menanam Bunga Lavender #AslinyaLo


#BIBIT


- Belilah bibit bunga lavender di... tukang bibit. Cukup jelas ya kenapa emoticon-Big Grin
- Carilah bibit yang berkualitas bagus. Bersih, tidak berkutu apalagi berketombe (apa sih!), juga tidak bersemut.
- Cek tanggal kadaluarsanya. Cari yang tanggal expire-nya paling lama.
- Campurkan tanah, pupuk kompos, dan pasir ke dalam wadah. Perbandingannya 1:1:1. Lalu masukkan ke dalam wadah.
- Masukkan bibit ke wadahnya. 1 wadah untuk 1 bibit saja.
- Tutup dengan tanah dan padatkan.
- Siram dengan air secukupnya saja.
- Letakkan di tempat terbuka dengan cahaya matahari yang cukup. Tapi sebaiknya di pinggir tembok untuk melindungi dari angin.

[COC] Wangi & Ampuh Usir Nyamuk, Begini Cara Menanam Bunga Lavender #AslinyaLo


#PINDAHAN


- Setelah satu bulan, kira-kira tingginya 15 cm, pindahkan bunga lavender ke lahan permanen terbuka dengan sinar matahari yang cukup.
- Satu jam sebelum dipindah, siramlah secukupnya agar akar tetap mengandung air. Tapi jangan terlalu basah.
- Pilihlah tanah yang punya daya serap baik. Bukan yang lembab. pH tanah yang baik bunga lavender adalah 6.7 - 7.3.
- Robek polybag, atau belah pot dengan hati-hati.
- Media tanam masih menempel pada akar lalu tanam ke area yang sudah dipersiapkan.
- Padatkan dengan tanah. Posisi tanaman tegak lurus.
- Siram secukupnya.

[COC] Wangi & Ampuh Usir Nyamuk, Begini Cara Menanam Bunga Lavender #AslinyaLo


#PEMELIHARAAN


- Siramlah tanaman secara berkala namun secukupnya saja. Semakin tua lavender malah tidak terlalu membutuhkan pasokan air.
- Cabang-cabang yang tidak rapi bisa dipangkas. Hal ini juga untuk membantu pertumbuhan tunas baru.
- Untuk pupuk, disarankan hanya menggunakan pupuk organik. Bukan pupuk kimia.
- Buanglah gulma atau tanaman pengganggu lainnya.

[COC] Wangi & Ampuh Usir Nyamuk, Begini Cara Menanam Bunga Lavender #AslinyaLo


#PANEN


- Untuk memanen bunga lavender, gunakanlah gunting potong atau pisau.
- Genggam tangkai yang berbunga, potong pangkal batang yang dekat dengan daun.
- Pisahkan bunga lavender dengan tangkainya dengan cara dipotong.
- Ikat bunga tsb menjadi satu.

[COC] Wangi & Ampuh Usir Nyamuk, Begini Cara Menanam Bunga Lavender #AslinyaLo


Selamat mencoba ya...

Source Gambar: Google Image
Diubah oleh eghy
Spoiler for Nitip:
Aduh etah minyak rambut andalan zaman baheula..


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di