alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dari Rawon hingga wajik , makanan zaman kerajaan yang masih eksis sampai sekarang
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd883e71a9975bf378b4577/dari-rawon-hingga-wajik--makanan-zaman-kerajaan-yang-masih-eksis-sampai-sekarang

Dari Rawon hingga wajik , makanan zaman kerajaan yang masih eksis sampai sekarang

Liputan6.com, Jakarta
19 Oktober 2018

b:gallery-image-1005496Rawon

Tak hanya memiliki keindahan alamnya yang memesona, Indonesia masa lalu memiliki banyak kerajaan. Mulai zaman kerajaan Hindu-Budha hingga kerajaan Islam.

Setiap kerajaan tentu memiliki makanan tersendiri.
Makanan hal penting bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Seperti dilansir ullensentalu.com , Kamis (18/10/2018), berikut sejumlah makanan yang pernah ada sejak zaman kerajaan, bahkan hingga saat ini.

Rawon
Hidangan olahan irisan daging ini bercirikan genangan kuah cokelat gelap menjurus hitam. Keberadaan rawon sudah disebutkan dalam kitab Bomakawya yang berasal dari zaman Kerajaan Kediri.

Dendeng
Makanan berupa daging yang dikeringkan dan dibumbui sehingga membentuk lembaran-lembaran tipis ini turut disebutkan dalam Prasasti Taji yang berangka tahun 901 Masehi dari era Kerajaan Medang.

Tape Ketan
Ramayana versi saduran Jawa yang diperkirakan berasal dari pertengahan abad IX atau awal abad X Masehi sudah menyebutkan tentang keberadaan tape ketan.

Agar-Agar
Smaradahana, kitab sastra bergenre kakimpoi dari zaman Kerajaan Kediri di abad XII Masehi mencatat keberadaan penganan yang diidentifikasi sebagai agar-agar.

Dawet
Minuman segar dan manis dari hasil perpaduan air gula merah, santan kelapa, dan butiran-butiran kenyal berbahan tepung beras yang dinamakan cendol ini rupanya telah ada zaman Kerajaan Kediri, sekitar abad XII Masehi. Hal ini tercatat dalam kitab Kresnayana yang berkisah tentang percintaan Krisna dan Rukmini.

Wajik
Jajanan manis berbahan dasar ketan yang dimasak bersama cairan gula merah sehingga berwarna kecokelatan ini telah tercatat keberadaannya dalam kitab Nawa Ruci yang berasal dari zaman Kerajaan Majapahit, sekitar abad XIV Masehi.

RAWON

nasbung udah pernah icip icip makanan2 ini belom ??

emoticon-Kiss
Trit makanan Dari Rawon hingga wajik , makanan zaman kerajaan yang masih eksis sampai sekarang
Diubah oleh trimusketeers
Arem-arem, putu ayu dan jamu kebanggaan princis kaga masup bre?
tempe setipis atm ato seukuran hengpong gk ada ya? emoticon-Bingung
gak pake foto ya hambar cuk
Hari ini ada demo besar di jakarta dan ts bikin trit makanan- goblok
Tuak?
budaya lokal itu penuh syirik
nasbung demennya kencing onta

emoticon-Ngakak
mulusnya mana
sempak geprek ada ngga
Diubah oleh l4d13put
Balasan post antiketek
Quote:


quote of the day emoticon-Leh Uga
Balasan post l4d13put
Quote:


sempak muter monas belum ada
wajik tuh enak, masaknya campuri tuak dikit jd enak bgt emoticon-Nyepi
Balasan post titoa.ja
Quote:


Setuju
emoticon-2 Jempol
sosis babi jaman majapahit sdh ada, kok nggak ditulis bre
bentar lagi bakalan nongol orang yang ngomong kalo tape itu asli menlen namanya tai pei yang dibawa pedagang ke nusantaraemoticon-Nohope


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di