alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Ketika Smartphone Sudah Jadi Kebutuhan Primer, Sikap Kita?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd8815496bde6646d8b4578/ketika-smartphone-sudah-jadi-kebutuhan-primer-sikap-kita

Ketika Smartphone Sudah Jadi Kebutuhan Primer, Sikap Kita?

Ketika Smartphone Sudah Jadi Kebutuhan Primer, Sikap Kita?

"Jangan sampai kita dikendalikan oleh handphone (gawai)", sebuah ungkapan yang mudah diucapkan, tetapi sangat sulit diterapkan. Mengapa? Karena generasi yang disebut milenial ini tidak lepas dari yang namanya handphone, bahkan sebagian menilai kebutuhan memakai handphone tidak bisa dipisahkan dalam kehidupannya. 

Benarkah seperti itu? Hal wajar memang saat ini handphone sangat mempengaruhi kehidupan kita, namun dapat pula berdampak buruk pada kehidupan terutama kepada anak kita yang belum dapat mengontrol dirinya sendiri.

Kita ambil contoh pasangan suami istri muda yang baru saja mempunyai anak usia 3 sampai 6 tahun saat ini, apakah bisa, tidak memberikan handphone pada anaknya? Rasanya jika ada, berarti mereka orang tua yang luar biasa. Banyak faktor yang menyebabkan orang tua memberikan mainan handphone kepada anaknya sehingga anak sulit dipisahkan dengan kebiasaan ini. Akan tetapi, setidaknya ada tiga alasan umum kenapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana cara menyikapinya?.


1. Orangtua yang sering memegang (kecanduan) dengan handphone
Ketika Smartphone Sudah Jadi Kebutuhan Primer, Sikap Kita?
Di saat orangtua sering memegang handphone, maka anak akan melihatnya dan menirunya, ia mulai mencoba (pencet-pencet) sampai anak menjadi suka dengan mainan barunya itu dan jika sudah berlanjut jangan harap dapat dengan mudah anak dipisahkan dari hal itu.


2. Kesibukan kedua orangtua dalam bekerja
Ketika Smartphone Sudah Jadi Kebutuhan Primer, Sikap Kita?
Saat ini lebih banyak pasangan suami istri yang keduanya mempunyai kesibukan lain selain mengurusi anaknya di rumah, misalnya bekerja atau kesibukan lainnya. Maka, anak akan diasuh oleh orang lain yang dalam hal ini pola asuh yang diberikan akan berbeda dengan orangtuanya. 

Pengawasan terhadap anak atas penggunaan handphone bisa jadi akan lebih longgar dibandingkan pengawasan orang tuanya sendiri.


3. Rengekan anak terhadap handphone
Ketika Smartphone Sudah Jadi Kebutuhan Primer, Sikap Kita?
Banyak orangtua yang membiarkan anaknya berlama-lama bermain dengan handphonenya karena anak cenderung lebih diam dan lebih sedikit rengekan. Begitu diberikan mainan handphone, maka anak terlihat tenang bermain dan orangtua menjadi tidak perlu repot mengurusi anaknya.

Ketika orangtua menyadari hal ini (kecanduan handphone), maka anak sudah sangat sulit untuk dipisahkan dengan hal tersebut dan justru akan membuat orangtua menjadi repot sendiri. Anak akan cenderung merengek, menangis, menganggu jika tidak diberikan mainnya tersebut. Efek lainnya adalah berubahnya pola tidur anak karena kecanduan pada handphonenya dan ini dapat berdampak buruk pada kesehatannya.

Menghindari gawai saat ini khususnya handphone mungkin dapat dikatakan suatu keniscayaan, tetapi diperlukan langkah bijak orang tua dalam menggunakan handphone, misalnya saja ada waktu bermain dengan anak menggunakan handphone, ada saat bermain dengan anak tidak menggunakan handphone. Selain itu, membentengi anak terhadap kecanduan bermain dengan handphone-nya dapat dilakukan secara perlahan, misalnya saja dengan sebuah perjanjian waktu yang diberikan dengan anak ketika Ia ingin bermain dengan mainannya itu.

Anak harus diajarkan cara mengendalikan dirinya, batasan ketika ia bermain dengan mainannya. Berapa lama anak bermain? Berapa video yang Ia putar? Games apa yang boleh dimainkan?

Jika hal tersebut dilanggarnya maka ada konsekuensi terhadap pelanggaran tersebut begitupun sebaliknya, jika ia berbuat sesuai ketentuan, maka ia akan mendapat imbalannya. 


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Ketika Smartphone Sudah Jadi Kebutuhan Primer, Sikap Kita? Ini 5 Tips Agar Hasil Jepretan Kamu Seperti Diambil dari Mirrorless

- Ketika Smartphone Sudah Jadi Kebutuhan Primer, Sikap Kita? Ini 7 Cara Kekinian Mengatasi Stres dengan Metode Mindfulness

- Ketika Smartphone Sudah Jadi Kebutuhan Primer, Sikap Kita? 6 Hal yang Perlu Kamu Pahami Tentang Menggunakan Ketajaman Intuisi

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di