alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Pengenalan Laporan Keuangan Keluarga
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd86ae8902cfee5428b4573/pengenalan-laporan-keuangan-keluarga

Pengenalan Laporan Keuangan Keluarga

Saat mendengar kata laporan keuangan mungkin yang terlintas di kepala kita adalah Perusahaan, nilai saham, keluar dan masuknya uang, keuntungan dan hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi. Apa lagi yang di pikirkan oleh ibu-ibu rumah tangga tentu bukan laporan keuangan perusahaan karena mereka pasti lebih memikirkan keuangan dalam keluarga atau dapurnya, tetapi sebelum membahas Laporan  Keuangan Keluarga/ Rumah Tangga kita akan bahas mengenai pengertian Laporan Keuangan.
 
Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) (2010:5) Laporan Keuangan merupakan struktur yang menyajikan posisi keuangan dan kinerja keuangan dalam sebuah entitas. (Apolonaris Felix Erakipia, 2016).
Dan menurut Budi Rahardjo (2011) Laporan keuangan adalah laporan pertanggungjawaban manager atau pimpinan perusahaan atas pengelolaan perusahaan yang dipercayakan kepadanya, kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholder) terhadap perusahaan, yaitu pemilik perusahaan (pemegang saham), pemerintah (instansi pajak), kreditor (bank atau lembaga keuangan), maupun pihak yang berkepentingan lainnya. (Apolonaris Felix Erakipia, 2016)
 
Secara teori ekonomi yang di sampaikan memang seperti itulah pengertiannya, pertanyaannya adalah Apakah Laporan Keuangan Keluarga / Rumah Tangga sama dengan Laporan Keuangan Perusahaan? Tentu saja sama, mulai dari tujuan, fungsi, dan kesimpulannya hanya cakupan dan luasannya saja yang berbeda.
 
Keuangan rumah tangga berkaitan dengan bagaimana rumah tangga berinvestasi dan menggunakan aset keuangan untuk mencapai sasarannya. Persoalan keuangan rumah tangga memiliki ciri khusus yang memberi karakternya sendiri. Rumah tangga tentu merencanakan keuangannya selama horizon waktu yang panjang dan terbatas, mereka memiliki aset penting yang tidak diperdagangkan, khususnya modal manusia mereka (human capital), mereka memegang aset yang tak likuid, yaitu perumahan, tetapi mereka menghadapi kendala dalam kemampuan mereka untuk meminjam; dan mereka tunduk pada perpajakan kompleks. (Pangeran, 2012)
Kesuksesan, kesejahteraan atau kebahagiaan keuangan dapat dicapai melalui perencanaan keuangan keluarga atau peribadi yang baik (Lai dan Tan, 2009). Dalam hal ini, praktik manajemen keuangan pribadi dipengaruhi oleh sikap keuangan dan pengetahuan keuangan seseorang (Eagle dan Chaiken dalam Rajna, et al. 2011). (Pangeran, 2012)
 
Untuk apa membuat Laporan Keuangan Keluarga / Rumah Tangga?
Tujuannya adalah :
1.      Mencatat Pengeluaran Keluarga,
Dengan mencatat semua pengeluaran dapat mengerem pengeluaran, jika di bulan selanjutnya akan ada pengeluaran ekstra maka pengeluaran dapat dikontrol di bulan sebelumnya, dan bisa juga melihat dan membandingkan pengeluaran tiap bulannya.
 
2.      Mempermudah Pelaporan Pajak SPT Pribadi
Melaporkan dan membayar pajak adalah wajib bagi setiap wajib pajak yang berpenghasilan lebih dari PTKP, hasil dari Laporan Keuangan Keluarga bisa di lihat banyaknya harta / aset dan hutang yang di miliki jadi lebih memudahkan dalam menghitungan SPT Pribadi.
 
3.      Memetakan Masa Depan Keuangan Keluarga
Hal ini dilakukan dengan mengidentifikasi posisi keuangan saat ini. Tentunya untuk mengetahui posisi keuangan saat ini Anda memerlukan alat ukur yang bernama laporan keuangan pribadi (personal finance statement).
Laporan keuangan pribadi adalah alat perencanaan keuangan yang dapat memberikan data-data mengenai evaluasi kondisi keuangan, identifikasi potensi masalah-masalah keuangan yang mungkin timbul dan alat bantu untuk membuat keputusan-keputusan terkait keuangan keluarga. (Finansialku.com, 2014)
 
4.      Anggaran (Budget) sebagai Pemandu
Budget atau anggaran adalah alat perencanaan keuangan yang digunakan untuk merencanakan dan mengontrol pengeluaran pada aktivitas keuangan.
Fungsi pertama anggaran adalah untuk memperkirakan pemasukan dan pengeluaran yang di butuhkan pada priode/bulan tertentu. Setelah anggaran dibuat, usahakan pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran yang telah dibuat. Jangan lupa untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran ke dalam laporan keuangan. Setelah akhir priode/bulan lakukan pengecekan apakah pemasukan dan pengeluaran sudah sesuai dengan anggaran / budget yang telah ditetapkan sebelumnya. (Finansialku.com, 2014)
 
 
Belum Membuat Laporan Keluarga??

Hubungi Kami di 081283000865 Atau 021-22127667

 
 
 
References
Apolonaris Felix Erakipia, H. G. (2016). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PADA UMKM AMUNGME DAN KAMORO. A.F. Erakapia. Pengaruh Lingkungan Kerja, 40.
Finansialku.com. (2014, Maret 16). Memetakan Masa Depan Keuangan Keluarga. p. 01.
Pangeran, P. (2012). SIKAP KEUANGAN RUMAH TANGGA DESA PADA ASPEK PERENCANAAN KEUANGAN. SIKAP KEUANGAN RUMAH TANGGA DESA PADA, 01-02.
 
 http://satisejahtera.com/pengenalan-...angan-keluarga
http://satisejahtera.com/index.html













×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di