alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Jigitovka, Olahraga Stunt Berkuda Rusia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd86728d675d4af678b4567/jigitovka-olahraga-stunt-berkuda-rusia

Jigitovka, Olahraga Stunt Berkuda Rusia

Sportsmen emoticon-Angkat Beer

Halo gan, masih ngomongin soal berkuda nih. Kali ini bukan horseback archery tapinya. Ane mau ngenalin sebuah cabang dari olahraga yang sebenernya udah lama banget ada, tapi baru diakui sebagai sport baru-baru ini.

Jigitovka, Olahraga Stunt Berkuda Rusia
Gak ngeri jengkang po?


Namanya dzhigitovka atau jigitovka, yang artinya adalah gaya khusus dari trick riding. Jigit ini, berasal dari bahasa Turki dan digunakan untuk menyebut penunggang kuda yang sangat mahir dan pemberani. Lahir dari kultur orang-orang Turki di Kaukasus, lalu diadaptasi para Cossack Rusia.

Trick ridingnya secara umum meliputi: berdiri di punggung kuda yang full gallop, lompat ke bawah balik ke pelana, ngambil benda di tanah kayak topi atau koin, nembak target, nebas buah dan cemacem trik yang bisa dilakuin.

Jigitovka, Olahraga Stunt Berkuda Rusia


Jigitovka sudah mulai didemonstrasikan di sirkus dan kompetisi sejak awal abad 19, sejak itu mulai populer di dunia barat. Di Rusia bahkan digunakan sebagai bagian latihan dari kekaisaran Russia dan USSR.

Tahun 2016, Equestrian Jigitovka mulai dikembangkan sebagai olahraga resmi di bawah naungan Russian Equestrian Federatrion, dan kejuaraan dunia sudah digelar sejak tahun yang sama.

Olahraga ini dilakukan di atas kuda yang cantering di sebuah track sepanjang 150-300 meter dan setidaknya memiliki lebar 4 meter. Olahraganya punya serangkaian tahapan dan meliputi trik akrobat tradisional dan penggunaan senjata sembari berkuda.

Jigitovka, Olahraga Stunt Berkuda Rusia


Sesi senjata di kompetisi equestrian jigitovka meliputi 5 jenis senjata.
Ada dua ronde. Ronde pertama menggunakan 4 jenis senjata:
  • Tombak untuk mempertontonkan skill thrust strike yang berakhiran dengan dilemparnya tombak melewati sebuah hoop.
  • Pistol angin
  • Lempar pisau
  • Lalu pedang yang menggunakan pedang tradision Cossack, shashka.

Ronde kedua: penggunaan busur dan panah. Dan sang atlet harus menembak 3 target dengan 3 gaya yang berbeda. Tembakan dapan, samping, dan belakang.

Lalu sesi trik kayak yang tadi udah ane sebut, atletnya harus melakukan sejumlah trik yang akan dinilai dalam skala 1 sampai 10 poin, dalam waktu yang ditentukan. Peraturan Rusia menyebut, trik harus ditunjukkan dalam 1 ronde dengan 3 lap. Kalo internasional, ada 3 ronde dan masing-masing ronde harus ada 2 trik yang musti dilakukan dalam 1 lap.

Tengok sedikit nih gan olahraganya, dijamin memuaskan mata:



Ni latihan core-nya gila-gilaan sik. Gak sembarangan.. Tertarik nyoba gan? emoticon-Big Grin

Jan lupa emoticon-Cendol (S) kalo infonya menarik buat ente...


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di