alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Terbiasa Nomaden, Menteri Eko Minta Pendamping Desa Ajak Warga Papua Hidup Menetap
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd86125925233095d8b4579/terbiasa-nomaden-menteri-eko-minta-pendamping-desa-ajak-warga-papua-hidup-menetap

Terbiasa Nomaden, Menteri Eko Minta Pendamping Desa Ajak Warga Papua Hidup Menetap

Terbiasa Nomaden, Menteri Eko Minta Pendamping Desa Ajak Warga Papua Hidup Menetap

JPP, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan banyak warga Papua, terutama di pedalaman, masih hidup berpindah-pindah (nomaden). Menurut dia, hal tersebut menjadi satu persoalan besar bagi pembangunan di Papua.

"Persoalan paling besar di Papua, terutama pedalaman, hidupnya berpindah-pindah. Kita harus meyakinkan mereka untuk settle (menetap) di suatu desa, agar kita bisa membangun dari pemerintah pusat. Karena kalau tidak menetap, kita akan sulit melakukan pembangunan," ujarnya saat memberikan arahan kepada para pendamping desa Papua di Jakarta, Senin (29/10/2018).

Selanjutnya, ia juga meminta Pendamping Desa Papua untuk membantu mengembangkan permukiman masyarakat Papua. Menurutnya, hal tersebut dapat dilakukan melalui program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).

Untuk itu, ia mengajak Pendamping Desa untuk benar-benar mempelajari program Prukades dan menyosialisasikannya kepada bupati dan kepala desa setempat 

"Saya minta pendamping desa untuk membantu settleman (permukiman) masyarakat Papua. Untuk pertaniannya bisa maju kita buat irigasi, kita buat embung," ujarnya.

Menurut Menteri Eko, Papua memiliki potensi ekonomi beragam yang dapat dikembangkan tak hanya di bidang pertanian, namun juga sektor pariwisata dan kelautan. Selain itu, Papua juga termasuk daerah yang mendapat asupan Dana Desa dengan jumlah tertinggi.

"Di Papua jauh lebih besar Dana Desanya dibandingkan daerah lain. Indonesia kan ada 434 kabupaten. Sekitar 41 kabupaten terluar dan terdepan, ini rata-rata (Dana Desa) dua kali lipat lebih dibandingkan Dana Desa di desa yang lebih maju," ungkapnya.

Di sisi lain, ia juga meminta Pendamping Desa agar tidak menjadikan tugas pendampingan sebagai beban. Ia mengajak pendamping desa untuk membantu warga desa secara maksimal, sembari melihat peluang-peluang untuk menjadi pengusaha.

"(Pendamping desa) bisa melihat peluang dengan melihat potensi-potensi di desa. Suatu saat bisa jadi pengusaha kecil, pengusaha besar, yang saat ini membantu pendampingan, yang suatu saat bisa memberikan pekerjaan untuk masyarakat Papua," tandas Menteri Eko. (des)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/pembangun...-hidup-menetap

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Terbiasa Nomaden, Menteri Eko Minta Pendamping Desa Ajak Warga Papua Hidup Menetap Pesan ke Pokmas Gempa Lombok, Presiden: Dana Bantuan Harus Jadi Rumah

- Terbiasa Nomaden, Menteri Eko Minta Pendamping Desa Ajak Warga Papua Hidup Menetap Pelayanan di Kantor Desa Pasca Bencana Gempa Lombok Segera Pulih

- Terbiasa Nomaden, Menteri Eko Minta Pendamping Desa Ajak Warga Papua Hidup Menetap Realisasi Bantuan Renovasi Kantor Desa Pasca Gempa Lombok



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di