alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Menag: Madrasah Harus Jadi Model di Masyarakat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd842f3d675d4531b8b4570/menag-madrasah-harus-jadi-model-di-masyarakat

Menag: Madrasah Harus Jadi Model di Masyarakat

Menag: Madrasah Harus Jadi Model di Masyarakat

JPP PEKANBARU - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyerahkan Keputusan Menteri  Agama Nomor 535 Tahun 2018 tentang Penegerian 48 Madrasah kepada 14 Perwakilan Kantor Wilayah Kemenag di Pekanbaru, Riau.

Penegerian 48 madrasah ini merupakan menurut Menag merupakan upaya kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan keagamaan. “Mudah-mudahan madrasah yang dinegerikan betul-betul mampu mengembangkan diri dan menjadi model di masyarakat,” tutur Menag, Senin (29/10/2018).

Sebanyak 48  madrasah ini terdiri dari 16 Madrasah Aliyah (MA), 26 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI). Madrasah yang dinegerikan ini tersebar di 14 provinsi, yaitu: Riau (10), Bali (1), Banten (4), Jawa Timur (3), Kalimantan Barat (3), Kepulanan Riau (1), Maluku (2), Maluku Utara (2), Nusa Tenggara Timur (7), Papua (3), Sulawesi Selatan (3), Sulawesi Tengah (5), Sulawesi Utara (2), dan Sulawesi Selatan (2).

Saat ini menurut Menag, berdasarkan data yang ada di Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag jumlah madrasah negeri di Indonesia masih sangat minim. Hanya ada 3.939 madrasah negeri se-Indonesia, terdiri dari : 1.684 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), 1.469 Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N), dan 786  Madrasah Aliyah Negeri (MAN).

Menag  berharap dengan penegerian 48 madrasah yang tersebar pada 14 Provinsi di Indonesia, menjadikan madrasah swasta terpacu untuk mengembangkan kualitas. “Semoga ini menjadi motivasi madrasah swasta untuk meningkatkan kualitas. Dan termotivasi dinegerikan nantinya,” kata Menag.

Sementara, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher menyampaikan apresiasinya terkait penegerian 48 madrasah. “Ini membuktikan kerja Kementerian Agama luar biasa. Dari 327 yang diajukan oleh Kemenag untuk dinegerikan, hanya bisa diterima 128. Dan saat ini baru diresmikan 48 madrasah,” kata Ali Taher.

Lebih lanjut Ali Taher menuturkan bahwa proses penegerian madrasah dapat berlanjut.  “Upayakan kita akan terus mendorong penegerian ini, karena semakin banyak madrasah di negerikan bukan berarti membebani anggaran belanja negara, tetapi agar masyarakat mendapat pelayanan terbaik dengan pendidikan yang berkualitas sehingga anak madrasah bisa berkompetisi dimasa yang akan datang,” ungkapnya.(agm)


Sumber : https://jpp.go.id/teknologi/pendidik...-di-masyarakat

---

Kumpulan Berita Terkait TEKNOLOGI :

- Menag: Madrasah Harus Jadi Model di Masyarakat Revitalisasi SMK dan Prodi Visioner Jadi Fokus Kerek Keterampilan SDM

- Menag: Madrasah Harus Jadi Model di Masyarakat Pemerintah Fokus Bangun Pendidikan Vokasi Sambut Industri 4.0

- Menag: Madrasah Harus Jadi Model di Masyarakat Terus Benahi Program KUR Guna Perluas Akses Pembiayaan UMKM



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di