alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Deretan Infrastruktur yang Rampung di Era Jokowi
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd841c3582b2e1e258b4568/deretan-infrastruktur-yang-rampung-di-era-jokowi

Deretan Infrastruktur yang Rampung di Era Jokowi

Deretan Infrastruktur yang Rampung di Era Jokowi
Infrastruktur Jokowi Memberi Maslahat Bukan Mudharat

Reformasi kebijakan pembangunan Infrastruktur Jokowi memberi manfaat sejak Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang (Proyek Strategis Nasional) PSN diterbitkan. Dengan PP tersebut maka evaluasi dilakukan rutin pada setiap tahunnya guna keberlangsungan PSN.

Dari hasil evaluasi tersebut sudah tampak manfaat yang diperoleh dari pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan Pemerintah Presiden Joko Widodo tersebut. Ada manfaat yang dapat dirasakan secara langsung yakni meningkatnya peringkat Indonesia dalam beberapa indikator ekonomi.

Reformasi kebijakan untuk mendorong percepatan infrastruktur telah menaikkan peringkat daya saing, performa logistik dan angka kemudahan berusaha. Peringkat Indonesia dalam daya saing infrastruktur juga lebih membaik daripada tahun 2010-2013. Saat ini berada pada peringkat ke-52 menurut laporan World Bank Group 2018.

Ada pula manfaat jangka panjang. Manfaat jangka panjang pembangunan infrastruktur khususnya pembangunan PSN dapat berdampak pada pertumbuhan PDB sebesar 7,2% pada tahun 2023 dan 9,3% pada tahun 2030.

Kajian oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM UI) yang berjudul Evaluasi Dampak Pembangunan Infrastruktur Strategis Nasional yang dilakukan, disebutkan bahwa pembangunan infrastruktur dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan penyerapan tenaga kerja sebesar 6,7% hingga 7,6% hingga tahun 2019.

Secara akumulatif dalam kurun waktu 2016 hingga September 2018 sebanyak 33 PSN telah selesai. PSN yang telah rampung pada periode bulan Januari s/d Juni 2018 adalah: Kereta Api Prabumulih - Kertapati (bagian dari jaringan Kereta Api Trans Sumatera; Bendungan Raknamo NTT, Bendungan Tanju NTB.
Spoiler for Sumber Berita:


Jayalah Indonesia ku, infrastruktur itu untuk pondasi kita dalam memajukan pemerataan ekonomi dan pemerataan pembangunan, tanpa infrastruktur, distribusi pasti akan sulit,
emoticon-Salamanemoticon-Salamanemoticon-Salaman
Ada yang mangkrak gak? emoticon-Big Grin
Quote:
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
butthurt terrorist butthurt terrorist everywhere
Trims pak Djarot

emoticon-Nyepi
Ntapzz emoticon-Angkat Beer
Balasan post 54m5u4d183
Pake Waring
yaa..begitulah... proyek2 yg pembangunan dan prioritasnya harusnya di spread di banyak periode kepresidenan.. meski di rangkum di satu periode...lanjutken pak


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di