alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Kemenkominfo dan KSP Komunikasikan Percepatan SDGs di Kalbar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd833d91a9975fa088b4588/kemenkominfo-dan-ksp-komunikasikan-percepatan-sdgs-di-kalbar

Kemenkominfo dan KSP Komunikasikan Percepatan SDGs di Kalbar

Kemenkominfo dan KSP Komunikasikan Percepatan SDGs di Kalbar

JPP PONTIANAK - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), Kantor Staf Presiden dan Bappenas menggelar dialog percepatan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/Sustainable Development Goals/SDGs) di Pontianak, Kalimantan Barat.

"Dialog yang digelar tersebut diperuntukan bagi forum komunikasi daerah yang meliputi dari pemerintah daerah, organisasi masyarakat sipil, pelaku usaha, akademis dan media," ujar Deputi II Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Yanuar Nugroho di Pontianak, Selasa.

Yanuar Nugroho menjelaskan bahwa Indonesia yang aktif menginisiasi TPB kini telah menjadi contoh atau "role model" dunia. Selain itu kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang memimpin TPB juga mendapat apresiasi dari dunia internasional.

"Komitmen pemerintah dalam TPB tercermin dalam Perpres No.59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian TPB yang menjamin prinsip inklusif dijalankan dari tingkat nasional hingga daerah," tambahnya.

Deputi II KSP menyebutkan kunci keberhasilan TPB dipegang pemerintah daerah. Menurutnya dari 34 provinsi, sebagian besar telah menyelesaikan Rencana Aksi Daerah (RAD) TPB yang disusun melalui pendekatan partisipatif berbagai pihak.

"Keberhasilan TPB ditentukan pemerintah daerah karena mereka lah yang mengetahui kebutuhan daerah itu sendiri," ujar dia.

Pemerintah Provinsi Kalbar, menurutnya satu di antara provinsi yang berkomitmen dan maju dalam menyesaikan penyusunan TPB.

"Bahkan Kalbar telah menunjukan komitmen pelibatan multi pihak dalam TPB melalui MoU bersama kepala daerah, akademis, CSO dan filantrofi Rencana Anggaran Daerah (RAD) 2017 lalu," sebut dia.

Namun, lanjutnya pemerintah kabupaten/kota harus tetap perlu menyiapkan data, indikator TPB sebagai turunan aplikatif dari RAD pemerintah Provinsi Kalbar dan penyusunan program daerah selaras dengan RAD, RPJMD dan RPJMN untuk semakin disesuiakan dalam TPB.

"Capaian pelaksanaan program-program daerah dengan langkah pendekatan yang komprehensif, holistik dan progresif merupakan target utama dari pengintegrasian tersebut," kata dia.(ant)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...sdgs-di-kalbar

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Kemenkominfo dan KSP Komunikasikan Percepatan SDGs di Kalbar Bekraf Siap Gelar Konferensi Ekonomi Kreatif Pertama di Dunia

- Kemenkominfo dan KSP Komunikasikan Percepatan SDGs di Kalbar Pemerintah Fokus Bangun Pendidikan Vokasi Sambut Industri 4.0

- Kemenkominfo dan KSP Komunikasikan Percepatan SDGs di Kalbar Terus Benahi Program KUR Guna Perluas Akses Pembiayaan UMKM



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di