alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jelang Akhir Tahun, Pemerintah Targetkan Cetak Ratusan Juta Kader Bela Negara
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd82545a09a395b098b4567/jelang-akhir-tahun-pemerintah-targetkan-cetak-ratusan-juta-kader-bela-negara

Jelang Akhir Tahun, Pemerintah Targetkan Cetak Ratusan Juta Kader Bela Negara

Kementerian Pertahanan beberapa tahun terakhir ini, sedang fokus dalam upaya menjalankan program, yang ditargetkan Presiden Joko Widodo di masa pemerintahannya. Target Ratusan Juta Kader Bela Negara akan dikejar Kementerian Pertahanan dalam upaya menguatkan tugas pokok dan fungsi masyarakat sebagai bagian dalam menjaga kesatuan dan persatuan di segala sisi kehidupan.

Target Ratusan Juta yang diamanahkan membuat Kementerian Pertahanan bergandengan tangan dengan seluruh stakeholder baik yang berasal dari swasta maupun yang berasal dari internal instansi pemeritahan untuk mengejar target yang tetalh ditentukan bersama yakni terwujudnya Ratusan Juta Kader Bela Negara yang siap mencintai dan membela negara dari segala jenis ancaman yang terjadi.

Dari yang ditargetkan, hingga kini Kementerian Pertahanan sudah mencapai 85 juta kader bela negara. Menteri Pertahanan RI, Jenderal Purn Ryamizard Ryacudu, mengatakan, saat ini sudah terbentuk 85 juta kader bela negara, di mana pada akhir tahun masa Pemerintahan Presiden Jokowi ditargetkan untuk mencapai 100 juta kader dari 260 juta penduduk Indonesia.

"Sebagai Menteri Pertahanan, saya telah mengeluarkan kebijakan untuk menanamkan dan menguatkan konsep Kesadaran Bela negara sejak usia dini hingga ke perguruan tinggi. Sehingga anak-anak dan generasi muda yang belum terpengaruh akan semakin dikuatkan agar tidak mudah dipengaruhi ideologi radikal," tegas Menhan Ryamizard.

Jenderal bersahaja ini memandang, penerapan bela negara sejak dini bukan hanya di negara kita, akan tetapi antarnegara juga perlu membangun kerjasama penanganan terorisme kawasan dari aspek nonfisik yaitu penguatan mindset seluruh komponen Masyarakat kawasan yang dimulai sejak dini.

Sebagaimana kita ketahui bahwa aspek penanganan bersenjata hanya berkontribusi sebesar 1 sampai dengan 3 persen saja dalam penyelesaian akar masalah terorisme, sisanya yang 99 Persen adalah melalui pendekatan soft power dengan penguatan mindset masyarakat seperti konsep deradikalisasi.

Dalam konteks kebijakan deradikalisasi di Indonesia, Menhan Ryamizard mengemukakan, Indonesia telah mengambil langkah untuk menjaga mindset dan jiwa bangsa melalui pemantapan ideologi Pancasila sebagai satu-satunya konsep ideologi negara. Sedangkan tujuan bela negara adalah penanaman nilai-nilai cinta Tanah Air, siap berkorban untuk bangsa dan negara serta berbuat baik dan taat hukum serta menjauhi paham radikal.

Selain itu, tambahnya, Indonesia juga mengedepankan konsep deradikaliasi dengan pendekatan kepada para ulama dan tokoh agama, pengarahan, ceramah, dan pesantren-pesantren dan melatih kader-kader bela negara.

Selain itu, menurut Menhan, Indonesia juga menilai keperluan untuk memperkuat dan memperluas konsep kerjasama “Our Eyes” ini dengan melibatkan negara mitra ASEAN lainnya seperti AS, Australia, dan Jepang mengingat adanya beberapa kebutuhan deteksi kegiatan teroris dengan alat-alat komunikasi berteknologi canggih.

Dalam perspektif ke depan, menurut Menhan, kerjasama trilateral akan ditingkatkan dengan operasi darat gabungan setelah kesuksesan operasi maritim dan operasi udara bersama di Laut Sulu.


Sumber Link :http://m.beritajatim.com/politik_pem...BEuBU.whatsapp
tar bikin aksi damai juga gak?emoticon-Wagelaseh
Mendingan diadakan wajib militer ala korea n israel gitu
Buat menghilangkan doktrin ideologi intoleransi yg sepertinya mulai mengakar disini ..

Hanya bergaul dilingkungan homogen mengakibatkan pemikiran jadi tertutup, bigot n fanatik ..
diadakan wamil pun percuma kayanya karena kalo negara dalam keadaan genting pasti yang pertama ngacir keluar negeri itu pasti lagi itu lagi emoticon-Smilie
Diubah oleh playboy75
85 juta kader itu darimana ? tiba2 muncul angka segitu
Balasan post saya.not.robot
Quote:


mungkin dari hasil pilpres 2014. (jumlah pemilih jokowi???)
Quote:


jumlah PNS juga gak sampe 5 juta,
TNI aktif 440 ribuan, cadangan juga sekitar 400 ribuan.
Polri juga gak sampe 500 ribu.

+ banser dan pasukan loreng partai2 pendukung juga kayaknya
"Sebagai Menteri Pertahanan, saya telah mengeluarkan kebijakan untuk menanamkan dan menguatkan konsep Kesadaran Bela negara sejak usia dini hingga ke perguruan tinggi. Sehingga anak-anak dan generasi muda yang belum terpengaruh akan semakin dikuatkan agar tidak mudah dipengaruhi ideologi radikal," tegas Menhan Ryamizard.


Nasionalisme susah lah tumbuh kalo negara gagal memeratakan pembangunan dan korupsi marak di lingkungan pejabat pemerintahan. Ibarat orang dirampok emang kita mau hormat sama perampoknya ? Kalo udah begitu pelariannya adalah agama, dan ibarat habisi dari mulut macan masuk mulut buaya karena agama juga gak 100% bersih, kebanyakan hanya untuk memperalat, sama saja.
angkatan ke5???
Quote:


bagus ni namanya mengajak lawan bermain di lapangan kita sendiri
menarik lawan ke medan perang bikinan kita
cerdas ini menhannya emoticon-Big Grin
ini mah akal2an om bewok,. die kan punya akademi bela negara
mahasiswa ama dosen2nya pake baju tentara2an
tinggal kumpulin aja itu satgas2 parte ga usah bedain mau itu kubu pemerintah atau oposisi gabungin sekalian, trus ormas2 juga ajakin sekalian biar ga gegayaan doank, ajak juga banser, kokam kalo perlu fpi( males bener mau ngetik ni ormas hehe) tujuannya ga cuma dapet bela negaranya tapi bisa bikin yang terkontaminasi khilafah biar agak kesentuh juga, dulu kalo ga salah pernah dandim dicopot gara2 ngajak fpi buat ikut ni program padahal salah satu pendekatan bisa lewat situ

ormas2 radikal itu kliatan masih respect sama ijo daripada coklat, jadi biar ijo aja yg deketin mereka
Aksi bela joko kali ah


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di