alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Adakan Jakarta Geopolitical Forum, Lemhanas Telaah Kondisi Keamanan Dunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd824ce14088de0738b4567/adakan-jakarta-geopolitical-forum-lemhanas-telaah-kondisi-keamanan-dunia

Adakan Jakarta Geopolitical Forum, Lemhanas Telaah Kondisi Keamanan Dunia

Kondisi keamanan dan pertahanan di dalam dan luar negeri, menjadi sesuatu yang penting dan harus diperhatikan, bukan hanya pemerintah akan tetapi semua pihak. Perhatian akan keamanan dan pertahanan negara ini menjadi modal dalam membangun bangsa baik dari sisi ekonomi, politik, hukum, sosial dan ain sebagainya. Pembagunan tidak akan tercipta jika kita tidak dalam kondisi kondusif dari sisi keamanan negara.

Atas dasar itulah Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) menggelar Jakarta Geopolitical Forum (JGF) II/2018, di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (24/10/18).

Dalam kata sambutan Gubernur Lemhannas, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, mengatakan, Jakarta Geopolitical Forum merupakan session sharing bagi para pakar geopolitik dunia dalam menelaah situasi kawasan di dunia. Menurut Gubernur Lemhannas, pihaknya mencari masukan tentang geopolitik Indonesia saat ini, untuk menentukan bagaimana kepentingan nasional Indonesia kedepan.

Forum yang diinisiasi (Lemhannas) sejak tahun 2016 ini dihadiri Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Duta Besar RI dan Berkuasa Penuh Prof Dr Dorodjatun Kuntjoro Jati, dan sambutan Menteri Luar Negeri RI, Retno L Marsudi.

Diharapkan forum strategis JGF II/2018 dapat dimanfaatkan bagi pembicara (speaker) maupun peserta untuk mendiskusikan isu geopolitik di tingkat dunia.

Nantinya Hasil dari JGF II/2018, Lemhannas akan mencari makna bagaimana strategi Indonesia di masa depan. Sebab, sudah waktunya
Lemhannas melakukan pemutakhiran materi dalam geopolitik dan bagaimana Indonesia memposisikan diri untuk kepentingan Indonesia 100 tahun kedepan.

Pada sesi plenary pertama dalam JGF dibuka dengan paparan The Geopolitical Overview yang disampaikan Profesor Dorodjatun Kuntjoro Jakti. Menurutnya, lonjakan populasi penduduk dunia kian mempertajam persaingan antar negara dalam menjaga wilayah dan mengelola sumber daya alamnya. Kondisi ini juga diperparah dengan adanya konflik di sejumlah negara.


Sumber Link :https://tangerangonline.id/2018/10/2...i-jgf-ii-2018/
perebutan sumber daya dan wilayah menjadi isu strategis mengingat jumlah manusia yg bertmabah banyak


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di