alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
Yakin Oli Balap Ada Faedahnya buat Motor Harian?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd81ac2582b2e64328b4578/yakin-oli-balap-ada-faedahnya-buat-motor-harian

Yakin Oli Balap Ada Faedahnya buat Motor Harian?

Siap-siap Boncos Gan, Bayar Mahal tapi gak Ada Manfaatnya...

Beberapa orang termasuk Ane pernah punya anggapan kalo oli untuk motor balap itu bagus buat motor harian. Logika awal Ane sebagai user sih gini Gan, motor balap itu kan kerjanya berat, RPM tinggi, gas pol dari awal lomba ampe akhir (minimal 15 lap atau 20 menitan), kadang turun beberapa kelas.

Yakin Oli Balap Ada Faedahnya buat Motor Harian?

Kalo gak dibekali oli yang bagus, apa kabarnya tuh mesin, bisa jadi pistonnya menghirup udara segar tuh alias jebol. Makanya disediain pelumas dengan formula khusus untuk mesin yang punya daya besar dan kerja yang cukup keras. Bahkan oli yang bagus bisa nambahin performa mesin paling nggak bisa bikin mesin awet saat digeber.

Atas dasar itulah Ane berpikiran bahwa oli buat balap itu bagus juga untuk motor harian. Sugestinya kadang bikin mesin makin tokcer Gan.

Tapi ternyata menurut mekanik yang biasa ngoprek motor balap anggapan itu tidak sepenuhnya tepat jika diaplikasikan pada motor harian. Banyak yang tidak mengetahui kekurangan jenis pelumas ini apabila dipakai untuk harian.

Yakin Oli Balap Ada Faedahnya buat Motor Harian?


Om mekanik bilang, kalo motor harian itu membutuhkan pelumas untuk jangka waktu lama atau lebih mengutamakan ketahanan. Sedangkan oli untuk balap fokus pada performa dan kecepatan, penggunaannya pun tidak bisa lama.

Biasanya pengguna oli balap di motor harian sering mengeluhkan volume oli yang berkurang setelah digunakan. Hal tersebut disebabkan oleh formulasi khusus oli balap dengan tingkat viskositas serta aditif khusus untuk jangka waktu singkat, sehingga mudah menguap.

Yakin Oli Balap Ada Faedahnya buat Motor Harian?

Sialnya lagi, terkadang pengguna motor jarang memeriksa kondisi dan volume oli, jadi gak tau deh tuh kalo olinya berkurang. Pas ngecek tetiba olinya sudah tiris. Kalo sampe oli abis, runyam dah urusan.

Jadi, menurut mekanik, setiap pelumas itu diciptakan untuk kebutuhan masing-masing. Kalau mau buat harian tidak disarankan pakai pelumas balap karena ada fungsi dan formulasi yang berbeda sesuai peruntukkannya.

Yakin Oli Balap Ada Faedahnya buat Motor Harian?


Alasan lainnya adalah dari segi biaya, udah mahal, gak bisa dipake lama, yang akhirnya belum waktunya ganti sudah harus beli oli untuk menambah volume akibat efek penguapan.

Singkatnya, BONCOSSS GAAAN...!!!
Urutan Terlama
Lohhh klo masalah balap gw biang nya gan
gw pake oli top 1, gw pake motor kawasaki ninja 250cc
lawan motor scoopy matix 110cc
gak tanggung2 gan, 10 motor scoopy yg gw lawan emoticon-Big Grin
gw libas semwa emoticon-Stick Out Tongue jarak 5km track lurus emoticon-Cool
pegimane ?


Quote:


Hebaat pak ekoooooo... 🤣🤣🤣
Balasan post kangmontir78
Quote:


Lohhh siapa dluemoticon-Cool ini Gw, gan
Yg kemarin balap sepeda gunung 10km, gw voor kaki satu. Gw pake Honda Beat, selesai dalam 12menit.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di