alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sumpah Pemuda. Sebuah Spirit Atau Teks?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd816ef12e257df4e8b4569/sumpah-pemuda-sebuah-spirit-atau-teks

Sumpah Pemuda. Sebuah Spirit Atau Teks?

Sumpah Pemuda. Sebuah Spirit Atau Teks?


Terkadang perasaaan ini tergores cukup dalam melihat realita yang terjadi pada era sekarang. Ketika sebuah cita-cita luhur, sebuah keinginan bersama dengan tekad mendalam yang terumuskan melalui hasil Kongres Pemuda Kedua di Jakarta pada tanggal 27-28 Oktober 1928, kini hanyalah menjadi sebuah teks belaka yang menjadi wajib untuk dibaca setiap tahunnya kemudian terlupakan begitu saja.

Sumpah Pemuda. Sebuah Spirit Atau Teks?


Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Realitas yang terjadi, Kami bisa menumpahkan darah sesama saudara, ketika berbeda pilihan dalam mendukung klub sepakbola nasional.

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Kini, Kami lebih memilih memerangi saudara sebangsa kami ketika mereka tidak berada dalam aliran politik yang kami kehendaki.

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Saat ini, rasanya Kami lebih memilih untuk menonjolkan bahasa asing dalam pergaulan demi menaikkan prestise dan kebanggaan pribadi.

Bagian mana sebenarnya yang keliru? Apa yang sebenarnya terjadi hingga para pemuda saat ini bisa menumpahkan darah sesama saudaranya hanya karena dia suporter klub sepakbola yang berbeda dengan mereka. Apa yang terjadi hingga mereka lebih memilih untuk ribut-ribut dengan sesama karena berbeda pandangan dalam berpolitik. Dan kenapa pada era sekarang ini mereka lebih berbangga diri untuk memakai bahasa asing dalam keseharian dibandingkan memakai bahasanya sendiri. Apa yang terjadi?

Sumpah Pemuda. Sebuah Spirit Atau Teks?


Ketika sebuah kobaran semangat dipandang menjadi sebuah teks, ketika sebuah perjuangan besar dianggap sebuah tulisan belaka, maka hal itulah yang terjadi. Ketika para pemuda hanya dituntut untuk membaca, memperingati, hingga menjadikan sebuah status update dalam sosial media, maka selamanya sumpah pemuda hanyalah akan menjadi sebuah teks dan tulisan belaka. Sumpah pemuda hanyalah akan dianggap menjadi sebuah benda fisik berupa teks tertulis, yang cukup untuk diperingati setahun sekali, dibaca setahun sekali, kemudian terlupakan pada hari berikutnya.

Sumpah Pemuda. Sebuah Spirit Atau Teks?


Bukankah yang seharusnya kita peringati adalah apa yang terjadi hingga mengakibatkan munculnya sumpah pemuda tersebut? Ada berapa banyak hal yang menyedihkan telah terjadi, hal memilukan yang berlangsung sebelumnya pada tanah air kita ini, suatu keadaan yang membentuk para pemuda kita bersatu dalam sebuah perjuangan yang sama. Getaran dan spirit itulah yang harus kita akses kembali, harus kita rasakan dengan penuh penghayatan, baru kita bisa benar-benar mengerti akan hakikat sumpah pemuda yang sebenar-benarnya.

emoticon-MerdekaJAYALAH INDONESIAKU emoticon-Merdeka


Quote:





Tetap Semangat, Tetap Bernafas, dan YNWA






Quote:

Urutan Terlama
Petromax habis ya


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di