alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Salut! 5 Aktor Bollywood Ini Paling Peduli terhadap Isu-isu Perempuan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd8103160e24be5618b4579/salut-5-aktor-bollywood-ini-paling-peduli-terhadap-isu-isu-perempuan

Salut! 5 Aktor Bollywood Ini Paling Peduli terhadap Isu-isu Perempuan

Salut! 5 Aktor Bollywood Ini Paling Peduli terhadap Isu-isu Perempuan

Pada bulan Juni lalu, organisasi nirlaba Thompson Reuters Foundation merilis daftar 10 negara paling berbahaya sedunia bagi perempuan. Dalam daftar itu, India dinobatkan sebagai negara yang paling tidak aman sejagat bagi kaum Hawa. Sebanyak 550 ahli isu keperempuanan menyebut telah terjadi peningkatan secara konsisten di berbagai kasus seperti perdagangan manusia, kekerasan dan perbudakan seksual hingga pernikahan dan kerja paksa.

Sementara di sisi lain, industri perfilman Bollywood tampaknya juga aware dengan isu-isu tersebut. Para aktris perempuan akhirnya mendapat hak yang sama dengan aktor laki-laki. Kini, banyak film yang menampilkan perempuan sebagai tokoh utama, tak lagi sekedar pemanis.

Ngomong-ngomong soal penguatan dan pemberdayaan perempuan di India, rupanya terdapat sederet aktor yang sangat peduli tentang isu tersebut. Lebih-lebih, mereka sering tampil di hadapan publik sembari berbicara tentang persamaan hak. Ada juga yang mendirikan klub beladiri khusus perempuan. Siapa saja mereka, yuk simak orang-orang hebat itu di bawah ini.


1. Shah Rukh Khan
Salah satu aktor terbesar Bollywood Shah Rukh Khan (SRK) diketahui acap kali tampil di berbagai forum perempuan di seluruh penjuru dunia. Dia selalu berbicara tentang pemberdayaan (empowerment) dan persamaan hak mencari rezeki. SRK juga tak sungkan mengungkapkan dunia yang aman bagi perempuan versinya sendiri.

Selain itu, SRK selalu menyebut para perempuan baik yang bekerja di belakang layar maupun aktris sebagai sosok-sosok yang paling berpengaruh dalam karirnya. Pada akhir bulan Januari lalu, SRK diganjar penghargaan Annual Crystal Awards ke-24 di Davos, Swiss karena pengabdiannya di bidang penguatan dan pemberdayaan perempuan dan anak-anak.

Coba kamu tonton puisi You're Beautiful Because You Fight Like a Girl dari SRK yang dia dedikasikan untuk para perempuan sedunia. Jadi terharu.


2. Milind Soman
Milind Soman adalah model sekaligus aktor Bollywood. Dia merupakan pendiri Pinkathon, yang merupakan lari maraton sejauh 10 kilometer demi menyebarkan kesadaran tentang isu-isu yang berhubungan dengan kesehatan wanita, khususnya kanker payudara.

Secara konsisten, Milind Soman terus mendorong para perempuan untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat dengan berlari. Pinkathon sendiri merupakan ajang lari terbesar di India.


3. Farhan Akhtar
Selain Milind Soman, bintang bintang multi-talenta Bollywood Farhan diketahui meluncurkan sebuah kampanye sosial bertajuk MARD - Men Against Rape and Discrimination pada tahun 2013 silam. MARD adalah kampanye yang mengangkat isu rudapaksa dan diskriminasi terhadap perempuan.

Kampanye tersebut telah menerima banyak umpan balik positif dari seluruh penjuru dunia. Selain itu, banyak juga selebriti Bollywood yang mendukung gerakan MARD. Aktor utama Zindagi Na Milegi Dobara dan Bhaag Milkha Bhaag ini pun diketahui secara teratur menggelar acara dan lokakarya tentang isu-isu yang berkaitan dengan perempuan dan bagaimana mengatasinya. Bahkan, dia tampil dalam konser-konser musik untuk menyanyikan lagu tentang perempuan.


4. Aamir Khan
Mr Perfectionist Aamir Khan ini juga dikenal sebagai orang yang suka bicara panjang lebar tentang penguatan dan pemberdayaan perempuan. Bahkan, dia bersama sutradara film Dangal, Nitesh Tiwari, membuat iklan khusus untuk mendukung kampanye keperempuanan. Upaya mereka banyak menuai apresiasi positif.

Dangal (2016) sendiri diketahui menjadi film terbaik sekaligus paling sukses sepanjang masa Bollywood. Film itu berkisah tentang siapa pun bisa meraih prestasi, tak terkecuali perempuan, dalam hal ini menyabet medali emas dalam cabang gulat perempuan di Commonwealth Games.


5. Akhsay Kumar
Salah satu aktor paling sukses di jagat Bollywood ini mula-mula diketahui mendirikan sebuah pusat pertahanan diri perempuan di Kota Mumbai, India. Kemudian, Akhsay Kumar memperbanyak cabang-cabang klub bela dirinya di seluruh penjuru India.

Sebagai orang yang menguasai ilmu beladiri sekaligus pernah menerima penghargaan pedang katana dari Jepang, Akhsay Kumar mengajarkan semua teknik dan keterampilan bela diri kepada para perempuan. Upayanya itu, menurut Akhsay Kumar, bertujuan supaya para perempuan bisa membela diri ketika menghadapi setiap ancaman.

Selain itu, bela diri bisa memberi para perempuan martabat dan harga diri. Seperti yang bisa kamu tonton pada video di atas, Akhsay Kumar tengah memberi pelajaran bagaimana perempuan mempertahankan diri baik secara verbal maupun kekerasan bila diperlukan.

Itulah lima aktor Bollywood yang peduli dengan isu-isu keperempuanan di India. Tak hanya keren di film, mereka juga pahlawan di dunia nyata.


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/entert...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Salut! 5 Aktor Bollywood Ini Paling Peduli terhadap Isu-isu Perempuan 7 Aktor Bollywood Ini Memainkan Peran yang Tidak Sesuai dengan Usia

- Salut! 5 Aktor Bollywood Ini Paling Peduli terhadap Isu-isu Perempuan Bertabur Bintang 6 Lagu Bollywood Ini Diisi Banyak Aktor Top India

- Salut! 5 Aktor Bollywood Ini Paling Peduli terhadap Isu-isu Perempuan Macho Banget 7 Aktor Bollywood Ini Tampil dengan Berewok di Filmnya



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di